Akhirnya Alreza mengantarkan Sayla pulang. Awalnya Sayla menolak dengan alasan tidak mau merepotkan karena mereka berbeda arah. Tetapi, Alreza terus memaksa mengantarkan Sayla karena malam sudah hampir larut.
“Mau mampir?” tanya Sayla ketika turun dari motor Alreza.
Alreza menggeleng seraya tersenyum. “Udah malem. Kapan-kapan aja aku main ke sini. Boleh kan?”
Sayla mengangguk dan juga tersenyum. Akhirnya Alreza pamit pulang.
Di jalan pulang, entah kenapa perasaan Alreza begitu bahagia. Meskipun hanya sekejap, tetapi kebersamaan dengan Sayla benar-benar sangat berharga. Dia benar-benar nyaman saat duduk berdua dengan Sayla. Sayla adalah orang yang paling menyenangkan. Ia selalu nyambung ketika diajak membicarakan apapun, mulai dari bahasan yang ringan sampai bahasan berat yang berujung debat.
“Mungkin itu nilai lebihnya dia yang nggak dimiliki orang lain!” gumamnya seraya tersenyum.
Ketika membelokkan motornya menuju rumah, ia sedikit heran melihat motor teman-temannya diparkir di sana.
Alreza masuk ke dalam rumahnya dan teman-temannya sedang duduk-duduk santai di ruang tamu sembari memakan cemilan.
“Ngapain lu pada di sini? Udah malem nih!”
Ketiga temannya menoleh.
“Bosen tauk di rumah mulu! Padahal ya, kita baru aja selesai ujian. Tapi emak gue di rumah ngomel mulu nyuruh gue nyari kerja. Dinyatakan lulus aja belom, ijazah apalagi. Sumpek gue,” Bayu mengunyah kacang goreng dengan kasar.
“Sama. Gue juga. Rebahan diomelin, pas beres-beres malah nyokap nggak liat. Akhirnya tetep aja diomelin lagi pas udah rebahan. Kesel gue!” Wawan ikutan curhat.
Galang tertawa. “Kalo alasan gue beda. Gue malah sama sekali nggak diomelin selama di rumah. Cuma gue aja yang bosen. Nungguin UKK minggu depan sementara sekolah juga gitu-gitu aja. Ya udah, malam ini kita nginep sini lah!”
Alreza melotot. “Enak aja! Lo pikir ini rumah nenek moyang lo. Kalo abang gue tau bisa diomelin gue!”
“Nggak apa-apa. Udah kuijinin nginep kok mereka,” Aldian keluar dari kamarnya sembari mengenakan jaket.
“Lah, abang mau kemana?” tanya Alreza ketika menyadari kakaknya sudah sangat rapi.
“Abang tukeran shift sama temen, jadi hari ini masuk malem. Makanya mereka abang bolehin nginep di sini. Nemenin kamu biar nggak sendirian,” Aldian tersenyum seraya mengacak rambut Alreza. “Abang berangkat dulu!”
Ketiga temannya cengengesan saat Alreza menatap tajam kearahnya. Mereka bisa saja mencari celah untuk menginap di sini.
“Dari mana sih? Kok lama banget!” tanya Galang seraya menyalakan rokoknya.
Alreza melepas jaketnya kemudian merebahkan diri di sofa panjang. “Habis jalan-jalan cari angin.”
“Kok nggak ajak-ajak?” ganti Bayu yang bertanya.
Alreza menatap mereka sekilas. “Lagi pengen sendiri. Kalo sama kalian yang ada malah malu-maluin.”
“Dih, yang ada tuh elo yang sukanya bikin malu. Yang paling usil diantara kita kan Cuma elo. Kenapa jadi kita yang salah dah?”
Alreza tertawa. “Udah tobat gue usilnya. Sekarang mah kagak. Ganti Galang noh yang super usil!”
Galang mendelik ke arah Alreza seraya meminum soda yang ia bawa. “Eh, gue kayak gini juga ketularan elo keleus!”
“Ih, males banget nularin ke elo. Mending ke Ivana aja. Cepet tuh nularin hal yang malu-maluin ke dia!” balas Alreza.
“Eh, pada tau nggak kalo si Ivana deket sama Pak Dana?” celetuk Bayu.
“Serius lu?”
“Iya. Kemarin apa ya, gue liat mereka ngobrol berdua pas sekolah udah sepi. Si Ivana keliatan banget tuh kalo ngarep sama Pak Dana.”
Alreza tersenyum. “Nggak apa-apa dah, si Ivana suruh sama Pak Dana aja!”
“Biar Bu Sayla buat elo aja kan?!” seru ketiga rekannya bersamaan. Alreza hanya terkekeh kemudian menerawang jauh.
“Gue tadi ketemu Bu Sayla,” ujar Alreza tiba-tiba.
“Dimana?”
Alreza menghela napas panjang. “Tadi di alun-alun kota. Dia sendirian. Serius banget mantengin laptopnya. Tapi ya itu sih yang gue suka. Dia nggak pernah main-main sama apa yang dikerjain meskipun buat orang lain itu keliatannya sepele.”
Ketiga temannya saling pandang. Mereka sempat berpikir bahwa Alreza akan melupakan Bu Sayla. Tetapi ternyata, rasa itu masih sama. Bahkan sepertinya bertambah besar.
“Terus elo nemenin dia sampai selesai?” tanya Galang memecah keheningan yang sempat menyelinap sesaat.
Alreza mengangguk. “Iya, kasian kalo sendirian apalagi malem-malem. Gue anterin juga tadi.”
“Rez?” nada suara Bayu terlihat serius. Alreza menatapnya dalam. Ia tahu, apa yang akan disampaikan oleh teman-temannya.
Alreza menghela napas perlahan. “Gue tau kok, kalian pasti bakalan terus ngedesek gue untuk berhenti bersikap dingin sama Bu Sayla dan juga bersikap keras ke diri gue sendiri. Tapi itu nggak cukup, bro! Gue mau selesai sama diri gue sendiri dulu baru memulai sama Bu Sayla. Pilihan gue waktu ninggalin dia tiba-tiba tahun lalu gue akuin salah! Maka dari itu, ini tebusannya. Gue harus bisa jadi manusia seutuhnya buat mengembalikan semua yang hancur.”
Ketiga temannya diam menyimak. Mereka mengenal Alreza cukup baik. Ia memang terkenal dengan tingkah slengekannya. Tetapi, untuk urusan hati sudah lain. Ia tidak akan pernah main-main jika sudah mencintai seseorang.
“Gue bukannya nggak berperasaan! Gue ngejauhin Bu Sayla karena nggak mau dia makin sakit. Biar gue usahain dia pake cara gue sendiri. Kalo emang jodoh, toh nggak bakalan kemana.”
***
KAMU SEDANG MEMBACA
-Rasa yang Tepat-
Teen FictionLanjutan "WAKTU YANG SALAH" Sayla sudah selesai magang. Kisahnya yang singkat pun harus ikut usai. Namun, ternyata setelah segala kerumitan yang terjadi, masih banyak lagi hal rumit yang menghampirinya. Alreza sedang menata banyak hal: nilai-nilai y...