Italic font mean flashback
"Kamu sudah mengikuti konseling dengan dokter sejak lama, selain satu bulan terakhir, sebelumnya juga kamu pernah menjalani konseling bersama dengan dokter, Renjun."
"Dan hasil konseling sebelumnya, dokter menyatakan kamu sebagai penyintas gangguan bipolar."
Renjun mematung. Ia benar benar terkejut mendengar apa yang diucapkan oleh dokter Jungwoo.
"Lalu, untuk hasil konseling satu bulan terakhir ini, dokter menyatakan kamu juga sebagai penyintas PTSD."
Renjun tidak merespon.
Ia hanya menatap wajah dokter Jungwoo dengan tatapan yang kosong.
Dokter Jungwoo menggenggam tangan Renjun.
"Renjun?"
"I-iya dok, kenapa?"
"Renjun, kamu mendengarkan ucapan dokter kan?"
"I-iya, gimana dok? Renjun g-gak ngerti."
Dokter Jungwoo menghela nafas panjang.
"Renjun, dengarkan baik baik ya?"
Renjun menganggukan kepala.
"Renjun, setelah proses konseling yang panjang ini telah kita lewati, hasilnya dokter menyatakan bahwa kamu mengidap penyakit gangguan mental. Yaitu gangguan bipolar dan PTSD."
Tubuh Renjun melemas seketika. Ia menundukan kepalanya. Melihat tangannya yang sedang di genggam dokter Jungwoo.
Ia kembali mengangkat wajahnya. Menatap wajah dokter Jungwoo dengan tatapan yang sama. Kosong.
"Renjun, mungkin kamu bertanya tanya, sebenarnya apa yang kamu alami. Akan dokter sedikit jelaskan."
Dokter Jungwoo membenarkan posisi duduknya.
"Jadi, gangguan bipolar itu adalah suatu gangguan mental yang ditandai dengan perubahan mood yang sangat drastis dan signifikan."
"Bipolar memiliki dua fase berbeda. Ada fase manic, dan ada fase depressive. Fase manic adalah fase dimana mood kamu sedang berada di atas. Sedangkan, fase depressive adalah fase dimana mood kamu sedang berada di bawah."
"Perubahan mood yang dialami penyintas bipolar tidaklah singkat. Biasanya, itu terjadi dalam jangka waktu yang lumayan atau bahkan dalam jangka waktu yang lama."
"Seperti apa yang kamu rasakan, Renjun. Terkadang dalam waktu 2 minggu kamu merasa mood kamu sedang di atas, kamu senang, kamu bersemangat. Dan dalam waktu yang tiba tiba juga, kamu merasa mood kamu langsung berada di bawah. Juga, kamu tidak bisa mengontrol hal itu."
KAMU SEDANG MEMBACA
Me and my illness ; Renjun
Fanfiction"Dia gila...." "Dia seorang psycho...." "Dia aneh...." "Dia stress...." "Aku benci diriku...." "Aku lelah...." "Aku tidak ingin hidup...." Semua manusia di muka bumi ini terlahir tidak sempurna. Dan, cerita ini menceritakan bagaimana seseorang harus...