Di dunia tempat kita semua tinggal dan berdampingan dengan milyaran manusia lainnya ini, nggak pernah bener bener ada yang tau sama apa yang akan terjadi sama diri kita masing masing kedepannya. Bahkan gue mempercayai kalo tuhan emang beneran udah merencanakan takdir manusia bahkan jauh jauh lamanya sebelum manusia diciptakan ke dunia. Gue dulunya sama sekali bukan orang yang bisa selalu inget kalo akan ada balasan jika gue berbuat dosa, jadinya gue dulu sering bikin dosa.
Gue cuma selalu percaya kalo tuhan itu ada. Itu juga yang selalu gue tekankan sama anak anak gue supaya mereka nggak sampe lupa kalo mereka sejatinya makhluk ciptaan tuhan. Semenjak punya title sebagai seorang ayah, entah kenapa gue jadi makin sadar kalau gue nggak ingin jadi orangtua yang gak menuntun dan ngasih contoh yang seharusnya ke anaknya.
Meskipun lo saat ini sedang berada di fase dimana lo sendiri mempertanyakan keberadaan tuhan itu sebetulnya ada atau enggak, percaya deh tuhan itu emang beneran ada dan ketika meyakininya sungguh sungguh lo akan nemuin atau dapetin sesuatu yang sedang lo cari cari itu. Kalaupun sebegitu susahnya percaya, anggep aja itu semua sekedar sugesti supaya lo nggak merasa kosong ataupun tersesat.
Udah cocok belom gue ceramah di mesjid?
Aslaayyy,
Tiap ngobrol sama Nata, ujung ujungnya dia pasti bakalan ngeledekin. Emang rada kurang ajar anak gue yang satu itu, katanya gue disuruh sekalian buat ceramah ke mesjid. Saking seringnya gue ngasih tau, dia bilang kalo ngedengerin gue terus kasian juga itu setan setan kalo nggak digubris. Apalagi kalo kebanyakan dibacain doa. Abisnya mau gimana lagi, apalagi kalo hubungannya urusan dunia persetanan begitu. Gue juga jadi banyak belajar terutama untuk ngontrol ke- khawatiran gue terhadap Nata, gue beneran takut bakalan ada apa apa sama anak gue nantinya. Tapi semakin berjalannya waktu semua mulai terbiasa dengan sendirinya begitupun sama anaknya sendiri.
Ngomongin soal kepercayaan, gue pernah melihat seseorang yang awalnya pernah nggak begitu percaya kalo tuhan itu ada dunia ini. Dan ternyata takdir malah menyatukan kita berdua, pada akhirnya dialah yang jadi tempat gue pulang. Tempat gue menumpahkan segala keluh kesah, berbagi banyak cerita dan bertukar pikiran, jadi bagian terpenting dalam kehidupan gue. Juga jadi orang yang akan selalu gue maklumi dan berusaha gue mengerti apapun tindakannya.
Kehidupan nggak selalu berjalan mudah dan sesuai seperti yang gue mau, begitupun dengan Aya. Kita berdua nggak selalu punya pemikiran yang sama terus menerus, sering ribut bahkan sampe diem dieman juga udah biasa, gak jarang juga kita berdua suka saling memaksakan kehendak satu sama lain. Banyak juga segala permasalahan rumah tangga seperti kebanyakan yang sebenernya ingin gue dan Aya hindari tapi masalah masalah itu malah berdatangan silih berganti. Jangan dikira kalo nikah tuh akhir dari perjalanan hidup. Justru itu semua awalan baru dimana lo akan mengahadapi sesuatu yang mungkin nggak pernah terbayang sebelumnya. Gue yakin Aya pasti pernah ada di fase dimana udah gedek dan lagi males banget bahkan hanya untuk melihat gue saking keselnya. Gue bukan orang yang bisa se sempurna itu, gue sama seperti manusia lainnya yang bisa bikin orang lain ilfeel sama segala yang ada di diri gue.
Sedari dulu cuma ada satu hal yang paling nggak gue suka dari dia, meskipun Aya bukan tipikal yang begitu suka ngatur ngatur tapi dia selalu bisa mengutarakan banyak hal lewat suaranya. Dia tahu kapan harus diam mendengarkan gue dengan sabar, kapan harus ngomel ngomel kalo gue salah, kapan harus menyeimbangi antara mendengar sekaligus menanggapi dengan baik. Tapi ketika lagi bener bener marah tentang suatu hal, dia bakalan diem aja dan memendam semuanya sendiri tanpa berusaha vokal mengungkapkan ke gue. Nggak jarang sering muncul kesalahpahaman karena hal itu, terutama disaat gue ataupun dia sedang keras kepala mempertahankan ego masing masing.
Pernah gak ngerasa sebegitu takutnya dengan kepergian satu orang dari hidup lo?
Susah. Takut kehilangan adalah sesuatu yang paling susah menurut gue.
KAMU SEDANG MEMBACA
Partner Hidup
FanfictionOrang bilang yang sempurna itu tidak ada. Tapi Brian adalah perwujudan dari kata sempurna yang saya definisikan sendiri, ah cinta memang buta. Ini tentang Brian yang lebih dari kata 'kebagusan' untuk seorang yang tidak 'sebagus itu'. Brian yang sela...