Gerimis di pagi hari ini bikin gua makin males buat bangun dari tempat tidur. Tapi mau gimana lagi? ini udah jam tujuh lebih. Harusnya selagi gua di rumah gua bantu-bantu Mama. Bukannya malah santai-santai kayak nona muda.
Keluar dari kamar gua ngelihat Mama lagi nyuci sayuran. Beliau senyum sekilas ke arah gua pas denger suara pintu kamar dibuka sebelum lanjut dengan pekerjaannya. Makin dewasa dapet perlakuan yang seperti ini makin bikin gua malu. Dan juga bangga. Bangga karena Mama adalah Mama gua. Kayaknya orang paling kuat, paling sabar dan paling penyayang di dunia ini cuman Mama deh. Saat gua denger keluhan temen-temen gua tentang gimana strictnya orang tua mereka, gimana Mamanya yang selalu kurang puas dengan hasil yang mereka dapet, gimana Mama mereka nggak pernah memuji mereka dan malah sibuk mengungkit-ungkit kesalahan yang mereka buat, gua nggak pernah tau gimana rasanya diperlakukan kayak gitu karena Mama gua nggak mementingkan itu semua. Bagi Mama, gua hidup sehat dan normal tanpa cacat udah jadi berkah yang harus sangat disyukuri. Gua tau Mama nggak banyak nuntut karena Mama sendiri juga sadar kalau ada banyak hal yang nggak bisa beliau berikan ke gua meskipun gua nuntut beliau. Ada hal yang nggak bisa beliau usahakan, nggak peduli seberbakat apa beliau.
Setelah hidup jauh dari Mama, rasanya hal-hal yang dulu nggak gua inginkan di rumah ini lenyap gitu aja. Semua berubah jadi haru pas kita ketemu lagi. Pas pulang dari merantau dan mencium tangan Mama, pas makan nasi buatan Mama walau cuman pakai lauk sosis sapi goreng, semua itu jadi kerasa makin berharga karena nggak bisa lagi di lakukan setiap hari.
'Biasanya' terkadang memang menjemukan. Tapi setelah kita keluar dari 'biasanya', semua akan jadi nggak biasa lagi dan setelah saat itu tiba, kita akan kangen 'biasanya' kita. Sayangnya, nggak semua 'biasanya' akan selamanya jadi biasanya.
"Sarah tolong nanti kamu cuci peralatan masaknya ya. Mama mau jemur pakaian deh itu kayaknya mesin cucinya udah berhenti."
"Udah Mama masak aja nanti aku yang cuci piring sekalian jemur. Nenek tau aku pulang nggak, Ma?"
"Tau. Nenek tuh lagi agak sakit-sakitan, nanti kamu tengokin deh. Katanya matanya juga udah mulai nggak bisa dipake ngeliat jelas lagi. Nggak tau deh, beberapa waktu yang lalu moodnya jelek. Marah marah terus, mungkin lagi nggak enak badan."
"Yaudah, abis mandi aku kesana deh."
Baru aja merencanakan hal itu, anjing hitam jenis Golden Retriever yang bulunya halus dan lebat terawat alias Dollar lari kecil masuk rumah sambil melet-melet seperti anjing pada umumnya. Dollar langsung menuju ke antara kaki gua dan kaki Mama. Dan nggak lama setelah itu, bisa dipastikan nenek bakalan muncul juga.
"Dollaaaaaaaaaaaar." Gua meluk Dollar, sebenernya pengen gua angkat, gendong dan di lempar-lempar ke atas kayak bayi tapi nggak kuat. Berat banget. Bobot Dollar pasti lebih dari 25 kg. Dasar Anjing gendut.
As expected, suara batuk Nenek mulai kedengaran, gua keluar sedikit dari ruang dapur dan langsung lihat nenek yang lagi jalan pelan-pelan. Kini tubuhnya bener-bener makin kurus. Rambut Nenek sekarang pendek. Meskipun udah begini Nenek masih rajin pakai alis yang bentuknya tuh... nggak lurus gitu, tapi melengkung dengan ekor alis yang panjang. Stay sangar walau sedang rapuh!
"Ya ampun, Nenek kurus banget sih sekarang." Kata gua sambil narik kursi buat nenek duduk.
"Tadi pagi kamu janjian sama orang apa gimana?" Tanya Nenek diluar dugaan gua. Gua mikir sebentar, memproses pertanyaan yang baru aja Nenek ucapin dalam otak gua. Gua masih ngebug, tapi Nenek ngelanjutin ucapannya.
"Itu anaknya rumah depan pojokan. Gerimis-gerimis malah jogging mondar-mandir lewat depan rumah. Biasanya nggak pernah gitu perasaan. Masa iya hujan hujan gini olah raga?"
KAMU SEDANG MEMBACA
True Feelings but Fake Relationships | Sungchan [✓]
FanficBener nih cuman pacaran pura-pura aja untuk mempertahankan harga diri di depan mantan pacar? Serius yakin? tapi kok Sungchan cemburuan ya?