Hal pertama yang menyambut gue begitu membuka mata adalah ringisan Natusha yang geliat nggak nyaman di kasurnya. Tanpa nebak pun gue tahu, anak gue pasti lagi atraksi ini.
Gue menatap malas ke arah Natusha. Nggak mau munafik, gue capek habis perang sama otak dan hati seharian. "Udah dong," pinta gue.
Natusha ngelempar tatapan sinis begitu denger ucapan gue. Doi balik badan, munggungin gue.
Yang begini nih agak repot biasanya.
Kandungan Natusha udah masuk lima bulan. Seinget gue, dokternya emang bilang di usia sekarang biasanya janin jadi makin aktif. Dan hal itu jelas menimbulkan dampak pada sang ibu. Perubahan bentuk tubuh Natusha juga udah mulai keliatan. Nggak heran akhir akhir ini doi sering ngeluh nyeri di pinggul, kaki, paha, dan lain lainnya. Pun emosinya yang naik turun tiba-tiba.
Masuk trimester dua ini anak gue emang lagi aktif aktifnya kan. Nggak jarang juga jadi nyusahin nyokapnya. Biasanya Natusha emang bisa ngehandle, toh dia bukan cewek lemah yang bakal dengan suka rela nunjukkin air matanya depan cowok yang dia benci. Tapi kalau anak gue atraksi nya ekstra, ya dia nangis juga.
Btw setelah perjuangan panjang, akhirnya berat badan Natusha berhasil naik jadi 57kg loh! Masih kecil sih kata gue mah. Tapi gapapa, yang penting anak gue tambah BB.
Ada sekitar sepuluh menitan gue ngeliatin punggung Natusha yang bergetar. Si empunya punggung nggak ngasih tanda tanda kalem. Justru semakin lengkap dengan suara isakan pelan yang terdengar agak memekakan telinga.
"Perutnya kenapa, hm?" Tanya gue akhirnya, sedikit nggak tega ngelihat keadaan Natusha.
Doi berhenti ngerengek, terus balik badan madep gue lagi. "Pe-rut gue.. gak enak," adunya lemas. Hari ini Natusha mencapai batas dari toleransi sakitnya, nggak mampu lagi bersandiwara untuk baik-baik aja dan nahan tangis dia di depan suaminya.
Gue ngeliatin dia yang muter kesana kemari, nyari posisi nyaman buat si bayi. "Terus gue harus gimana?"
"Pergi ajaaa," rengeknya.
Seriously? "Ini udah jam dua malem, Natusha. Gue ngantuk, pengen tidur," gue masih mencoba berkata selembut mungkin kendati rasanya pengen banget maksa dia merem aja udah.
Natusha tetap menggeleng pelan, sembari menahan rasa begah yang menyerang perutnya. Gue mendengus, nggak pernah nyangka kalau ngurus bumil bakal jadi serumit ini. Tau gitu mending otak gue meledak sekalian gara-gara belajar waktu itu. "Mau gue elus?"
Natusha diem lama banget. Saking lamanya gue sampe hampir ketiduran lagi nungguin jawaban dia. "Len?"
"Hm,"
"Pipi lo merah?"
Gue masih merem, ngebiarin tangan Natusha menjelajahi muka gue yang emang merah habis ditampar Juna. Untung nggak sampe babak belur. Yah, ini wajar sih. Sebagai harga dari kesalahan gue yang udah ngerugiin Natusha.
Gue diem aja.
"Len," Natusha manggil lagi, "Pengen timlo."
Seketika gue melek. Ngeliat Natusha yang sekarang mukanya sumringah. "Nggak, gue ngantuk," tolak gue.
Kasian sih doi, tapi raga gue bener bener butuh istirahat sekarang.
"Ih Alen,"
"Nggak."
"Kak?"
Spontan gue narik Natusha buat masuk ke dekapan gue, maksa Natusha buat nenggelemin kepalanya di dada gue. Nyembunyiin dia disana, sambil nahan tengkuknya pake tangan biar si empunya nggak ngedongak. "Tidur, belinya besok."
Di dada gue, kepala Natusha gerak gerak ga terima. Gue mah bodo amat. Gue nunduk dikit, menghirup wangi rambut Natusha yang beraroma flory. Ini anak wanginya nggak main main. Gue teken tu palanya biar makin diem sampe akhirnya doi capek ngeberontak dan tidur sendiri disana.
Harusnya.
Harusnya begitu.
Tapi nggak sampe setengah jam, pemandangan Natusha makan dengan lahap merupakan hal yang netra gue tangkap. Doi ngereog, maksa gue nyari timlo di penghujung malam. Udah pagi malah.
"Nggak mau pesen juga, Len?" Kata dia nawarin.
Gue ngegeleng, ngeliatin dia makan dengan muka gue yang muka bantal. Ngantuk.
"Nih," gue melek lagi, mendapati segelas teh anget yang terulur buat gue. "Diminum, biar nggak ngantuk," titahnya yang gue angguki.
Nggak ada percakapan berarti selama nemenin Natusha makan. Gue udah nggak ada tenaga buat ngebales bacotannya karena energi gue udah terkuras abis tadi siang. Jadi yang gue lakuin cuma ngeliat dia makan dan berdoa sama Tuhan biar makanannya cepet cepet abis terus gue balik tidur.
Tapi begitu minum teh yang dikasih Natusha, mata gue ini kayaknya langsung menghianati pemiliknya. Nggak ngantuk ngantuk amat jadinya.
"Tadi belajarnya gimana? Sampe mana?" Natusha memulai percakapan.
"Sampe X ketemu Y," kata gue asal. Yang akhirnya dapet cubitan di hidung dari Natusha. "Ngawur!" Serunya.
Gue natap Natusha yang masih sibuk makan dengan pandangan penasaran. Pasalnya, tadi Juna sempet cerita banyak soal sosok yang bisa luluhin dia yang paling anti perempuan itu. Natusha.
"Na," panggil gue.
Yang di panggil cuma dehem, sibuk nikmatin makanannya.
Gue ngehela nafas, capek. "Lo pernah deket sama Juna?"
Natusha berhenti makan, ganti ngeliatin gue dengan pandangan skeptis. "Kak Arjuna maksud lo?"
Gue ngangguk.
Ada jeda beberapa saat sebelum Natusha nyengir, "Sampe sekarang juga masih deket," ujarnya. "Kak Juna baik banget ke gue, suka bantuin PR gue juga,"
Gue mangap. Cerita dari mana seorang Arjuna bisa rajin belajar apalagi garap PR adik kelasnya? Masa begonya dia cuma sandiwara aja? Nggak asli kayak gue?
"Lo tau Juna naksir lo?"
Natusha mengernyit, heran. "Teori darimana itu? Kita cuma temenan akrab doang." Balasnya, "Kan lo lebih deket sama dia, masa nggak tau?"
Gue ngangguk paham. Barangkali Arjuna sengaja nggak ngaku biar Natusha tetep nyaman di deket dia.
Ada satu hal yang mau gue ceritain lagi ke Natusha sebenernya, tapi agak ragu juga. Takut ni bocah ngereog lagi kalo gue cerita.
"Na," panggil gue lagi, yang masih dibalas dengan deheman. Bocahnya sibuk makan.
"Juna tau."
Kali ini Natusha mendongak, natap gue dengan tatapan tajam. "Tau apa?"
Tau apa ye?
"Tau.. kita"
KAMU SEDANG MEMBACA
Lentera : phrase of hope
General FictionTerbelenggu dalam ikatan menjijikan bernama pernikahan bukanlah sebuah hal yang Natusha cita-citakan. Harapannya untuk terbang jauh meninggalkan Indonesia guna menempuh pendidikan di negeri Paman Sam pupus begitu saja tatkala seorang pemuda brengsek...