18. Tendangan

517 39 0
                                    

Yang gue lakuin sejak pulang dari café cuman goleran di kasur sambil dengerin lagu-lagu Adele bareng si kacang. Berjam-jam sampe Natusha muak sama playlist spotify gue yang kaga ganti ganti. Masih untung nggak nyetel fortune cookie.

"Kalo mau nangis, nangis aja." Kata Natusha sambil ngasih satu lembar tisu ke gue. Doi duduk bersandar di kepala kasur samping gue, nemenin gue ngegalau.

Gue ngangguk, nerima tisu dari dia. Yang akhirnya cuma gue pegang aja karena air matanya nggak turun turun. Nangisin masa lalu, apalagi Seren, adalah salah satu hal tergoblok menurut gue. Udah jelas nggak mungkin, ngapain di andai andaikan?

Natusha udah tahu rangka besarnya cerita gue sama Seren, termasuk segala cerita tentang kami. Dia nggak ngasih tanggapan apa-apa selain ngelus ngelus pala gue sambil bilang 'yang sabar ya'. Kita sempet ngegibah Seren, tapi nggak lama, karena gue males juga gibahin dia.

Kaget sih, ternyata bisa ya gue sampe ada di titik muak ngomongin soal salah satu penyebab gue bahagia dulunya.

Natusha bilang ngelupain emang nggak gampang, untungnya dia enakan bisa diajak ngobrol pasal masa lalu gue yang tai banget ini. Tapi gue nggak cerita kalau Seren ngajak balikan, gue nggak mau Natusha mikir kalau gue bakal ninggalin dia nanti. Yang gue ceritain cuma, gimana hubungan gue sama Seren selesai.

"Aw!" Gue refleks ngedongak begitu suara Natusha mengaduh terdengar. Doi megang perutnya sambil ngeliatin gue dengan tatapan rumit.

"Na?" Panik gue, begitu Natusha diem aja ga jawab jawab. "Na, kenapa?" Gue ngerubah posisi jadi duduk bersila, hadap hadapan sama Natusha.

"Dia nendang, Len." desis Natusha.

Gue makin panik, "Siapa?"

Bukannya ngejawab, Natusha malah ngikik. Doi ngambil tangan gue, buat di deketin ke perutnya. Gue masih ngeliatin dia dengan tatapan nggak ngerti. Ada kali lima menitan tangan gue diem di perut dia.

"Jangan di elus anjir!" Omel Natusha begitu gue inisiatif ngelus perutnya. Gue nurut, diemin lagi tangan gue disana. Ini cerita nya Natusha pengen gue pegang doang perutnya?

Dugh..

Gue kaget.

Wajah berseri Natusha merupakan hal yang gue lihat begitu gue mendongak minta jawaban atas sebuah gerakan tiba-tiba dari perutnya yang baru aja gue rasakan. "Itu si kacang?"

Natusha ngangguk semangat, "Iya!" Katanya sambil megangin perutnya lagi setelah ngusir tangan gue jauh-jauh dari sana.

Gue ikut senyum, nggak nyangka anak gue kuat juga tendangannya. Hebat ya? Kayak ibunya.

Natusha masih nunduk ngeliatin perutnya, berharap dapet tendangan lagi dari sana. "Seneng nggak?" Tanya gue iseng.

Yang di tanya langsung masang senyum bahagia, "Banget!" Kata dia, yang spontan bikin gue narik dia ke pelukan gue akhirnya.

Suara kekehan dari dara cantik itu masih kedengeran di telinga gue meski dia ada dalam pelukan. Gue juga nggak berhenti ketawa sendiri dari tadi. Kita udah kayak orang gila yang ketawa ketawa nggak jelas kalo dapet gerakan dari dalem perut Natusha. Seakan tendangan si bocil merupakan sinyal buat gue sama Natusha ketawa.

"Jagain, Na." bisik gue ke dia. Natusha ngangguk. Kali ini kita udah sama sama rebahan, hadap hadapan juga. Pertama kalinya Natusha mau tidur ngadep gue, biasanya salah satu dari kita saling munggungin.

"Kak," panggil dia, balik lagi ke mode manja brutalnya.

"Kenapa?"

Doi ngulum senyum, "Elusin," pinta dia takut takut, yang spontan langsung gue ketawain. Begitu juga Natusha.

Kita ngakak buat ngetawain hal yang nggak penting banget sebenarnya, tapi lucu aja gitu jadinya.

Gue terkekeh, ngusak rambut Natusha bentar sebelum mepetin badan ke dia. Gue masang senyum, ngecup keningnya bentar terus ketawa lagi. Gila. Gue beneran udah gila kayaknya.

"Begini?" Tanya gue dengan sebelah tangan yang sibuk ngelus-ngelus perutnya yang udah agak gedean. Natusha ngangguk, mulai cari posisi nyaman buat tidur beneran. Nggak ada lagi tendangan atau gerakan dari kacang, mungkin kecapekan karena beberapa waktu lalu nendang mulu.

Gue ngelus perut Natusha perlahan sampe si empunya ketiduran. Nggak mau nyia-nyiain kesempatan buat berinteraksi sama anak gue. Karena ini pertama kalinya gue ngelus dia lama. Biasanya Natusha marah kalo gue dengan sengaja ngelus perutnya.

Natusha tidur anteng banget. Nafasnya teratur. Bulu matanya keliatan lentik. Bibirnya cerah dan wajahnya keliatan makin berseri karena udah nggak sedih lagi.

Kalau boleh dibilang, sifat Natusha itu udah sempurna banget buat jadi istri. Pinter, bisa masak, pengertian, nggak banyak ngeluh, pecinta kebersihan, apalagi coba kurangnya? Tapi terlepas dari itu, sisi keras dan over mandiri dari Natusha emang kadang suka bikin gue pusing. Karena mau gimana pun selama ini Natusha hidup sebagai individu, bukan istri.

Gue harus menyeimbangkan sifatnya biar jadi setara dan bisa ngertiin dia juga. Harus siap tiap-tiap emosinya yang selalu dipendem itu meledak. Harus ada kalau dia yang kuat tiba-tiba nangis dan butuh gue biar tenang.

Seolah peran sebagai keluarga itu bukan cuma sandiwara belaka. 

Gue senyum lagi begitu teringat tendangan si kacang. Tangan kekar gue yang tadinya udah males jadi semangat lagi ngelusnya. Sebelah tangan gue yang bebas narik Natusha ke pelukan, tidur sambil meluk dia erat-erat. Bukan tanpa alasan, bahagia atas tendangan si kacang rasanya belum cukup mampu buat nutupin sesak yang tersisa dalam dada. Dan wangi Natusha, cukup menenangkan perasaan gue yang masih bergejolak dan nggak tahu bakal berakhir gimana.

Dugh..

Gue nggak bakal nyangkal kalau ada yang bilang gue cengeng. Faktanya emang gue mah sensitif, gampang terharu, dan nggak enakan. Dan sebuah tendangan yang lagi-lagi berasal dari dalem perut Natusha, jadi alasan atas kenapa mata gue sedikit berair malem ini.

Terharu banget.

Kekar kekar gini hati gue hello kitty.

Lagian, siapa juga yang nggak seneng waktu tahu anaknya sehat aktif dalem perut ibunya? Kenio kali ya?

Satu yang pasti gue rasain sejak bertahan dan tetap memilih hidup setelah kepergian bunda dan Binar. Tuhan nggak main-main pasal ngasih hadiah ke hamba hambanya yang bertahan. Kejutannya ngalahin semesta. Kayaknya semenjak nikah, gue jadi agak religius gitu bawaannya.

Tiada hari tanpa bersyukur udah ditakdirkan buat ngerasain anugerah yang sedemikian hebatnya. Padahal gue juga cuma pendosa. Apalah Tuhan nih. Sukanya becanda aja.

Lentera : phrase of hopeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang