Happy reading —
-ˋˏ ༻❁༺ ˎˊ-Di siang yang terik ini udah nggak kehitung berapa kali gue nguap. Bahkan ngegarap soal latihan dikelas tadi pun gue pake silang indah alih-alih rumus yang kemarin diajarin Jagad.
Dua anak manusia depan gue natap gue kasian. Emang tampang gue pantes dikasihani sih.
"Begadang?" Joel tanya, yang spontan gue angguki gitu aja.
Beda dari Joel, Jagad natap gue dengan tatapan tajam. Seakan gue habis melakukan dosa besar. "Ngapain lo semalem sampe kurang tidur?"
Gue ngernyit begitu paham maksud dari kalimat Jagad. Subhanallah. Udah tinggal nama doang ini watashi kalau berani ngapa-ngapain Natusha.
"Nyari timlo," jawab gue jujur. Bikin Joel makin melongo. Doi emang belum tahu soal gue dan Natusha sih, sebenernya. Gue mager juga buat cerita.
Muka Joel keliatan penasaran, tapi mager buat tanya. Bule itu ngulurin satu botol soda ke gue, yang langsung diterima dengan senang hati. "Si Ajun ngapa ga berangkat, ya?" Tanya dia.
Patah hati kali.
Iya, Arjuna emang hari ini nggak berangkat. Entah karena lagi ada keperluan, atau karena males ketemu gue yang tanpa sengaja udah nikung dia. Yang jelas, untuk saat ini nyawa gue belum terancam di tangan Arjuna.
Jagad natap gue, gue cuma ngendikkin bahu. "Laper," ujar gue, engga boong yang ini.
Kita emang lagi di kantin. Jamnya istirahat, yang nggak bakal gue sia siain setelah kelaparan gara-gara bersua sama soal latihan ujian yang tai banget nggak pengertian. Jam jam segini nih enaknya rebahan sambil di duselin Natusha. Setelah ngabisin beberapa bulan hidup bareng dia, gue jadi mulai terbiasa sama kehadirannya. Walau belum sepenuhnya cinta, tapi nggak memungkiri kalo gue nyaman sama dia.
"Len," Joel manggil lagi, "Seren pulang ke Indo."
"Tau,"
"Nggak mau ketemu?" Tanya bule Australia satu itu.
Gue masih diem.
Gimana ya? Dibilang mau, faktanya gue takut ketemu dia. Takut nggak bisa nahan diri dan jatuh lagi ke lubang yang sama. Takut sisi egois gue balik lagi. Takut hati gue sakit lagi. Tapi dibilang nggak mau, faktanya gue kangen berat. Pengen ngerasain hangat peluknya lagi paling enggak untuk yang terakhir kali. Pengen denger sekian banyak ceritanya di negeri orang. Pengen tahu alasan dia ninggalin gue gitu aja. Pengen juga dapet ucapan selamat dari dia karena bentar lagi gue udah mau jadi ayah.
Ya Tuhan.
Mata gue panas.
Gue ngeliatin Jagad yang juga lagi ngeliatin gue dengan tatapan ngeremehin. "Jangan jadi bangsat," ucapnya, terus pergi berlalu ninggalin gue sama Joel berdua doang.
Joel ngeliatin gue heran. Sementara gue bahkan nggak bisa ngejawab pertanyaan sama sekali. Masih sibuk mikir soal pilihan apa yang bakal gue ambil kali ini.
Ngelupain itu nggak mudah. Apalagi gue sama Seren punya beribu kenangan yang terlalu indah untuk dilupakan. Cuma karena satu kesalahannya, nggak cukup buat jadi alasan gue ngelupain segala kenangan tentang dia.
Separuh dari gue masih berharap kalau waktu bisa diputar dan gue bisa bikin dia bertahan alih-alih pergi tanpa alasan.
Masih terekam jelas di ingatan, pasal hal hal apa aja yang dia suka. Boneka, milkshake strawberry, scrunchies, wortel, warna peach, musim gugur, rok pendek, bunga Daisy, dan segala hal yang meninggalkan kenangan tentang dia.
"Mau nggak, Len?" Joel tanya lagi, "Anaknya udah ribut dari semalem ngechat gue, minta diketemuin."
Kadang gue suka sebel sama prinsip hidup gue yang nggak bisa nolak permintaan cewek cantik, dan berakhir nerima tawaran Joel. Yang sepenuhnya gue sadari, merupakan kesalahan gue juga.
"Atur aja," kata gue dengan santainya, padahal hati udah gonjang ganjing bahkan untuk sekedar mengingat gambaran terakhir pasal parasnya.
Cinta gue ke Seren itu kayak filosofi hexagonal yang bisa dikatakan bentuk geometri paling efisien dan tepat untuk penggunaan maksimum suatu ruang. Singkatnya, kita udah bener-bener saling melengkapi hingga di titik nggak ada yang perlu dikhawatirin lagi. Gue tahu Seren sebaik dia tahu gue. Kami udah macam ikatan paling sempurna pada masanya.
Di waktu waktu itu, gue nggak bisa ngeliat apapun selain pernikahan di masa depan buat gue sama Seren. Seyakin itu gue kalo dia orangnya. Hubungan yang udah mirip simbiosis mutualisme ini bikin gue mikir nggak ada yang lebih sempurna ketimbang Seren buat jadi pendamping gue nantinya.
Gue tahu itu hal yang nggak seharusnya dipikirin anak SMP. Tapi di umur mepet legal, cinta gue sama dia udah seserius itu. Bukan lagi pasal dusta atau cinta monyet yang bisa dateng pergi gitu aja.
Kehadiran Seren di setiap momen penting hidup gue, bikin dia nggak bisa dianggap sebagai mainan aja. Dia punya pengaruh yang besar banget, bahkan meski cuma dari kata-kata nya. Cuma satu kalimat dia yang nggak pernah gue turutin selama hidup gue, yaitu maafin Ria. Istri Kenio, ibu tiri gue.
Sisanya, segala permintaannya selalu gue turutin. Gimana caranya biar dia nggak pergi dari sisi gue selamanya. Tapi, sebagaimana yang udah udah, gue gagal. Dia pergi ninggalin gue dan akhirnya sekarang gue terjebak sama sosok hebat yang nggak kalah cantik dari Seren.
Tapi hadirnya Natusha, bukan berarti bisa ngilangin perasaan gue buat Seren gitu aja.
Perasaan gue ke Natusha itu murni terikat karena tanggungjawab atas kesalahan satu malam yang dilakukan tanpa sengaja. Sementara perasaan gue ke Seren itu lebih dari sekedar pinta semesta atasnama cinta.
Nggak bisa dibandingin.
Singkat cerita Joel nyengir nyengir bahagia begitu tau gue mau ketemu lagi sama mantan terindah gue. Dia minta buat gue siap siap dan tampil cakep nanti malem, lengkap sama alamat yang dia kirim di roomchat.
Sepanjang sisa pelajaran gue nggak fokus, sibuk mikirin soal perasaan yang lagi perang sama pikiran. Hal yang seharusnya nggak terjadi sama bocah SMA kayak gue. Yang jelas aja nggak punya masa depan karena nggak jelas hidupnya.
Begitu sampai rumah, pemandangan yang netra gue tangkap ialah Natusha yang lagi nonton TV sambil ngelus-ngelus perutnya. Yang otomatis bikin hati gue anget gitu aja. Tiba-tiba.
"Na," panggil gue.
Natusha noleh, "Ya?"
Gue naruh tas ransel di lantai, terus duduk di sofa samping dia. Mau nggak mau gue kudu cerita soal perempuan jelita yang sempet punya tempat dihati gue. Biar gimanapun Natusha harus tau, pasal masa lalu gue sebelum ketemu dia. "Gue mau cerita."
"Soal apa?" Tanya dia dengan tatapan heran.
"Soal mantan gue,"
KAMU SEDANG MEMBACA
Lentera : phrase of hope
General FictionTerbelenggu dalam ikatan menjijikan bernama pernikahan bukanlah sebuah hal yang Natusha cita-citakan. Harapannya untuk terbang jauh meninggalkan Indonesia guna menempuh pendidikan di negeri Paman Sam pupus begitu saja tatkala seorang pemuda brengsek...