21. Jinak

436 31 0
                                    

"Kak," gue cuma dehem aja waktu Natusha manggil, nggak minat buat basa basi sama dia. "Nanti jadwalnya periksa lagi," ucapnya.

Ini udah hari ketiga sejak pertengkaran kami sore itu. Gue belajar banyak mengenai pentingnya komunikasi dan perhatian yang harus gue tunjukkin ke Natusha. Gue kira ngebebasin Natusha buat ngelakuin apa aja dirumah bakal jadi suatu hal yang membahagiakan buat dia. Ternyata nggak, dia justru paling nunggu ajakan gue buat jalan bareng atau sekedar ngobrol ringan diwaktu luang. Gue kira Natusha lebih seneng kalau nggak ngelihat gue seharian, ternyata dia justru nunggu gue pulang baru bisa tenang.

Salah paham yang akhirnya jadi sumbu permasalahan besar.

Kita berdua masih terlampau muda untuk memulai sebuah keluarga. Sebagian dari diri kami masih dikekang oleh ego yang muskil sirna. Tapi keberadaan anak gue, jelas memaksa gue dan Natusha membuang ego masing-masing dan bertahan demi dia.

Jelas gue masih agak kesel setiap inget interaksi antara dia dan mantannya. Itu juga yang bikin gue masih ketus ke Natusha meski udah lewat tiga hari dari kejadiannya. Padahal mah nggak seharusnya gue kesel, toh gue sama Natusha nggak ada apa-apa. Tapi rasanya emosi banget ngeliat ada sosok yang bisa ngalihin perhatian Natusha bahkan dari anaknya.

Alhasil malem itu gue balapan, lagi. Kali ini balap di arena resmi, bukan balap liar bareng si Olfie. Nggak menang sih, tapi cukup puas karena bisa ngelampiasin emosi. Yang berakhir dengan skorsing masa sekolah gue ditambah jadi lima hari.

"Masih marah ya?"

Gue ngeliatin Natusha yang lagi sibuk masak dengan sebelah tangan di pinggang. "Masih," jawab gue, nggak berniat bohong.

Akhir akhir ini Natusha emang lagi gemes gemesnya. Setelah tahu bahwa gue tulus ke dia, Natusha nggak lagi jaga jarak dan mulai menunjukkan sisi aslinya. Manja. Dan gue nggak masalah. As long as dia ngerawat kacang dengan baik.

Natusha matiin kompornya, terus balik badan. Natap gue sepenuhnya.

CANTIK BANGET ANJENG

"Gue harus ngapain biar lo nggak ngambek lagi?" Tanya dia.

Kalau ditanya begini mah gue bingung jawabnya. Dia senyumin aja jantung gue udah pargoy itu.

"Sun," kata gue dengan wajah galak. Ini gila tapi ini beneran diucapin sama seorang Lentera. Yang akhirnya dapet pelototan dari Natusha.

"Nggak!"

"Yaudah, gue ngambek," ucap gue sambil beringsut berdiri buat jalan ke kamar. Natusha ngikutin di belakang.

Gue duduk sambil nyenderin punggung ke kepala kasur, main ponsel. Ngebiarin Natusha juga duduk di samping gue sambil ngeliatin gue penuh harap.

Yaampun, lucu banget ngusilin dia.

Natusha noel noel pipi gue pelan, cari perhatian ceritanya. "Kak," panggilnya lagi, "Nanti periksa loh."

"Terus?" Gue noleh pada akhirnya, mendapati Natusha masih mempertahankan raut sedihnya.

"Kok terus sih? Siap siap lah, nganterin."

"Minta anter si Geo sana."

Gue terkesiap begitu Natusha jatuhin dirinya diatas gue, meluk gue erat-erat. Jarang banget kan doi mau kontak fisik siang siang. Gue masih bergeming, nggak tahu harus ngapain tatkala Natusha udah lebih dulu nyembunyiin mukanya di dada gue.

"Ngapain meluk meluk?" Tegur gue yang masih mempertahankan sisi galak. Abis gimana, muka takut Natusha waktu gue galakin tuh lucu banget.

Yang ditanya cuman ndekem aja dalem pelukan gue, seolah nahan biar gue nggak pergi. Padahal mah gue juga kaga bakal kemana-mana. "Gue kangen," lirih Natusha, yang otomatis bikin gue terkekeh dengernya.

"Kangen Geo?"

Natusha mendongak, kali ini dia ngeliatin gue dengan matanya yang udah berair hampir nangis sambil gigit bibir biar nggak jadi nangis. Ini kalo gue tanya, 'kamu kenapa?' juga pasti udah banjir. "Kangen Lentera," lirihnya dengan bibir yang udah bergetar nahan tangis.

DUH YA TUHAN GEMES BANGET.

Tangan kanan gue ngerapihin anak rambut Natusha yang berantakan di keningnya, "Bukan Geo nih?" Goda gue lagi.

Natusha ngegeleng kuat-kuat. "Lentera," ucap dia lagi.

"Gue kan dari kemaren di rumah, ngapain kangen?"

Natusha mundurin badannya, ngehapus airmata di ujung matanya. "Habis dicuekin mulu!" Kata dia yang lebih mirip ngadu. Hari ini Natusha emang lagi sensitif banget, nggak kehitung berapa kali dia netesin airmata cuma untuk masalah sepele aja.

"Dicuekin gimana?" Tanya gue lagi. Dengerin celotehan Natusha kalau lagi sedih emang seseru itu. Rasanya mirip kaya dengerin cerita bocil yang lagi ngadu. Lucu.

Natusha majuin bibirnya, cemberut sambil ngeliatin gue sedih. "Gue begah, mual, sakit perutnya. Tapi lo sama sekali nggak peduli.." cerita dia.

Utututuuu, istri guee....
Capek habis ditendangin anaknya ternyata.

Sejak hari itu emang gue nggak gitu merhatiin Natusha lagi sih. Ego gue masih bertahan soalnya. Tidur pun ya cuma sampingan tanpa peduli keadaannya.

Gue masang senyum tipis, yang bikin Natusha otomatis berhenti netesin airmatanya. "Masih sakit nggak?" Kata gue sambil ngelus perutnya yang udah gede.

Natusha ngegeleng, "Nggak sakit, tapi masih kangen."

Ya Allah. Ini kalo nggak kuat iman pasti langsung gue terjang sekarang.

"Yaudah, sini," titah gue, yang langsung dituruti Natusha. Hormon ibu hamil seberpengaruh itu ya? Sampai-sampai doi yang terkenal galak aja bisa jadi jinak begini.

Natusha beringsut jadi duduk mepet di sebelah gue. Posisinya sekarang gue masih nyender di kepala kasur, sedangkan dia nyender di bahu gue. Tangan kanan gue yang bebas meluk pinggang nya dari belakang, sedangkan telapak tangannya ngelus ngelus perut dia. Beberapa tendangan gue rasakan dari sana, tapi nggak membuat Natusha merhatiin perutnya.

Kata gue sih doi lagi capek. Keliatan dari dia yang langsung meremin mata begitu senderan di gue. Gue jadi mikir, tidur jam berapa dia semalem sampe ngantuk siang-siang begini? Pasalnya, Natusha bukan tipe yang suka begadang kecuali kalau ada kepentingan. Dan gue yakin bahwa alasan dia kurang tidur yaitu karena anak gue banyak tingkah.

"Gue masih marah, loh," bisik gue ke Natusha, yang langsung bikin si empunya kuping makin ndusel ke ceruk leher gue.

Doi mendesah resah, "Maaf," lirihnya, "Jangan marah dulu, anak lo lagi banyak tingkah," pinta dia dengan raut yang keliatan lelah.

"Capek ya?"

Yang ditanya ngangguk pelan, "Makanya jangan pergi pergi lagi"

Sebelumnya gue mikir dulu, korelasinya capek sama pergi. Orang capek kan istirahat ya? Apa urusannya sama gue pergi coba. "Kapan gue pergi?"

Natusha makin nduselin wajahnya ke gue, "Kemarin, waktu lo marah," lirihnya sedih.

Oh iya, waktu itu gue emang pergi. Nenangin diri biar nggak meledak di deket Natusha. Balapan sampe pagi.

Gue nggak berniat ngelanjutin obrolan sih. Yang gue lakuin cuma ngelus ngelus perutnya dan sesekali ngasih sun di keningnya. Sampe Natusha ketiduran disana.

Lentera : phrase of hopeTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang