Happy reading —
-ˋˏ ༻❁༺ ˎˊ-"Beli buah jangan lupa, Len!"
Gue ngangguk begitu denger titah Natusha yang masih milih milih bahan makanan yang tersedia di rak kaca. Bersiap buat mengarahkan troli belanja ke bagian buah buahan yang nggak jauh dari sana.
Singkatnya tadi Natusha jadi periksa. Jenis kelamin si bayi masih nggak diketahui soalnya dia sembunyi. Tapi Natusha sempet kena marah dokternya soalnya berat badan dia nggak memenuhi standar target apalah namanya. Intinya harusnya dia lebih berisi lagi, gitu.
Dokternya ngomel lama, terus ngasih saran makanan yang baik buat dia. Yang akhirnya bikin kita memutuskan untuk mampir ke supermarket buat beli makanan yang disarankan dokternya, plus belanja bulanan juga.
"Mau buah apa? Biar gue ambilin," tanya gue ke dia yang masih sibuk milih-milih sayur. Enaknya kan ngambil buah terus masukin ke troli aja, jadi nggak usah ngajak tu bocah ke bagian buah dan berakhir milih kelamaan.
Natusha mikir mikir bentar sebelum balik badan ngadep gue, "Apa aja deh asal jangan semangka," ucap dia.
Gue ngangguk. Sepersekian detik kemudian udah melajukan troli ke arah bagian buah buahan. Ninggalin Natusha bentar. Setahu gue doi emang nggak suka semangka, bikin pusing katanya.
Pilihan gue jatuh kepada buah naga, kiwi, anggur, strawberry, dan persik. Jarang banget kan ada buah persik di supermarket. Eh, atau gue yang jarang liat ya?
Nggak perlu waktu lama buat gue balik ke troli sambil bawa lima plastik berisi buah yang baru habis dibungkus masnya. Buah yang jadi pilihan gue emang kebanyakan kecut, karena seinget gue Natusha suka yang asem asem. Gue belum mandi aja kadang dia minta peluk.
Begitu selesai dengan urusan perbuah buahan, rencananya gue mau balik nyamperin Natusha. Rencananya. Sebelum gue nemuin Natusha lagi ngobrol, bareng Seren.
Iya, kalian nggak lagi salah baca.
Gue ngedip berkali-kali buat mastiin lawan bicara Natusha. Seren. Alias mantan terindah gue.
Ini gue harus nyamperin atau lari aja?
Lari.
Iya lari.
Gue harus kabur.
"Lentera!"
Mana sempat, keburu telat.
Si empunya suara lagi ngeliatin gue dengan tatapan penuh semangat sambil melambai lambai, ngasih gestur ke gue buat nyamperin dia dan Serendy. Gue ngangguk, ngedorong troli sepelan mungkin supaya lama sampainya terus Seren bosen nunggu dan akhirnya milih pergi. Tapi nggak, jarak antara gue dan mereka nggak sejauh itu. Ditambah lagi troli ini ada rodanya, sial.
"Halo," Seren nyapa begitu gue sampai di depan mereka. Otomatis gue memasang senyum kikuk, yang memperlihatkan gue nggak nyaman berada di antara mereka.
Natusha senyum ke gue, terus masukin beberapa bahan masakan ke troli. Doi dongak lagi, "Mau ngobrol dulu nggak kalian? Kalau iya silahkan, biar gue yang megang trolinya," tawar dia dengan raut tulus tanpa ada maksud apa-apa.
Dari ujung mata gue bisa nangkap ekspresi Seren yang kayaknya mau nerima tawaran Natusha. Tapi gue nggak. Hubungan gue dan dia udah bener-bener berakhir. Nggak ada lagi yang perlu dibicarain.
"Nggak, udah selesai belum belanjanya?"
Natusha ngeliatin gue heran, tapi kemudian ngangguk. "Udah," jawab dia.
"Gih ke kasir," Kali ini gue langsung narik bahu Natusha buat jalan duluan di depan, tanpa mengindahkan kehadiran Seren. Si empunya bahu makin heran, sambil coba-coba curi pandang ke cewek di belakang gue.
Natusha berbalik badan sebentar, "Duluan ya, Seren!" Pamitnya.
Samar-samar gue denger gumam jawaban Seren atas kalimat Natusha. Tentu dengan wajah yang masih nggak rela karena gue memilih pergi ketimbang ngobrol sama dia.
"Kenapa nggak ngobrol dulu?" Tanya Natusha begitu kami berdiri di depan kasir. Tangannya cekatan mindahin barang dari troli ke meja kasir, sementara gue berdiri di sampingnya sambil ngeliatin.
Gue mengendikkan bahu, "Nggak ada yang perlu diobrolin."
Natusha ngangguk paham, nggak lagi ngebahas soal keputusan gue yang terkesan sombong dan jual mahal. "Seren cantik ya, Len?" Pujinya.
Gue ikut ngangguk. Seren emang cantik. Nggak heran Natusha aja sampe sempet terpesona sama dia. Gimana gue yang beberapa tahun lalu jadi budak cintanya? Beuh, makan salting mulu siang malem.
Gue ngerangkul bahu Natusha dari samping, sandaran disana dengan muka yang mellow banget sampe diliatin dengan tatapan aneh sama mbak-mbak kasirnya. "Jangan suruh gue pergi, Na," lirih gue pelan banget, tapi gue yakin Natusha denger.
Nggak ada balasan yang terdengar dari dia. Doi lagi sibuk transaksi sama mbak mbak kasir sambil ngebiarin gue senderan di bahunya. Sebelum akhirnya gue sadar, dompet gue ketinggalan di rumah. Bangsat banget emang hidup.
"Na," bisik gue, "Dompet gue ketinggalan jir."
Natusha langsung noleh, natap gue dengan tatapan siap makan orang. Sedangkan gue nyengir kuda biar doi luluh dan ga langsung nabok gue saat itu juga.
"Terus gimana?" Tanya dia dengan suara tercekat.
Gue ngegeleng pelan, "Gatau"
Iya, tadi ceritanya gue cuma ngebawa duit cash beberapa ratus ribu aja buat periksa. Nggak kepikiran kalau bakal mampir belanja juga. Jadi kartu ATM sekaligus dompet gue tinggal di rumah gitu aja. Tau gini kan gue bawa.
Mbak mbak kasirnya ikut noleh, ngeliatin gue horor. Tai banget, padahal beberapa saat lalu masih ngeliatin gue kesemsem.
"Kenapa kalian?"
Kali ini kita bertiga, gue, Natusha, mbak kasir, sama-sama noleh ke arah suara yang manggil barusan. Seren. Lagi ngantre juga tepat di barisan belakang gue.
Natusha senyum canggung, "Lentera lupa bawa dompetnya."
Seren terkekeh, "Nggak berubah ya kamu dari dulu?" Candanya sambil ngeluarin dompet dari dalem tas peach nya. "Pake punyaku dulu, gapapa."
Tengsin anjir.
Gue ngegeleng buat nolak bantuan dari Seren, yang akhirnya dapet tabokan dari Natusha. "Orang mau bantu malah diketusin!" Omelnya.
Gue balik badan buat jalan ke parkiran, ninggalin Natusha yang sekarang sibuk nyelesaiin pembayaran dibantu sama Seren. Sial. Sial. Sial bangettt.
Sebuah mobil box gede depan gue lewat dengan ninggalin asap dari knalpot mobilnya, tepat di depan muka gue. Rasanya sekarang gue mau makan orang. Kesel banget. Mana muka supirnya resek.
Gue duduk, di kursi yang kebetulan tersedia deket parkiran. Muka gue udah butek dekil kena asap. Tampilan gue udah mirip kayak pengemis beneran. Ditambah mood yang rusak dan bikin muka gue keliatan menyedihkan.
"Alen!" Suara Natusha yang lari mendekat kedengeran. Begitu noleh, doi lagi lari kecil kearah gue sambil bawa dua kantung besar belanjaan. "Alen!" Panggilnya lagi begitu sampai depan gue.
"Apaan?"
Bocah itu ngambil nafas dulu, ngos ngosan habis lari larian. Ngeliatin gue tajam, terus naruh tas belanjaan karena keberatan. "Lo kenapa sih menghindari Seren banget?" Tanya dia.
"Biar cepat lupa."
"Tapi nggak gitu juga!" Omelnya, "Sikap lo tuh berlebihan banget tau! Dia cuma mau bantu kok, nggak perlu dicuekin gitu."
Gue terkekeh ngeliat Natusha yang berdiri di depan gue sambil ngomel. Tangan gue spontan bertaut di pinggangnya, nyenderin kepala gue tepat di perut buletnya. Natusha kaget bentar tapi diem aja, nggak pindah posisi ataupun protes.
"Oke, Na."
KAMU SEDANG MEMBACA
Lentera : phrase of hope
General FictionTerbelenggu dalam ikatan menjijikan bernama pernikahan bukanlah sebuah hal yang Natusha cita-citakan. Harapannya untuk terbang jauh meninggalkan Indonesia guna menempuh pendidikan di negeri Paman Sam pupus begitu saja tatkala seorang pemuda brengsek...