28. Dodol

1.9K 357 50
                                    

Oi,

Ket.
Dyo udah nikah

~*~

Siang ini rasanya panas banget, Jongin sama Chanyeol pengen rebahan di dalem musholah sambil berkipas rasanya. Sayangnya gak bisa karna harus ngurusin zakat sama temen-temen panitia.

Jadi hari ini Chanyeol sama Jongin dapet jadwal jaga zakat dari siang sampe malem. Tadi pagi sampe siang udah ada jadwalnya sendiri, dan kebetulan banget mertua sama mantu itu dapet jadwal barengan di siang hari. Gak kebetulan juga sih, soalnya Chanyeol sendiri yang bikin jadwalnya. Hehe

“Keringetmu, Zar.” Chanyeol ketawa waktu lihat keringet menantunya netes sewaktu balik duduk habis dari nimbang zakat dari seorang warga.

Jongin narik tisu yang udah disediain kemudian diusapin ke keringetnya. Sumpah dah, kaosnya udah hampir basah kuyup saking banyaknya keringet yang keluar. Panasnya bener-bener membara, padahal baru setengah jam dia jaga tapi merasa sudah tak mampu.

“Ini kalo sambil minum es blewah enak banget kayanya, Pih.” Celetuk Jongin, undang gelak tawa Chanyeol sama temen-temen panitia yang jaga.

Chanyeol nabok bahu mantunya, “Kalo gak puasa juga Papih udah minum dari tadi, Zar.” Katanya sambil masih ketawa.

Jongin ngekeh, punggungnya disandarin ke sandaran kursi lalu natap lurus ke halaman perguruan yang lumayan luas. Ini udah ketiga kalinya dia dijadiin panitia zakat fitrah di sini sejak dia resmi jadi suaminya Dyo. Dan dia akuin, warga ormas yang dia ikuti di desa ini dikit banget, diitung-itung paling cuma ada dua ratus kartu keluarga dalam satu desa, gak ada dua puluh persen dibandingkan ormas sebelah.

“Zar, di Bandung enak gak?” Tanya temen panitianya, sebut aja namanya Amir.

“Ada enaknya, ada gak enaknya, Mas. Enaknya di sana lebih adem, gak enaknya sering macet.” Jongin nyengir.

“Kota besar ya, Zar, jadi sering macet.” Sahut temen panitia yang lain, namanya Pak Tirmidzi, ini bapaknya Shofi sobatnya Dyo.

Ngge, Pak. Sering banget macet, apalagi kalau waktunya pulang kerja.”

Salah seorang pemuda yang Jongin ketahui temen sekolahnya Dyo sekarang ikut nyautin, namanya Riki. “Orang Bandung katanya cantik-cantik ya, Zar. Bolehlah cariin satu buat gue biar gak jomblo.” Dia naik turunin kedua alisnya, bikin mas-mas sama bapak-bapak yang ada di sana ketawa.

Adoh-adoh goleki wedokan nang Bandung. Ndek Dadapan ra kurang.” Chanyeol ketawa sambil nepuk punggung Riki, kebetulan pemuda itu duduk di sebelahnya.

(Jauh-jauh cari cewek ke Bandung. Di Dadapan gak kurang.)

“Kalo dari sebelah ya banyak, Pak Guru, tapi yang sealiran udah habis, udah pada sold out.” Bales Riki.

“Kurang cepet kamu, Rik.” Kekeh Jongin.

“Iya, Zar. Tadinya aku mau nyepik anaknya Pak Guru Haris, istrimu itu, tapi udah mbok duluin kok, jadi urung.”

Tawa orang-orang itu kian meledak karna jawaban polosnya Riki. Chanyeol yang dari sejak masih ngajar Riki sekolah nih udah gemes pengen nempeleng mulu karna bandelnya minta ampun, sekarang jadi sasaran tabokannya. Tapi tabokannya pelan kok, gak yang beneran ngajak gelut.

Jongin lumayan kaget denger balesan Riki. Gak tau itu beneran apa cuma bercanda karna Riki nih orangnya suka banget bercanda sampe susah ngebedain tuh orang lagi serius apa kaga.

Obrolan dipenuhi gelak tawa itu terus berlanjut. Gak lama beberapa warga dateng buat bayar zakat. Jongin sama yang lain bangkit buat ngelayanin.

Sampean sinten, Nak?” Tanya pria sepuh ke Jongin yang sekarang lagi nimbang zakatnya.

Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol [Jilid 4] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang