27. Baju Baru

1.9K 340 54
                                    

Hai,

Ket.
Dyo masih kecil

Sediakan tisu atau lap ya, bisi ada yang bocor. Ehe.

~*~

Lebaran udah makin deket, namun Dyo belum punya baju baru. Tapi toh dia juga gak minta, baginya udah gak ada yang menarik untuk dunianya sejak adeknya meninggal. Mau pake baju baru atau enggak, baginya sama aja, tetep sepi, tetep hambar. Biasanya kalo dia punya baju baru, Hamzah juga pasti punya baju baru yang modelnya serupa kaya punya dia.

Dia bengong lama di dipan halaman belakang, natap hamparan di depannya yang lenggang, cuma ada ayam-ayam punya tetangga yang kebetulan lagi ngelabar cari makan. Aroma masakan dari dapur rumahnya sama dapur punya tetangga kecium hidung, tapi itu gak bikin Dyo merasa lapar.

Puasa tahun ini rasanya cukup berat buat Dyo. Dia belum terbiasa dengan kesendirian ini, dia masih terbayang-bayang kehadiran Hamzah tiap mau sahur maupun buka. Terkadang dia sampe gak mau ikut sahur karna gak mau ngerasain perasaan gak nyaman yang selalu dia rasain. Dia gak mau nangis dan bikin dadanya sesek karena terlalu sering nahan rindu.

Kemaren baru aja selesai kegiatan darul arqam selama lima hari. Temen-temennya pada pamer habis dibeliin baju baru sama orang tua mereka, malah ada yang sampe dibawa ke asrama. Dyo cuma ngelihatin tanpa minat dan ngalihin perhatiannya ke manapun.

Tanpa sadar air mata Dyo netes. Buru-buru dia usap sebelum ada yang lihat. Dia turun dari dipan terus nyamperin Baekhyun yang lagi masak. Wajah sedih yang sempat melekat itu Dyo buang jauh.

“Mamih,” panggilnya sembari duduk di depan cobek si mamih. Senyum gemesnya tersimpul indah.

Baekhyun ngedongak lalu bales senyuman anaknya.

“Halo, Sayang. Dari mana?” Tanya Baekhyun habis itu fokus ngiris rempah-rempah yang bakal dia ulek.

“Dari belakang, lihatin ayam.” Jawab Dyo, telunjuknya nunjuk ke luar. “Mamih masak apa? Nanti bukanya pake apa?”

“Katanya Mamas pengen maem udang, jadi Mamih beliin udang. Nanti dikuah asem.” Baekhyun nyengir, dilanjut noel gemes hidung anaknya.

Dyo ikutan nyengir, matanya ngelirik ke udang yang lagi direndem sama Baekhyun. Dia suka udang. Adeknya juga suka udang. Biasanya Baekhyun suka nyisihin udang yang belum dibumbuhin buat Hamzah karna Hamzah gak suka pedes. Kadang Dyo harus rebutan udang sama adeknya kalo udangnya tinggal dikit.

Sekarang walau udangnya tinggal dikit, gak akan ada yang ngerebut udangnya lagi.

“Mamas,” panggil Baekhyun.

“Dalem?” Dyo ngedongak.

“Papih sama Mamih kemaren habis dapet gaji sama THR dari sekolah. Besok kita beli baju baru ya?” Senyum Baekhyun ngembang lebar, ada kebahagiaan dalam senyuman itu karna akhirnya dia bisa beliin anaknya baju baru tanpa anaknya minta dulu.

Dyo gak langsung jawab, dia tatap lama wajah ibunya. Dia pengen bilang dia gak pengen beli baju baru, dia gak berhasrat pake baju baru. Tapi lihat binar bahagia tercetak jelas di mata ibunya, Dyo gak kuasa buat nolak.

Mamas ngangguk, senyum yang dipaksakan itu tertoreh kembali.

“Ayo, Mamih. Mamih sama Papih juga beli kan?” Tanya dia kemudian.

“Mamih sama Papih udah punya. Ini tinggal punyanya Mamas.” Jawab Baekhyun.

Kening Dyo ngerut, “Udah punya? Papih sama Mamih kapan belinya?”

“Kemaren Papih dibeliin temennya. Mamas gak usah khawatir, nanti kita semua pake baju baru.”

Dyo gak mau kebanyakan nanya maupun protes, dia iyain aja habis itu lihatin Baekhyun masak.

Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol [Jilid 4] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang