03. Bola Kasti

2.1K 371 52
                                    

Ket.
Masa kecil Dyo

~*~

Dyo nguap lebar banget, rasanya masih ngantuk padahal udah tidur dari siang. Dia lagi di dipan belakang, bengong-bengong aja lihatin halaman belakang yang legang. Tumbenan gitu halamannya kosong, biasanya rame banget sama bocil main.

Aroma masakan Baekhyun kecium, buat matanya terpejam saking wanginya. Tadi pas dia lihat sih Mamih lagi masak asem kol sama ikan pindang. Sederhana aja sih, tapi udah bisa bikin Dyo ngiler karna itu termasuk menu masakan kesukaannya.

Lagi enak bengong tiba-tiba ada yang ngejawil kakinya dari bawah. Dyo berjengit kaget karna kaga ada suara, kaga ada yang lewat juga kok tiba-tiba ada sesuatu yang jawil-jawil kaki.

"Apa nih?!" Serunya sambil noleh ke bawah, "Ya Allah bocah cilik, hahaha...." tambahnya begitu dia lihat ternyata yang jawil-jawil adeknya.

Itu Sehun. Bocah dua tahun itu nyengir ke abangnya sambil ngerentangin tangan. Dyo paham, jadinya dia angkat adeknya buat naik ke atas dipan.

"Kirain masih tidur." Kata Dyo, keinget pas tadi dia sholat Ashar adeknya masih anteng melungker di depan tv.

Sehun geleng, "Dak idun."

(Gak tidur)

Dyo manggut aja terus diem lagi. Dua-duanya malah jadi bengong lihatin ayam-ayamnya Pakdhe Dae kejar-kejaran.

"Zam!" Seseorang berseru, buat Dyo sama Sehun yang lagi bengong langsung noleh ke sumber suara.

Ternyata Mas Hanif.

"Main kasti ayo, temen-temen udah ngumpul di halaman Mbah Wat." Ajak remaja tinggi itu.

Wajah Dyo langsung semringah, tanpa pikir panjang dia manggut dan segera bangkit dari duduknya.

"Ayo, Mas!"

Mas Hanif datang mendekat buat nyolek pipi tembemnya Sehun. Si adek ngedongak natap ke abangnya yang udah siap pergi.

"Amath andi?" Tanya dia.

(Amas nandi?/Mamas kemana?)

"Mamas mau main. Abil di rumah aja, nanti dicariin Mamih." Jawab Dyo.

Tapi Sehun geleng, dia narik tangannya Dyo sambil bibirnya cemberut dan matanya berkaca-kaca. Gak mau ditinggal ceritanya.

"Di rumah aja, Mamas mau main kasti, nanti kepala Abil kena bola kasti. Sakit."

Sehun masih tetep geleng, pokoknya dia harus ikut.

"Udah ajak aja, Zam. Kasian." Kata Mas Hanif.

Akhirnya dengan berat hati Dyo manggut. Dia turunin adeknya dari atas dipan kemudian digandeng tangannya.

"Yaudah, ayo." Katanya.

Sehun ketawa kegirangan, seneng dia.

Mas Hanif pergi duluan buat manggil Mas Akhdan, sementara itu Dyo sama Sehun jalan ke dapur mau minta izin ke Baekhyun.

"Mamih, mau main di Mbah Wat. Si Kubil ikut juga." Mamas ngayunin gandengan tangannya sama Sehun.

Baekhyun noleh dari acara goreng ikannya.

"Oh iya sana." Balesnya, "Adek jangan jauh-jauh dari Mamas ya." Tambahnya sambil natap anak bontotnya.

"OTE!" Sehun berseru, nunjukin ibu jari kecilnya ke Mamih.

Baekhyun ketawa gemes, sebelum anaknya berlalu, dia sempetin buat nyubit pipi Sehun dulu. Setelah itu baru deh Dyo berangkat ke halaman rumahnya Mbah Wat. Dia gandeng tangan adeknya sepanjang jalan. Karna Sehun jalannya masih pelan, maklum masih kecil kakinya pendek, jadinya Dyo juga ikut melanin jalannya. Mau dia gendong tapi dia males.

Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol [Jilid 4] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang