Special Chapter - Lebaran

2.5K 363 126
                                    

Oi,

Maaf ya gaes karna menunggu lama hehe...

~*~

Pagi ini langit lagi teduh, gak begitu panas tapi juga gak mendung, mendukung orang-orang buat bersilaturahmi ke rumah-rumah tetangga dan sodara. Tapi keluarga Chanyeol belum mau keluar dulu, habis dari lapangan mereka pilih buat makan dulu sebelum keliling ke rumah para tetangga.

Dan tentunya sungkeman sama keluarga sendiri dulu dong.

Sehun, Alif, sama Aca waktu balik dari lapangan langsung lari ke dapur buat makan. Mereka udah berjejer di depan meja, ngantri buat ngiris ketupat. Nah yang kebagian ngirisin ketupatnya si Mamas. Tadinya Dyo mau ngirisin buat Jongin, tapi para bocil udah berjajar sambil ngangkat piring masing-masing.

“Aca mau kupat yang kicil!” Seru Aca semangat, dia inget semalem Mbah Sri kasih dia tiga kupat kecil-kecil khusus buat dia, katanya biar Aca semangat makannya, soalnya kalo dikasih yang besar biasanya Aca gak begitu suka. Gak lucu katanya.

“Alif mau yang jekikrek!” Alif ikut berseru sambil nunjuk betupat bentuk burung.

“Sehun yang apa aja deh, yang penting ada isinya.” Sahut Sehun.

Dyo ketawa, muka adeknya yang paling gedhe ini kelihatan lempeng banget. Dia jadi inget dulu yang paling semangat tiap kali lebaran pasti si Sehun, makan kupat segala mau pake piring bunga, kupat kecil, lauk ikan bermacem-macem diserok semua.

“Ini kupat kecilnya buat Aca.” Kata Dyo sembari ngiris ketupat kecil punya Aca jadi dua bagian kemudian ditaruh di piring adeknya yang juga kecil. Itu piring emang khusus buat Aca, kecil. Si Didi ini emang suka yang kecil mini menggemaskan.

Aca cekikikan habis itu bilang makasih kemudian berlalu buat ambil kuah.

Selanjutnya Alif, bokongnya goyang-goyang waktu Dyo ngiris ketupat bentuk burungnya. “Mau separuh dulu aja, Mamas, separuhnya nanti lagi.” Katanya.

“Oh, oke.” Dyo taruh separuh aja bagian ketupatnya di atas piring Alif lalu nyimpen separuhnya lagi di baskom.

Alif berlalu nyusul adeknya ke dapur yang masih berdiri mematung karna gak nyampe mau ambil kuahnya sendiri.

“Kubil mau yang apa?” Sekarang gilirannya Sehun.

“Apa aja deh, Mamas.” Jawab si adek.

Mamas nyari ketupat dengan kulit paling bagus dan cerah, dia inget adeknya ini suka yang modelnya kaya gitu. Yang gak begitu besar, tapi juga gak kecil.

“Oke, yang ini.” Seru Dyo waktu dapet ketupat sesuai kriteria yang dia sebutin. Dia iris ketupatnya jadi dua terus kedua belahannya ditaruh di atas piring Sehun. “Harus habis.” Tambahnya.

Sehun kedip-kedip habis itu nyengir dan kasih kecupan di pipi Dyo.

“Hehehe, makasih, Mamas.”

Dyo nyubit pinggang adeknya, “Idih genit banget. Sana-sana!”

Sehun ketawa, dia berlalu sambil ngusap cubitan abangnya yang gak begitu sakit itu. Sampe di dapur dia lihat dua adeknya yang cuma berdiri depan kompor.

“Kenapa gak ngambil kuah?” Tanya dia.

Alif sama Aca kompak ngelirik ke dia, “Ndak nyampek gimana mau ambil?” Kata Alif, sinis banget lirikannya.

“Abin ambilin, Aca sama Kakak Alif ndak bisa ambil. Kakinya pendek.” Sahut Aca.

Sehun ngekeh kemudian naruh piringnya di atas meja porselen dapur. Dia ambil dulu piringnya Aca.

Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol [Jilid 4] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang