15. Bocil

1.9K 335 67
                                    

Aca dapet barang baru lagi, kali ini bukan keong, tapi ikan cupang. Sekali lagi dia nyamperin abangnya di kelas, ngedap-ngendap sambil berdesis manggil Alif.

Alif noleh, lihat adeknya ngelambai-lambai ke arahnya minta dia buat dateng.

"Apa lagi?" Tanya dia, kelihatan agak jengah soalnya si Aca nih ada aja yang dibawa ke dia buat ditunjukin.

Aca nyengir sambil nunjukin ikan cupang yang baru dia beli dari Wak Gus. Tapi cupangnya cuma ada satu.

"Aca bili ikan petalung." Jawab Aca, senyumnya ngembang lebar, bikin gigi kecilnya yang keropos karna kebanyakan makan manis terlihat.

"Kok cuma beli satu? Aku gak dibeliin juga?" Yang lebih tua protes.

Si didi cemberut, sebelah tangannya ngerogoh saku terus ngasih lihat sisa duit jajannya yang tinggal lima ratus perak.

"Ndak bisa bili dua, Kakak Alif, uangna Aca ndak cukup." Jawab dia.

Alif gak serius pengen dibeliin sih, dia cuma godain adeknya aja karna biasanya si Aca kalo beli apa-apa pasti beliin Alif juga. Tapi berhubung si cupang nih harganya emang lumayan mahal ketimbang ikan hias biasa, jadi ya maklum aja, toh Alif juga bisa beli sendiri.

"Terus nanti ikannya mau ditaroh mana? Kan gak punya wadah. Masa ditaruh baskom." Kata Alif, ngelihat ikan cupang Aca yang ada di dalem plastik.

"Kan bisa ditaluh kulam. Di bilakang lumah kan ada kulam. Yang dibuatin Papih itu tuh." Jawab Aca, keinget kolam ikan kecil terbengkalai buatan si Papih Haris Hendrawan di ramadhan tahun lalu.

Alif ngerutin hidung, bentuk kolam kecil buatan bapaknya tuh udah gak bisa dibilang layak huni buat ikan soalnya udah lama kosong gak ada ikannya. Palingan sekarang udah jadi sarang kecebong sama anakan kecoa.

"Kotor, Ca. Lagian ikannya cuma satu, masa ditaruh di kolam sendirian." Komentar si kakak.

"Makana Kakak Alif bili ikan yang banyak, yang kicil-kicil walna kuning tua itulooh bial jadi banyak." Bales si bocil, terlihat sangat antusias ingin mengisi kembali kolam ikannya.

Muka Alif datar denger nama warna yang disebutin adeknya.

"Oren, bukan kuning tua." Koreksinya.

"Iya itulah pukoknya. Telus nanti minta Papih ambil ikan lele di jublang, bial tambah lame." Cengiran Aca makin lebar, ngebayangin kolam ikannya rame ikan.

Alif gemes banget pengen ngusap muka adeknya ini.

"Kalo dikasih ikan lele nanti ikan kecilnya mati dimaem ikan lele." Katanya.

"Masa iya?"

"IYAAAAA!!"

"Oh. Ndak usah dikasih ikan lele kalu begitu."

Hadeh. Sabar, Alif, sabar lagi puasa. Gak boleh nyubit Aca di sekolah, nanti dimarahin Pak Guru. Nyubitnya di rumah aja pas Mamih ke pasar.

"Udah sana balik ke kelas, aku masih ada gurunya loh." Alif dorong adeknya.

Aca balik badan dikit walau didorong sama kakaknya.

"Nanti Kakak Alif bili ikan benelan kan?" Tanya dia.

Alif manggut aja, "Iya."

"Ikan kuning tua kan?"

"Ikan ijo. Udah ah sana."

Aca cengengesan habis itu lari ninggalin kelas Alif setelah dadah-dadah.

Alif lihatin adeknya bentar habis itu balik ke bangkunya. Perasaan dulu si Aca anaknya pendiem banget, suka malu-malu dan gak banyak tingkah. Terus kenapa sekarang tuh anak jadi absurd begini dah? Ada aja kelakuannya yang bikin Alif speechless.

Ramadhan Keluarga Pak Chanyeol [Jilid 4] ✔Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang