14.villa

293 71 2
                                    

BRAKKK

Tama meletakan bak dengan dibanting yang berisikan cucian yang tinggal di jemur, Mba Sari lagi cuti seminggu, makanya Tama disuruh balik ke rumah buat nemenin Rita. Contohnya kayak sekarang ini, Tama disuruh Rita buat jemurin baju, padahal sebelumnya Tama abis nguras kolam ikan sama bersihin kandang burung, Mang Ujang mau bantuin Tama sih tapi sama Rita gak dibolehin, yang berakhir Tama ngerjain semuanya sambil cemberut.

Kadang Rita suka mau ketawa aja kalau lihat Tama lagi begitu, keinget jaman anaknya masih SD SMP, yang dikit dikit manggilnya Ibu apa apa Ibu minta ini itu Ibu, semua muanya harus sama Ibu, sekarang Tama udah gede udah bisa nyari duit sendiri dan Tama udah gak bisa kayak dulu lagi yang apa apa harus serba Ibunya.

"Tama, Ibu minta tolong boleh nggak, nanti bikinin Mang Ujang kopi item ya!!" seru Rita dari teras rumah saat tahu anaknya sedang menjemur baju.

"Iyaaa Ibuuuu."

"Awas jangan sampe keliru, Mang Ujang kopi item, nanti kamu ambilnya kopi susu lagi. Berabe ntar pegawai gue perutnya sakit."

Tama menghela napasnya, kenapa ya Ibunya ini gak percayaan banget sama anaknya, iya sih Tama emang suka keliru, tapi kalau soal kopi Mang Ujang mah sambil merem juga Tama udah khatam.

"Iya Ibu tercinta."

"Oke deh anak gue yang paling ganteng, saranghaeyo!!!" ucapnya sambil memberikan love sign ala korea yang membuat Tama bergidik ngeri melihat tingkah laku Ibunya barusan.

"Nanti kalo udah selesai—"

"Iya Ibuuuu, nanti Tama beresin semuanya, mending Ibu tidur aja deh sana, makan kek, apa nyebat kek, apa ngapain kek." sautnya makin menekuk mukanya, bukanya keliatan serem malah keliatan lucu di mata Rita.

"Lagian ngapain tau tumben banget jemur baju di halaman rumah, biar tetangga liat apa gimana." ujar Tama ngedumel sendirian.

Mang Ujang baru aja selesai benerin pintu rooftop yang rusak, ia menghampiri Tama yang lagi jemurin baju.

"Mas Tama, kata Ibu Rita Mas suruh buatin saya kopi ya?" tanya Mang Ujan sopan pada Tama.

Tama menolehkan kepalanya dan tersenyum menanggapi Mang Ujang. "Iya Mang, nanti saya buatkan ya, tapi saya mau selesaiin jemur bajunya dulu, Mang Ujang gapapa nunggu?"

"Gapapa atuh Mas Tama, Mang Ujang malah nggak enak sama Mas Tama jadi bikinin kopi segala."

Tama menggelengkan kepalanya. "Gapapa Mang Ujang, sama saya mah santai aja. Bentar ya Mang saya kelarin dulu, nggak lama kok."

"Siap Mas Tama."

*****

"Oke darling, nanti Tante kabarin lagi ya, bye!!" Rita mengakhiri sambungan telfonya dan melipat kembali ponselnya.

Tama yang baru dari luar abis beli bakso cuanki penasaran sama Ibunya abis telfonan sama siapa, gak biasanya nyebut dirinya Tante kecuali sama........

"Siapa Bu?" tanya Tama berdiri dibelakang Rita, membuat wanita tersebut terlonjak kaget.

"Yaampun! Ngagetin aja lo ah, udah tau ibunya kagetan, ini anaknya udah kayak setan aja muncul dimana-mana." Rita mengusap dadanya.

"Beli apa itu." matanya melirik pada kresek putih yang berada pada genggaman Tama.

"Bakso Cuanki tadi lewat depan rumah."

coeur de papierTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang