P
Pagi telah tiba di atas langit adjajaran di wisma ksatria padajajran wisma Raden kian Santang nampak sepi tidak ada penjagaan disana hanya
terdengar suara lantunan ayat suci Al-Qur'an, tidak lama kemudian datanglah tiga emban datang dan mengetuk pintu wisma sang Raden.Skip- wisma Raden kian Santang.
Tok
Tok
Tok(Siapa disana) ... Ucap Raden kian Santang dari dalam wisma.
Emban : ini kami emban Raden,
Mohon maaf Raden,... Raden sudah di tunggu oleh keluarga kerajaan di ruang perjamuan untuk sarapan pagi bersama ...( Baiklah aku segera kesana) ... Ucap Raden kian Santang.
Dan para emban pun pergi meninggalkan wisma Raden kian Santang.
DALAM WISMA RADEN KIAN SANTANG.
"Sebaik aku segera bergegas keruang perjamuan "... Ucap Raden kian Santang.
Skip - ruang perjamuan istan
Raden kian Santang sudah berada di ruang perjamuan dapat dilihat nya jika semua anggota keluarga nya sudah menunggu dirinya.
"Assalamu'alaikum,sampurasun ibunda,Raka,Rayi prabu"salam Raden kian Santang.
"Rampes putraku, Rayi,Raka".....
"Putraku,kau sudah sehat nak?... Ibunda Subang larang...
"Alhamdulillah,ibunda ananda sudah lebih baik ibunda."Jawa Raden kian Santang.
"Baiklah,ibunda, Raka Rayi, sebelum sarapan kita mulai aku ingin memberi tahu pada kalian setelah ini aku ingin kalian semua berkumpul di Balairung, untuk membicarakan calon Senopati agung Padjajaran" ucap prabu Surawisesa.
Semua yang ada di ruang perjamuan
Mengangguk paham."Baiklah putraku kami akan ke Balairung setelah ini" ucap ibunda ambet kasih.
Skip - Balairung istana.
Setelah sarapan pagi tadi semua anggota keluarga serta Patih sindurana dan para abdi dan punggawa sudah berkumpul di Balairung istana.
"Aku mengumpulkan kalian semua untuk membicarakan siapa yang pantas dan sanggup menjadi Senopati agung Padjajaran, paman punggawa adalah calon yang ingin kalian tunjuk.
Punggawa 1: mohon ampun Gusti prabu kami dan resi asta gina serta para abdi Padjajaran sepakat memilih Raden abikara sebagai Senopati agung Padjajaran,
"Apa alasan paman punggawa memiliki Raka Abikara sebagai Senopati agung Padjajaran.?... Prabu Surawisesa.
Punggawa 2 : alasan kami adalah,...
Raden abikara lebih mampu melindungi padajajran dari musuh Gusti prabu,dan juga Raden abikara ilmu Kanuragan nya setara dengan Raden kian Santang juga prabu Siliwangi."Raka,... Lalu bagaimana dengan kalian para rakaku apa kalian setuju jika Raka Abikara menjabat sebagai Senopati agung Padjajaran?... Prabu Surawisesa.
"Mohon maaf. ,Rayi prabu kami sebagai Raka kalian sangat setuju jika Rayi abikara dinobatkan menjadi Senopati Padjajaran karena memang benar Rayi abikara sanagt mampu melindungi padajajran Rayi prabu" ucap Raden gagak gampar yang di angguki semua yang hadir di Balairung termasuk Raden kian Santang yang duduk disampingnya Rakanya Abikara.
"Raka Abikara apa kau bersedia menjadi Senopati agung Padjajaran Raka"?... Prabu Surawisesa.
Raden Abikara menghela nafasnya dalam dalam Seraya berkata.
"Paman punggawa dan Rayi prabu di antara saudara mu kenapa kalian memiliki diriku sebagai Senopati agung Padjajaran?... Abikara.
"Bukankah sudah jelas apa yang di katakan paman punggawa tadi Raka.
"Ucap prabu Surawisesa."Ibunda,... Apa kau mengijinkan putra mu ini mengemban tanggung jawab sebagai Senopati agung Padjajaran ibunda"?.. Raden abikara pada ibunda nya, ibunda ratu Subang larang.
"Rayi,ijinkanlah putra kita Nanda abikara mengambil tugas itu untuk kebaikan Padjajaran juga kita semua.
Ucap ibunda ratu ambet kasih."Baiklah putra ku,... Ibunda merestui dirimu mengambil tugas itu tapi berjanjilah kau akan membantu Rayi mu,.. prabu Surawisesa dalam tugasnya ,juga melindungi saudara mu yang lain terutama rayimu kian Santang"ucap ibunda ratu subang larang.
"Aku berjanji ibunda,.. baiklah rayih prabu aku bersedia menjadi Senopati agung Padjajaran"ucap Raden Abikara.
"Baiklah Raka ,... Sekarang majulah ke hadapan ku" ucap prabu Surawisesa
Raden Abikara turun dan maju kedepan singgasana prabu Surawisesa.
"Baiklah dengan ini aku nyatakan Raka Abikara,... Sebagai Senopati agung Padjajaran yang baru Mengantikan Senopati terdahulu yang sudah mangkat dari tugasnya.. Raka Abikara berjanjilah kau akan setia pada Padjajaran dan keluarga mu Raka" ucap prabu Surawisesa.
"Aku abikara bersumpah akan setia pada Padjajaran dan akan melindungi semua keluargaku (termasuk Rayiku ,.. rayih kian Santang) ".. sumpah Raden Abikara.
Raden kian Santang.
Aku bahagia Raka abikara mengambil tugas itu,tapi apa dengan ini keamanan terhadap diriku akan semakin di perketat... Batin Raden kian Santang.
"Rayih kau kenapa ,... Kenapa yunda perhatikan kau nampak lesu Rayi" tanya.
"Hufff,... Yunda apa menurut yunda setelah ini adikmu ini akan bebas keluar masuk istana yunda ... Lihatlah dua orang disana yunda"ucap Raden kian Santang yang sedang lesu karena dirinya tau sebentar lagi diri nya akan sangat jarang keluar istana dan terkurung di dalam istana.
Rara Santang yang mendengar gumaman rayinya pun terkekeh melihat wajah frustasi rayinya .
"Sabarlah rayih yunda tau kau sangat suka berada di luar istana tapi sekarang kau lihat kan,... Jadi rayih ku yang manis ini jangan sedih ya"ejek nyimas Rara Santang.
"Yunda mengejekku ya"ucap Raden kian Santang.
"Khe khe khe ,.. bukan mengejek Rayih ku sayang hmm sudah seperti nya penobatan sudah usai kau mau ketaman atau kembali ke wismamu Rayih"ucap nyimas Rara Santang.
Hmmm,.. yunda ada ada saja ".. batin Raden kian Santang.
"Hufff,... Aku mau kemana ya ,.. seperti nya aku mau ke arena pacuan kuda sekalian berkuda yunda ",ucap Raden kian Santang.
"Iya , Rayih semoga Rayi prabu dan Senopati agung Padjajaran tidak ngamuk mencari mu Rayih" goda nyimas Rara Santang.
YUNDAAAAAAA...
dan dibalas tawa oleh Yunda nya yang di tatap bingung semua anggota keluarga nya.
T. B. C.
KAMU SEDANG MEMBACA
Darah Suci Raden Kian Santang
FanficIni adalah kisah seorang pangeran yang memiliki darah suci yang selalu menjadi Incaran para golongan hitam, yang membuat prabu Siliwangi dan para ibunda ratu melindungi nya termasuk para raka dan Rayi nya Lalu bagaimana cara prabu Siliwangi dan par...