1. Ikan Perunggu dengan Alis Ular

224 7 5
                                    

Tutup kotak perlahan terbuka. Di dalamnya hanya ada ruang untuk benda yang tidak lebih besar dari ibu jariku, dan isi kotak itu hanya seukuran ikan perunggu kecil.

Aku menggenggamnya di tanganku. Ikannya terlihat sangat biasa, namun pengerjaannya sangat indah, terutama alis ikannya yang dibuat menyerupai ular.

Sanshu kembali dengan obor las di tangan. Terkejut melihat kotak itu terbuka, dia bertanya, "Bagaimana kamu bisa melakukan itu?"

Aku memberi tahunya tentang nomor kata sandinya dan dia mengerutkan kening. "Ini semakin membingungkan. Siapa sebenarnya orang asing itu?" Dia mengambil ikan perunggu itu, dan wajahnya muram. "Ah! Aku punya salah satunya- itu Ikan Perunggu dengan Alis Ular!"

Dia mengambil sesuatu dari sakunya dan menyerahkannya kepadaku. Aku melihatnya dan ternyata itu juga seekor ikan perunggu kecil yang mungil. Ukurannya juga sebesar ibu jariku, alisnya berbentuk seperti ular, dan pengerjaannya luar biasa.
Setiap sisik terakhir pada tubuh mungilnya halus dan halus. Itu pasti berasal dari tempat yang sama dengan yang ada di dalam kotak emas berenamel ungu.

Satu-satunya kekurangan pada ikan kecil yang cantik ini adalah di antara sisik-sisiknya yang kecil, hampir tertanam serpihan pasir putih yang tampak seperti potongan jeruk nipis. Aku yakin aku tahu di mana benda ini ditemukan, tapi yang pasti, aku bertanya pada pamanku, "Apakah ini harta karun laut? Apakah kamu pernah merampok makam bawah laut?"

Sanshu mengangguk dan aku merasa terkejut. Harta karun laut adalah barang antik yang dikeruk dari laut, biasanya berupa potongan porselen putih dan biru. Jauh lebih mudah menemukan harta karun di lautan daripada di darat, karena harta karun sering kali tergeletak di dasar laut. Namun karena adanya organisme mikroskopis yang hidup di lautan, banyak dari potongan-potongan tersebut dilapisi dengan lapisan kotoran putih seperti abu yang sangat sulit untuk dihilangkan dan membuatnya kurang berharga. Dan pamanku, aku tahu, tidak tertarik untuk mengejar sesuatu yang tidak terlalu berharga.

"Hanya sekali," jawab pamanku, "dan kuharap aku tidak pernah melakukannya. Kalau saja aku bisa kembali ke masa lalu dan mengubah keputusan itu, aku akan menikah dengan bahagia sekarang dengan satu-satunya wanita yang kuinginkan sebagai istriku. isteriku, dan mempunyai anak-anak yang akan merawatku pada hari tuaku."

Aku sudah banyak mendengar tentang cinta pamanku yang hilang-seorang wanita luar biasa yang ditemuinya saat mereka berdua sedang merampok kuburan. Namanya Wen-Jin, seorang wanita anggun dan pendiam dari utara Tiongkok, seorang mahasiswa arkeologi yang sangat sopan dan cantik sehingga tak seorang pun akan mengira bagaimana dia mencari nafkah.

Wen-Jin dan Paman Tiga adalah tim yang tidak terpisahkan selama lima tahun, baik secara romantis maupun profesional. Lalu suatu hari, Wen-Jin menghilang. Yang kutahu hanyalah telah terjadi kecelakaan fatal saat dia memasuki kuburan.

Aku baru berusia beberapa tahun ketika hal ini terjadi tetapi aku masih ingat Sanshu duduk diam selama sekitar satu minggu, berduka dan patah hati, perlahan-lahan kembali ke dirinya yang penuh semangat. Sekarang setelah dia mengangkat topik itu, aku ingin tahu lebih banyak tentang ceritanya, tapi, karena enggan mengorek ingatan pribadi pamanku, aku hanya bertanya, "Ketika Wen-Jin mengalami kecelakaan itu, apakah itu di kuburan bawah laut? "

Sanshu menghela nafas dan berkata, "Kami berdua masih sangat muda. Aku kenal beberapa teman sekelas arkeologinya yang tidak tahu apa-apa tentang pekerjaanku. Aku tidak berusaha menyembunyikan perampokan kuburku dari mereka dan kami semua akur, cukup baik. Ketika mereka berbicara tentang pergi ke pulau Xisha di Laut Cina Selatan dalam ekspedisi arkeologi untuk mencari bangkai kapal, aku memutuskan untuk ikut juga. Aku tidak tahu," dia terdiam sesaat, seolah dia tidak ingin mengakui apa yang hendak dia katakan, "Aku tidak tahu kalau mendapatkan harta karun bawah laut itu sangat berbahaya."

Meskipun Sanshu adalah perampok kuburan laut yang tidak berpengalaman, dia bertekad untuk menemani Wen-Jin dalam petualangan ini dan dia berbohong dengan sangat meyakinkan tentang pengalaman mistis baharinya sehingga dia diizinkan untuk bergabung dalam ekspedisi tersebut.
Rombongan mahasiswa menyewa dua perahu nelayan dan berlayar menuju Xisha dan sisi barat terumbu karang. Ini adalah salah satu jalur paling berbahaya dalam Jalur Sutra maritim bersejarah, tempat banyak kapal tenggelam. Ketika Sanshu turun untuk melihat, dia tertegun. Pecahan pecahan porselen biru dan putih menutupi dasar laut, berserakan saat kapal tenggelam dan pecah berkeping-keping.

Kelompok tersebut menyelam di bawah air selama beberapa hari dan mengumpulkan keranjang demi keranjang pecahan porselen. Sanshu pandai mengidentifikasi berbagai jenis porselen; dia, bagaimanapun juga adalah seorang perampok besar. Dia dapat dengan mudah mengambil pecahan biru dan putih dan membicarakannya selama setengah hari, dan ini menjadikannya pemimpin tidak resmi ekspedisi tersebut. Para siswa memanggilnya Kapten Wu Sanxing, dan Sanshu mulai merasa sombong, mementingkan diri sendiri, dan memegang kendali.

Pada hari keempat, salah satu laki-laki mendayung perahu jauh ke laut dan tidak kembali saat malam tiba. Karena khawatir, rombongan mulai mencari dan menemukan kayaknya di karang sekitar dua kilometer jauhnya. Teman mereka tidak terlihat.

"Ada yang tidak beres," kata pamanku. "Mungkin dia terjun untuk menjelajah sendiri dan mengalami kecelakaan." Segera meraih peralatan menyelamnya sendiri, Sanshu terjun ke laut untuk menyelidikinya.

Sekitar tengah malam ia menemukan jasad lelaki yang hilang itu, salah satu kakinya tertancap erat di celah terumbu karang. Dia menarik mayat itu ke permukaan air dan melihat sesuatu tergenggam di tangan kiri orang yang meninggal itu. Sambil membuka jari-jarinya, pamanku menemukan seekor ikan perunggu kecil yang dibuat dengan rumit dan memiliki alis ular.
Sementara semua orang berduka atas kematian teman mereka, Sanshu memutuskan mungkin ada sesuatu yang berharga di bawah air tempat mayat itu ditemukan.
Mungkin saat melihat-lihat bersama anggota kelompok lainnya pada hari sebelumnya, orang yang meninggal itu melihat sesuatu yang ingin dia simpan untuk dirinya sendiri.
Kembali sendirian saat kegelapan turun, dia menemukan kematian, bukan harta karun, tapi ada ikan yang dia genggam di jari-jarinya yang mati. Itu artinya dia telah menemukan sesuatu yang berharga sebelum dia kehilangan nyawanya.

Keesokan paginya, Sanshu memberikan versi skenarionya yang telah dirombak, berhati-hati agar tidak mencoreng reputasi orang yang meninggal itu. "Teman kita yang sudah meninggal jelas bekerja lembur demi memberi manfaat bagi tim kami dan dia telah membayar dedikasinya dengan nyawanya," dia mengumumkan kepada grup. "Tetapi sepertinya sebelum dia meninggal, dia menemukan sesuatu yang berharga. Dia menukar nyawanya sendiri dengan Ikan Perunggu dengan Alis Ular yang sekarang kita miliki sebagai bukti penemuan yang mungkin lebih besar, jadi kita harus melanjutkan upayanya untuk menghormati dan mengingatnya."

Pidatonya menyemangati tim untuk melanjutkan ekspedisi meskipun dalam kesedihan dan mereka kembali ke tempat di mana mereka menemukan jenazah temannya. Setelah melakukan pencarian menyeluruh di bawah air, mereka menemukan empat puluh jangkar batu raksasa tergeletak di dasar laut, semuanya memiliki ukuran dan bentuk yang sama dan diukir dengan teks kuno yang tidak dapat dibaca oleh siapa pun.

Sanshu berspekulasi bahwa jangkar-jangkar ini mungkin berasal dari empat puluh kapal yang hilang, semuanya berukuran sama atau mungkin semuanya berasal dari satu kapal besar. Karena rasanya tidak masuk akal kalau empat puluh kapal yang sama bisa tenggelam di tempat yang sama, dia yakin pasti ada sebuah kapal besar yang tenggelam di suatu tempat di daerah itu, begitu besarnya hingga memerlukan empat puluh jangkar agar kapal itu tidak bisa bergerak.

Dengan pengetahuannya tentang sejarah, pamanku merasa dia memenuhi syarat untuk membuat tebakan liar. Ketika dia dan timnya kembali ke permukaan laut, dia bergumam kepada Wen-Jin, "Sepertinya ada makam yang terkubur di dasar laut ini."

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang