Tidak ada tempat untuk bersembunyi dari derasnya anak panah yang melesat melalui koridor. Aku melihat sekilas si Gendut, yang punggungnya ditumbuhi anak panah seperti batang dupa yang ditanam di pembakar dupa. Untuk beberapa alasan, dia sepertinya tidak kesakitan dan aku yakin dia pasti mati rasa karena syok.
Aku menatapnya sambil memikirkan novel-novel yang pernah kubaca tentang orang-orang yang ditembak dengan begitu banyak anak panah sehingga tampak seperti landak. Begitukah penampilan kami saat orang menemukan mayat kami di makam ini? Dan betapa gilanya mati di kuburan orang lain! Aku mengutuk Sanshu lebih keras dari sebelumnya.
Aku merasakan diriku tersentak ke depan ketika seseorang menangkapku. Aku lega melihat itu adalah A Ning, sampai aku melihat ekspresi dingin dan mengancam di wajahnya. Aku menarik diri darinya tapi sebelum aku melepaskan diri, dia menekan selangkanganku dengan lututnya dan seluruh kekuatanku terkuras oleh penderitaan yang luar biasa.
Dia mendorongku di depannya menuju pintu tengah yang besar. Anak panah menembus tubuhku dan aku berpikir Sial! Dia mengubahku menjadi perisai manusianya.
(Wkwkwkwk.. Kasihan Wu Xie, tapi ini lucu. Zhang Qiling, selamatkan kekasihmu!! 😆)
Aku sudah pernah mempertaruhkan nyawaku secara sukarela untuk wanita ini dan itu sepertinya membuatnya merasa bahwa aku rela menjadi korban untuk menyelamatkannya lagi. Namun dia terlalu menganggap lebih niat tulusku; Aku sebenarnya bukan martir seperti yang dia bayangkan. Aku melepaskan diriku dari tangannya dan meluncur ke parit di sisi koridor.
Tanpa perlindungan tubuhku di depannya, A Ning langsung menghadapi selusin anak panah yang datang langsung ke arahnya tapi dia dengan cepat melakukan putaran untuk menghindarinya, lalu mengarahkan tatapan penuh kebencian ke arahku.
"Apa yang membuatmu berani menatapku seperti itu?" Aku berteriak dan menerjang ke arahnya, tapi dia melompat ke sisi dinding, menempel di sana seperti kadal, lalu melompat melampaui jangkauanku dengan satu gerakan cepat dan lincah. Dia berbalik ke arahku, melempar ciuman ke arahku dengan gaya menghina dan berjalan tanpa cedera melalui pintu tengah, mengayunkan pinggulnya dengan angkuh saat dia menghilang.
(NGAKAK)
Marah, yang bisa kulakukan hanyalah melihatnya pergi. Di sekelilingku ada deru anak panah yang beterbangan diikuti dengan suara dentingan keras saat menghantam dinding batu giok. Mereka datang dalam serangan tanpa henti setidaknya selama lima menit dan kemudian berhenti.
Saat mencari-cari si Gendut, aku melihat bola bundar besar yang dipenuhi anak panah dan tahu itu dia hanya karena dia meneriakkan kata-kata kotor. Aku bergegas untuk membantunya namun dia mengabaikan kekhawatiranku dan berkata, "Xiao Wu, ada apa dengan anak panah ini? Bagaimana anak panah ini bisa masuk begitu dalam namun tidak melukaiku? Maukah kau mencabutnya?"
Aku mengulurkan tangan untuk mencabut anak panah dari punggungnya tetapi aku tidak bisa melakukannya, aku hanya tidak punya nyali. Saat si Gendut mengutukku karena pengecut, si Botak muncul dari tempat dia berlindung di belakang si Gendut dan berkata, "Tenang. Segalanya akan baik-baik saja."
Aku dan si Gendut menatapnya; suaranya telah berubah menjadi suara yang kami kenal dengan baik.
Kami ternganga saat si Gendut meregangkan tubuhnya dan dengan beberapa letupan, bunyi klik, bertambah tinggi beberapa inci. Dia mengulurkan kedua tangannya ke udara di hadapannya dan dengan letupan lainnya, kedua tangannya juga memanjang beberapa inci.Tidak mungkin, pikirku. Aku pernah membaca tentang seni kontraksi tulang tetapi tidak pernah terpikir akan pernah melihatnya dilakukan. Itu adalah keterampilan kung fu kuno yang digunakan oleh perampok makam untuk masuk dan keluar dari sudut sempit, memungkinkan mereka mengecilkan tulang sehingga bisa menghilang ke dalam lubang yang hanya cukup besar untuk dimasuki musang. Itu adalah keterampilan yang sulit untuk dikuasai; meskipun kakekku telah menulis tentang hal ini di jurnalnya, dia sendiri belum pernah mencapai bakat ini.
Tapi si Botak punya lebih banyak kejutan untuk kami. Dia menghela nafas dalam-dalam, menarik bagian belakang telinganya dan yang membuat kami ngeri, dia merobek wajahnya, yang merupakan topeng lateks yang terlihat seperti aslinya. Di sana yang berdiri di depan kami adalah Menyouping.
Tanpa mengucapkan sepatah kata pun, dia menggerakkan lengan dan bahunya, seolah-olah dia sedang mempelajari kembali cara menggunakannya. Kami pun terdiam hingga si Gendut berteriak, "Apa yang sedang kamu lakukan? Apakah kamu sengaja mengolok-olok kami untuk bersenang-senang atau ada alasan tertentu untuk ini?"
Menyouping terdiam saat dia membantu si Gendut duduk. Dia dengan lembut mengambil salah satu anak panah yang menonjol, memutarnya dengan keras, dan menariknya dari punggung si Gendut, hanya menyisakan memar merah kecil di tempatnya. Tidak ada luka, tidak ada darah.
Mengambil keberanian dari tindakan Menyouping, aku mengambil panah yang tertanam di dadaku dan panah itu keluar dengan mudah tanpa rasa sakit sama sekali. Aku memeriksa mata panahnya dan menemukan bahwa itu tidak dimaksudkan untuk mematikan. Begitu mengenai sasarannya, ujung tajamnya otomatis ditarik kembali dan diganti dengan penjepit logam yang mencengkeram erat daging korbannya tanpa cedera.
Menyouping melihat ke lantai koridor, yang dilapisi dengan anak panah, dan akhirnya berbicara. "A Ning sengaja menginjak jebakan itu. Sepertinya dia bukan hanya seorang praktisi kung fu yang berbakat, dia juga seorang pembunuh yang berencana untuk menyingkirkan kita semua."
Si Gendut menyeringai lega dan berkata, "Jika anak panah sialan itu tidak berbahaya, dia pasti berhasil. Sialan, jika aku mati dengan anak panah di sekujur tubuhku seperti landak, orang-orang akan mengingatku sebagai bahan tertawaan selamanya."
Aku mengambil salah satu anak panah untuk memeriksanya lagi. "Apa gunanya jebakan dengan panah palsu?"
"Aku tidak tahu," jawab Menyouping, "tapi aku tahu ini tidak berbahaya, begitu panah pertama kali menusuk di dadamu tanpa menghentikanmu, apalagi melukaimu. Mungkin siapa pun yang membangun makam ini ingin memperingatkan penyusup tanpa membunuh mereka."
Kedengarannya tidak meyakinkan tetapi tidak ada waktu untuk memperdebatkan topik tersebut.
"A Ning sudah dalam perjalanan menuju makam utama," kataku padanya. "Kita tidak bisa membiarkan dia menyelinap masuk, ambil semua yang ada di sana, dan kabur. Ayo kita temukan wanita jalang itu sekarang!"Aku hendak menuju pintu tapi Menyouping menarikku kembali. "Jangan terburu-buru pergi tanpa berpikir panjang. Apa pun yang ada di dalam toples itu memberi isyarat agar kita mengambil pintu di sebelah kiri. Ada alasannya. Kita berada di wilayahnya dan kita perlu memperhatikan instruksinya."
"Persetan," teriakku padanya, "jika kita tidak mengikuti A Ning keluar dari pintu tengah, saat dia kembali ke sini untuk melarikan diri, kita tidak akan pernah menemukannya."
"Tidak masalah," si Gendut meyakinkanku. "Pertama-tama kita akan kembali ke ruang telinga dan menyembunyikan semua perlengkapan menyelam. Dia tidak akan pernah bisa keluar dari sini dan kembali ke perahu tanpa tangki oksigen."
"Itu brilian," aku setuju. "Kenapa aku tidak memikirkan hal itu?" Kami bergegas kembali ke tempat kami meninggalkan peralatan kami, kemudian mendadak terhenti di tengah jalan. Semuanya hilang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2
ActionKita lanjutkan petualangan bersama Wu Xie di dasar laut. Apakah kali ini dia akan bertemu si Muka Datar aka Menyouping lagi? Lalu bagaimanakah sebenarnya kisah cinta tragis Wu Sanxing dan WenJin? Apakah akan ada monster lagi yg akan mengejar Wu Xi...