Sanshu terbangun sepanjang malam itu. Dia belum pernah merampok kuburan bawah laut sebelumnya, tetapi karena dia telah berbohong begitu banyak tentang bakatnya, entah bagaimana dia harus mendukung ceritanya sendiri di pagi hari.
Sebuah makam di kapal yang tenggelam pada dasarnya adalah sebuah makam yang dibangun di dalam kapal; ditemukan lembah atau parit bawah laut di dasar laut dan disana kapal sengaja ditenggelamkan agar makamnya tenggelam. Kemudian ditutup dan ditutup dengan lapisan tanah yang berat. Hal inj identik dengan situs pemakaman di lahan kering tetapi sangat sulit untuk diselesaikan, sehingga legenda mengatakan hanya satu orang yang dikuburkan dengan cara ini, putra Shen Manzo yang sangat kaya.
Saat kapal penguburan tenggelam, harus ada banyak jangkar yang dipasang agar tidak hanyut ke tempat lain. Jadi pamanku menghitung bahwa bagian tengah tempat jangkar dijatuhkan, atau titik yang sedikit menyimpang dari titik tersebut, pasti akan menandai lokasi pemakaman.
Keesokan harinya Sanshu membawa krunya ke dalam air dan mengikat semua jangkar dengan tali. Kemudian ia meletakkan penanda di tengah-tengah area yang dibatasi tersebut dan menyuruh kelompoknya untuk menancapkan sekopnya ke berbagai titik di sekitar titik tersebut. Seperti yang diharapkannya, mereka menemukan sepotong kayu di dekat sisi timur tengah.
Dengan menggunakan teknik penentuan posisi tradisionalnya, pamanku menemukan istana bawah tanah raksasa berbentuk T dalam karakter Cina yang berarti "tanah". Istana ini terdiri dari dua ruang telinga, dua ruangan dengan ukuran dan bentuk yang sama, dan sebuah aula di bagian belakang bangunan. Ini adalah ruang terbesar dan tampaknya menjadi tempat di mana peti mati itu berada.
Sanshu terheran-heran, siapa yang bisa dikuburkan di makam yang dibangun sedemikian rumit, yang luasnya sebesar pekuburan seorang kaisar?
Semua orang begitu gembira sehingga mereka begadang sepanjang malam, mendiskusikan bagaimana mereka akan memasuki makam.Setelah berdiskusi selama berjam-jam, tim memutuskan bagaimana mereka akan melewati dasar laut. Para nelayan menyimpan dinamit di kapal untuk membunuh sekelompok besar ikan. Dengan menggunakan ini, Sanshu dan krunya akan meledakkan pasir di atas lokasi pemakaman dan kemudian menggali terowongan miring melalui tanah yang lebih stabil yang ditemukan di bawah pasir berbahaya.
Ini adalah pekerjaan besar yang menurut perkiraan pamanku akan memakan waktu sekitar satu minggu untuk menyelesaikannya, namun para kru sangat bersemangat untuk memulai tugas tersebut. Namun, ada masalah yang harus segera diselesaikan. Mayat rekan mereka yang sudah mati perlu dibawa kembali ke pantai sebelum mulai berbau busuk.
Mereka semua sepakat bahwa perahu yang lebih besar akan membawa jenazah kembali ke darat sementara tim penggalian akan menggunakan perahu yang lebih kecil sebagai pangkalan. Cuacanya bagus, lautnya tenang, mereka tidak perlu khawatir. Dengan mengikat tiga kayak, mereka memindahkan semua peralatan yang mereka perlukan ke bebatuan karang.
Begitu kapal yang lebih besar berlayar, Sanshu menyadari bahwa mereka telah kehilangan bantuan tambhan yang disediakan oleh kapal besar dan merasa sedikit cemas. Namun kegembiraan saat mengungkap makam raksasa dan segala isinya segera menghilangkan kekhawatiran apa pun. Kelompok tersebut menggali terowongan jauh lebih cepat dari perkiraannya dan mereka mencapai dinding makam hanya dalam waktu empat hari.
Perahu besar itu masih belum kembali dan para awak kapal mulai bertanya-tanya apa yang menyebabkan kapal itu tertunda. Hanya kerja keras yang bisa membuat mereka tidak panik dan Sanshu mendesak mereka dengan cerita tentang harta karun yang menunggu mereka di dalam makam.
Mereka dengan cepat membongkar sebagian dinding, memperlihatkan kekosongan gelap di dalamnya.Sanshu menyuruh krunya berhenti menggali, menyalakan senternya, dan masuk melalui lubang itu sendirian. Ada tembok lain.
Berjongkok di antara penghalang dalam dan luar, dia melihat sekeliling dan melihat di atas kepalanya ada lubang kecil yang menuju ke ruang dalam. Tiba-tiba dia tahu bahwa menggali saja tidak akan cukup untuk mengizinkannya masuk ke makam ini.
Sembari memerintahkan kru untuk naik kembali ke karang, Sanshu memberi tahu mereka, "Ada dua dinding di makam ini dengan air memenuhi area antara dinding dalam dan luar. Ada terowongan melalui dinding dalam tempat air berputar ke dalam. Artinya pasti ada area kering di dalam yang menggunakan tekanan udara untuk menyisakan sebagian oksigen di dalam ruangan. Saat ini aku tidak tahu berapa panjang terowongannya. Kita bertiga akan turun besok. Masing-masing dari kita membawa empat alat bantu pernapasan dan kita lihat apakah kita bisa sampai ke ujung terowongan."
Pidatonya terhenti oleh teriakan Wen-Jin. Terumbu karang tempat mereka berada telah terangkat ke udara dan mereka kini berada jauh di atas air. Pamanku memandang ke langit dan melihat garis hitam mendekat dari cakrawala.
Salah satu muridnya, Li Sidi, adalah anak seorang nelayan. Suaranya bergetar, "Aduh, badai besar akan segera datang."
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2
ActionKita lanjutkan petualangan bersama Wu Xie di dasar laut. Apakah kali ini dia akan bertemu si Muka Datar aka Menyouping lagi? Lalu bagaimanakah sebenarnya kisah cinta tragis Wu Sanxing dan WenJin? Apakah akan ada monster lagi yg akan mengejar Wu Xi...