31. Cerita Zhang Qiling

11 1 0
                                    

Zhang Qiling duduk dengan tenang di sudut ruang telinga, mengamati.  Rekan-rekannya berdesak-desakan untuk melihat benda-benda porselen biru dan putih di lantai saat kapten mereka mendengkur dengan Wen-Jin duduk di sampingnya.

Meskipun barang pecah belah itu tidak menarik baginya sama sekali, semua orang di kelompok arkeologinya benar-benar terpesona oleh pola dan gambar yang mereka temukan terlukis di bejana tersebut.

"Kemarilah dan lihat, semuanya! Aku menemukan sesuatu yang sangat aneh pada bagian ini."  Itu adalah Huo Ling, anak bungsu dari tiga gadis di tim.  Dia adalah putri pejabat tinggi pemerintah yang dimanjakan, dan dia sering melontarkan komentar keras tentang hal-hal yang tidak menarik perhatian.  Karena dia cantik, semua teman sekelas laki-lakinya dengan senang hati meninggalkan segalanya saat mendengar suaranya, kecuali Zhang Qiling, yang mengira dia benar-benar sakit di leher.
Dia adalah satu-satunya orang yang tidak bergegas untuk memeriksa benda yang dipegang Huo Ling di tangannya.  "Ini—aku tahu ini apa," seorang anak laki-laki mengumumkan dengan nada penting.  "Itu nomor tempat pembakaran; itu menunjukkan di mana porselen itu dibuat."
"Kau salah," bantah anak laki-laki yang lain.  "Nomor tempat pembakaran dari Dinasti Ming tidak terlihat seperti itu. Mungkin itu adalah prasasti dari gelar resmi yang diberikan kepada pemilik kuburan."
"Prasasti gelar pemerintahan selalu memiliki empat karakter. Hanya ada satu kata di sini, dan itu sangat tidak biasa. Kaulah yang salah," balas anak laki-laki pertama.  Perselisihan mereka memanas, dan Huo Ling menghela nafas bosan.  Dia bertanya-tanya, mengapa laki-laki begitu mudah ditebak?

Menatap sekeliling ruangan untuk hiburan baru, dia melihat Zhang Qiling di sudut, tampak sama bosannya dengan dirinya;  satu-satunya orang yang tidak memerhatikannya sekarang atau kapan pun, dalam hal ini.  Karena kesal karena kurangnya minat pria itu, dia berjalan ke arahnya dan memasukkan toples porselen ke bawah hidungnya.

Sambil tersenyum dengan sikapnya yang paling memesona, dia memohon dengan manis, "Xiao Zhang, tolong bantu saya? Maukah Anda melihat sekilas dan memberi tahu saya apa yang tertulis di sini?"  Dengan enggan, Zhang Qiling melirik sekilas pada apa yang dipegangnya lalu berbalik. "Saya tidak tahu," katanya dengan nada datar yang mengubah wajah Huo Ling menjadi batu. Sambil menghentakkan kaki mungilnya, dia berteriak, "Jangan  abaikan saya.  Lihatlah ini dan beritahu saya apa arti tulisan ini;  ini mungkin penting lho," dan dia mendorong toples itu ke tangan Zhang Qiling.

Dia menghela nafas dengan tidak sabar saat Huo Ling mendekatinya dan menunjukkan karakter yang tidak dapat diuraikan oleh siapa pun.  Yang mengejutkannya, hal itu memang tampak istimewa;  Dia tahu itu bukan nomor tempat pembakaran.
Mengambil toples lain, dia melihat ada tulisan di bagian bawahnya juga, mirip tapi tidak identik dengan yang ditemukan Huo Ling.  Menurutku ini bukan benda penguburan biasa, pikirnya, benda itu membawa semacam informasi.

Huo Ling memperhatikannya dengan cermat dan melihat perhatiannya terfokus pada penemuannya.  Akhirnya aku berhasil membuat si tolol berkepala kayu ini memperhatikanku, pikirnya bangga, dan bergumam pelan, "Katakan padaku, Xiao Zhang, apa yang kubawakan untukmu yang sangat kamu sukai? Aku selalu tahu kita akhirnya akan menemukan sesuatu yang kita bisa  bicarakan bersama."  Dia mendekatkan tangannya ke tangannya seolah-olah dia sedang menjaga toples yang dipegangnya.  Butuh waktu cukup lama tetapi aku memilikinya sekarang, dia menyombongkan diri.

Zhang Qiling melewatinya seolah-olah dia tidak penting sama sekali dan mulai mengamati potongan demi potongan benda porselen yang menutupi lantai ruangan.  Setelah memeriksa selusin di antaranya, ia menemukan bahwa masing-masing memiliki prasasti berbeda yang berubah dalam pola teratur, seperti nomor urut.  Mengapa, dia bertanya-tanya, dan mengapa benda-benda itu diurutkan dengan sangat hati-hati?
Dia melihat lebih dekat dan melihat bahwa lukisan pada setiap potongan porselen menunjukkan seorang pematung sedang mengukir patung raksasa, bukan pemandangan khas petani di ladang atau bunga di halaman.  Sebagaimana tulisan di bagian bawah kepingan itu berubah, begitu pula gambar yang dilukis di atasnya.  Saat dia melihatnya sesuai urutan penempatannya, dia melihat perubahan kecil dan halus pada pekerjaan yang dilakukan oleh pematung;  perlahan menjadi jelas bahwa setiap bagian menunjukkan bagian dari proyek konstruksi besar.
Dia berjalan ke ujung deretan potongan dan mengambil benda terakhir dalam barisan, sebuah pot bergagang ganda.  Di atasnya terlukis gambar proyek yang telah selesai.

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang