3. Badai

42 2 0
                                    

"Lihatlah bagaimana laut sudah surut," kata Li Sidi kepada teman-temannya. "Dalam beberapa menit, air yang tersedot akan mengalir kembali dalam bentuk tsunami. Karena kami hanya mempunyai tiga kayak kecil untuk membawa kami ke tempat aman, kami berada dalam masalah sekarang."
"Kita akan mati," salah satu siswa bergumam, dan beberapa gadis mulai terisak histeris. Sanshu meraih tangan Wen-Jin. Telapak tangannya berkeringat, dan dia tahu bahwa, meskipun dia diam, dia sama takutnya dengan gadis-gadis yang menangis.
Sanshu belum pernah mengalami situasi seperti ini sebelumnya, tetapi dia adalah seorang perampok makam profesional; sistem sarafnya tahan terhadap stres. Dia tahu dia tidak punya hak istimewa untuk mengamuk. Jika pikirannya dikaburkan oleh emosi, maka semuanya pasti akan mati.

Dia menghitung jumlah orang. Ada sepuluh orang dalam kelompok mereka ketika mereka memulai petualangan ini, tetapi satu orang telah meninggal dan satu lagi telah membawa mayatnya ke pantai. Sekarang ada delapan.

"Berapa lama badai ini akan berlangsung?" pamanku bertanya pada Li Sidi.

"Badai musim panas ini berlangsung dalam waktu yang sangat singkat; badai ini akan berakhir dalam waktu sekitar sepuluh menit. Namun selama waktu tersebut, air laut akan naik hingga terumbu karang kita akan tenggelam seluruhnya." Li Sidi menggelengkan kepalanya. "Ini mungkin hanya berlangsung selama sepuluh menit, namun setiap detiknya akan berakibat fatal. Tsunami yang datang akan lebih kecil dari biasanya, namun meskipun demikian, tsunami akan menghempaskan kita ke bebatuan karang atau membawa kita ke laut."

Pikiran Sanshu dengan cepat mencari solusi. Membawa kayak kembali ke perahunya sekarang sama saja dengan bunuh diri; mereka tidak akan pernah bisa lari dari badai tidak peduli seberapa cepat mereka mendayung. Dan perairan di sekitarnya tidak cukup dalam bagi mereka untuk bersembunyi di bawah permukaan laut dan bernapas melalui alat bantu pernapasan.

Sanshu memandang ke laut; dia hampir bisa melihat dasarnya dengan jelas. Seolah kilatan petir menerobos kegelapan malam, sebuah rencana yang sangat berisiko muncul di benaknya. Dia tidak punya waktu untuk memikirkan kekurangannya. "Kita tidak bisa berpikir terlalu banyak sekarang," semburnya. "Kumpulkan alat bantu pernapasan dan lihat berapa banyak oksigen yang tersisa. Lalu kita akan turun ke makam bawah laut untuk berlindung dari badai."

Pergi ke makam kuno adalah sesuatu yang sering dilakukan Sanshu sehingga baginya rasanya seperti masuk ke rumahnya sendiri, tapi hal ini tidak berlaku bagi sebagian besar kru akademisnya. Gumaman kaget dan ragu mulai memenuhi udara, dan pamanku menyadari bahwa dia telah menyampaikan solusinya terlalu blak-blakan.

Berbicara dengan cepat dan tegas, dia menunjuk pada badai yang akan datang. "Liat ini. Hal ini tidak bergantung pada kita, tapi kita tahu apa yang kita nantikan. Kita semua pernah melihat tayangan TV tentang tsunami. Jika kita duduk di sini dan menunggu, kita tidak akan mempunyai kesempatan untuk tetap hidup dan tubuh kita tidak akan pernah ditemukan. Di bawah permukaan air ada tempat berlindung yang sudah jadi. Kita sudah tahu bahwa ada udara di dalamnya. Jumlah kita hanya sedikit sehingga akan ada cukup oksigen untuk membuat semua orang tetap hidup. Kita bisa menunggu di makam selama satu jam lalu datang mundur. Ini satu-satunya kesempatan kita."

Sanshu memiliki bakat alami dalam membujuk dan itu berhasil baginya sekarang. Semua orang merasakan secercah harapan saat mereka mengumpulkan peralatan menyelam mereka.
Dengan cepat menunjukkan kepada kelompok itu beberapa isyarat bahasa isyarat untuk digunakan di bawah air, pamanku membawa mereka ke dasar laut. Dia menyalakan senter tahan air, dan menjadi orang pertama yang merangkak ke dalam terowongan kuburan.

Pada masa itu, para penyelam mengenakan helm besar yang terlihat tidak masuk akal namun sangat tahan lama dan protektif. Tidak ada makhluk laut, betapa pun besarnya, yang dapat menelan siapa pun yang memakai helm selam ini, Sanshu mengingatkan dirinya sendiri, dan mencoba bersantai sambil berenang.

Dinding makam ditutupi dengan ukiran wajah manusia, yang membuat kelompok tersebut begitu terpesona hingga mereka lupa akan bahaya yang mereka hadapi dan berkerumun untuk memeriksanya. Sanshu mendesak mereka untuk terus bergerak jika ingin menyelamatkan diri, dia bisa merasakan sakit kepala.

Mereka semua berenang maju sekitar lima belas menit, mengambil beberapa belokan, dan kehilangan arah. Mereka semua menjadi bingung dan pamanku menyadari bahwa dia harus menyatukan mereka. Memberi isyarat kepada semua orang untuk berhenti, dia meminta Wen-Jin melakukan penghitungan jumlah karyawan untuk memastikan tidak ada seorang pun yang tertinggal.

Kelelahan berenang di terowongan sempit, semua siswa ambruk ke lantai ketika melihat tanda untuk berhenti seolah-olah mereka adalah anak TK yang siap tidur siang. Menjadi kapten sungguh menyebalkan, pikir pamanku. Dia mengarahkan senternya ke arah yang lain tepat saat Wen-Jin mengetukkan kakinya. Dia tampak ketakutan dan Sanshu berpikir oh, apakah ada yang hilang?

Wen-Jin tampak bingung, seolah dia tidak tahu lagi bagaimana mengekspresikan dirinya.
Dia menunjuk satu jari dan melambaikannya tanpa henti di depan wajah Sanshu. Karena tidak memahaminya, dia bertanya apakah ada satu orang yang hilang. Wen-Jin membaca bibirnya, menggelengkan kepalanya, mengacungkan semua jari di satu tangan, dan kemudian empat jari di tangan lainnya. Lalu dia menyatukan kedua tangannya. Tiba-tiba Sanshu mengerti- dia mencoba memberitahunya, "Seharusnya kita hanya berjumlah delapan tetapi sekarang menjadi sembilan."

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang