13. Monyet Laut

17 2 0
                                    

Wajahnya hampir empat atau lima kali lebih besar dari seluruh kepalaku.  Tubuhnya tersembunyi di balik pintu baja, jadi aku tidak tahu seberapa besarnya.  Cahaya yang menyinari dek yang rusak itu redup dan aku tidak dapat memutuskan apakah ini wajah binatang atau hantu.

Aku sangat ketakutan hingga kulit kepala hingga pergelangan kakiku kesemutan dan kakiku menjadi selembut mie.  Butuh seluruh kekuatanku untuk mundur beberapa langkah, bertekad untuk melarikan diri—dan kemudian aku melihat A Ning terbaring di kakiku, tak sadarkan diri lagi.  Meskipun dia bukan orang favoritku saat ini, meninggalkannya jelas bukan hal yang benar untuk dilakukan.

Aku mengangkat kepalanya dan melihat sekali lagi tangan-tangan itu telah menghilang, tetapi aku tidak punya waktu untuk memikirkan di mana tangan-tangan itu berada.  Aku meraih A Ning di bawah lengannya dan perlahan menyeretnya menuju tangga yang aman.  Jika aku bisa menariknya ke atas di sisa geladak, kami bisa terjun ke laut dan aku bisa berteriak minta tolong—situasi yang lebih baik daripada yang kami alami sekarang.

Tenang, tenang, kataku pada diri sendiri, kamu belum pernah menghadapi situasi seperti ini sebelumnya—bagaimanapun juga, kamu adalah seorang perampok makam yang berpengalaman.
Dengan mata tertuju pada wajah yang tertutup sisik, aku melangkah mundur dengan sangat perlahan.

Apapun monsternya, dia tetap tidak bergerak, matanya tertuju padaku, yang membuatnya lebih menakutkan daripada jika dia langsung menyerang.  Bersabarlah, pikirku, selama masih ada, semakin besar peluangmu untuk melarikan diri.  Aku mengalihkan pandanganku dari tatapannya dan menyeret A Ning ke bawah tangga.  Tapi itu bukan tempat berlindung—anak tangganya sudah lapuk, hanya menyisakan pegangan tangga untuk berpegangan.  Bagaimana aku bisa naik ke dek, apalagi dibebani dengan barang bawaan yang kubawa?

Masih ada beberapa potongan logam yang pernah menopang anak tangga tersebut.
Sambil menarik lengan Ning, aku menginjak salah satu kakiku, tapi kakiku larut seperti lumpur basah.

Monster itu mengawasi kami, dengan sabar menungguku menyerah, tapi aku berada pada titik di mana aku bisa melihat tepi lubang di geladak.  Aku menyandarkan A Ning ke dinding dan sambil mengertakkan gigi, aku melompat ke arah bukaan.

Lenganku panjang tapi kekuatanku menyusut hingga tidak ada apa-apanya selama pengerahan tenaga sekitar satu jam terakhir.  Aku melewatkan bagian atas pembukaan dua kali dan jatuh tertelungkup setiap kali kucoba.  Hampir menangis karena kesakitan, kemarahan, dan penghinaan, aku duduk dalam keadaan putus asa, lalu berbalik untuk memeriksa monster itu.

Akan lebih baik jika aku tidak melakukannya.  Wajahnya berada tepat di belakangku, begitu dekat hingga kepala kami hampir bersentuhan.

Bayangkan jika kau menoleh dan menemukan seorang pria tiba-tiba berdiri di belakangmu  dalam diam.  Itu adalah aku—tetapi apa yang aku lihat sungguh tidak manusiawi dan mengerikan.  Aku mulai berteriak dan menjauh hingga punggungku menempel ke dinding.

Aku tidak punya tempat lain untuk pergi.

Monster itu mengingatkanku pada cerita yang diceritakan teman sekelasku ketika aku masih kecil.  Ia menceritakan bahwa suatu ketika seorang nelayan menemukan makhluk aneh di jaringnya yang tampak seperti manusia tetapi bersisik.  Dia membawanya ke desanya dan seorang lelaki tua berteriak, "Lepaskan ini segera! Ini adalah monyet laut—jika kamu memeliharanya, kawanannya akan datang menyelamatkannya dan kita semua akan berada dalam bahaya."

Ketika nelayan mendengar hal ini, dia memutuskan bahwa monyet laut itu mungkin berharga dan merasa yakin dia bisa menjualnya di kota dengan harga tinggi.  Jadi dia memberitahu semua orang bahwa dia telah melepaskan makhluk itu, padahal sebenarnya dia menyembunyikannya di rumahnya.  Keesokan harinya, seluruh keluarga nelayan menghilang dan setelah mencari selama dua hari, warga desa menemukan mayat istri nelayan di bawah tebing tepi pantai.  Perutnya terkoyak dan seluruh organ dalamnya telah dimakan.

Ketika lelaki tua itu melihat apa yang terjadi, dia tahu monyet laut lainnya datang untuk membalas dendam.  Dia memanggil seorang ahli Feng Shui, mendirikan tempat pengorbanan, memenggal banyak babi dan kambing, dan melakukan upacara selama beberapa hari.

Teman sekelasku menggambar sketsa monyet laut untuk menunjukkan kepadaku tampilannya.  Dia pandai menggambar dan fotonya memberikan kesan yang sangat besar padaku, membuatku tidak bisa tidur selama beberapa malam.  Apa yang digambar temanku kini berdiri di depanku, persis seperti yang dia gambar, tapi jauh lebih besar dan lebih mengerikan.

Monyet laut itu berdiri diam, menatap A Ning dan meneteskan air liur.  Untung saja dia masih pingsan atau dia akan kencing di celana karena ketakutan.  Aku yakin dia akan melakukannya karena aku sendiri juga hampir melakukan hal yang sama.

Aku memaksa diriku untuk tenang, menekan tubuhku kuat-kuat ke dinding, yang sama busuk dan kenyalnya dengan semua yang ada di perahu sialan ini.  Sebuah rencana mulai muncul saat aku mendorong.  Jika aku terus begini, aku mungkin bisa membuat lubang di dinding yang akan menjadi tempat perlindungan jika monyet laut memutuskan untuk menyerangku.

Saat aku mendorong dan merencanakan, tiba-tiba aku mendengar suara berderit datang dari geladak seolah-olah seseorang baru saja naik ke kapal dan kemudian si Botak, dari semua orang yang ada, melompat melalui lubang di geladak.  Melihat ke pintu yang terbuka, dia mengangkat pistolnya, lalu berbalik, melihat monyet laut dan berteriak, "Sial!"

Monyet laut itu berteriak dan melompat ke arah si Botak, yang dengan cepat menjauh, membidik, dan menembak.  Pelurunya mengenai bahu monster itu dan monster itu terguling ke dinding.  Dengan cepat si Botak menembakkan peluru yang nyaris mengenaiku—dan monyet laut itu.  Monster itu berlari melewati pintu yang terbuka, membantingnya hingga tertutup, dan mengunci kembali gemboknya seperti semula.

Si Botak terus menembak.  Di dinding tampak garis lubang peluru, dan air mulai mengalir ke dalam kabin.  Meskipun air naik dengan cepat di sekitar kami, si Botak masih mengamuk.  Dia melepaskan beberapa tembakan yang mematahkan engsel pintu dan kemudian dia menendangnya hingga terbuka.

Kami berdua bergegas melewatinya dan menemukan sebuah lubang di geladak tempat monyet laut mencoba mendorong tubuhnya.  Monyet itu sangat kuat;  saat si Botak membidiknya lagi, ia membenturkan kepalanya ke geladak untuk membuat lubang cukup besar untuk menampung ukurannya dan menghilang ke laut di bawah.

Perahu itu mengerang seolah-olah pecah.  Kami berdiri di air setinggi lutut.  Si Botak berlari kembali ke rekan kami yang tidak sadarkan diri.  "A Ning, A Ning," panggilnya sambil mengguncangnya dengan lembut, tapi tidak ada jawaban.  Dia melemparkannya ke atas bahunya, naik ke punggungku, dan berhasil mencapai dek di atas.  Gabungan beban mereka hampir membuatku hancur dan aku tersedak empedu saat si Botak mengulurkan tangan dan menarikku ke tempat yang aman.

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang