26. Lukisan Porselen

13 0 0
                                    

Aku baru saja berhasil memahami apa yang dibicarakan oleh PangZi dan sekarang Menyouping mengatakan sesuatu yang sangat berbeda, tanpa inti atau ekor pada kata-katanya.  "Apa yang sedang terjadi?" aku bertanya.

Dia menunjuk ke peti mati dan berkata, "Perhatikan baik-baik kepalanya dan lihat apakah kamu bisa membedakannya."

Ada enam kepala dengan ukuran berbeda tergantung di batang tubuh seperti seikat buah anggur.  Selain merasa mual, aku tidak tahu apa-apa tentang hal itu dan menggelengkan kepalaku, berusaha untuk tidak muntah.  "Lihat lagi, tapi lebih cermat," kata Menyouping padaku.  Aku memicingkan mata dengan keras dan akhirnya mengerti maksudnya.

Dari keenam kepala tersebut, hanya satu kepala yang berada di bagian atas batang tubuh yang memiliki ciri atau bahkan wajah.  Yang lainnya bahkan tidak berbentuk seperti tengkorak;  mereka tampak seperti tumor raksasa yang tumbuh di tubuh.

Aku mengerti.  Mengikuti alur pemikiran Menyouping, aku melihat dan melihat bahwa persendian masing-masing tangan sepertinya terhubung ke batang tubuh, yang terpelintir parah seolah-olah telah dicuci di mesin cuci tugas berat.  Air hitam mengaburkan pandanganku, sehingga di permukaan tampak seolah-olah sejumlah tubuh telah terpelintir menjadi satu.

Semakin aku melihat, semakin aku bingung.  Aku masih ragu dengan teori Menyouping.  Jika peti mati itu memang berisi binatang langka dan cacat dengan dua belas anggota badan, lalu apa asal usul dan identitas sebenarnya?  Bagaimana monster bisa dipelihara menjadi begitu besar?

PangZi meludah dan berkata, "Sial, bagaimana mungkin ini manusia? Bisa dibilang itu serangga!"
Meskipun ucapannya tepat, namun terkesan agak kejam.  "Kita tidak bisa melihatnya dengan jelas melalui air," protesku.  "Mungkin terlalu dini untuk mengambil kesimpulan.
Secara logika, kelainan bentuk parah seperti ini dianggap jahat.  Orang tuanya akan membunuhnya begitu ia lahir.  Tidak mungkin ia bisa tumbuh menjadi sebesar ini."

"Segala sesuatunya tidak selalu mutlak," kata Menyouping.

Aku menggelengkan kepalaku, masih tidak yakin bahwa apa yang dia katakan itu benar.  "Sebenarnya sangat mudah untuk mengetahuinya," kata PangZi.  "Mengapa kita tidak melakukan apa yang kukatakan, ambil beberapa toples dari ruangan sebelah dan ambil air ini. Lalu kita bisa melihat lebih baik dan memeriksa tablet batu tempat monster itu berbaring.
Siapa yang tahu apa yang akan kita pelajari dari hal itu?"

Aku menjadi antusias memikirkan menemukan beberapa teks.  Sejak kami memasuki makam, tidak ada tulisan apa pun di mana pun dan aku merindukan informasi tentang pemilik makam ini.  Jika ada kata-kata di batu itu, apa yang bisa kita pelajari darinya bisa membantu kita semua.

Tanpa berkata apa-apa lagi, PangZi dan aku kembali ke kamar di seberang koridor.  Kami mengambil tiga mangkuk porselen bergagang, yang akan menjadi harta jutaan dolar di dunia luar.  Karena kebiasaan profesional, aku mulai mengamati glasir porselen biru dan putih saat aku mengambil mangkuk dan tertegun.  Saya tidak menyangka bahwa pola pada glasir itu menceritakan sebuah kisah.

Pikiranku sibuk dengan nasib paman ketigaku, jadi aku tidak mempelajari wadah ini dengan cermat saat pertama kali melihatnya.  Sekarang ketika aku melihat ke mangkuk porselen, aku langsung memikirkan sesuatu yang seharusnya kusadari sebelumnya.

Saat pamanku dan para mahasiswa arkeologi pertama kali memasuki makam ini, Sanshu hanya melihat sekilas benda-benda tersebut lalu tertidur.

Tapi yang lainnya berbeda.  Karena ini adalah pertama kalinya mereka berada di makam kuno, mereka sangat bersemangat.  Wajar jika mereka mempelajari barang pecah belah ini dengan cermat.  Bisakah petunjuk hilangnya mereka ditemukan pada gambar di porselen?

Aku buru-buru mengambil beberapa mangkuk lagi dan melihatnya dengan cermat.  Di dalamnya tergambar kisah sekelompok orang yang berpartisipasi dalam proyek teknik sipil.  Ada yang memperbaiki batu, ada yang mengangkut kayu gelondongan, dan ada yang memasang balok kayu. Proyek dalam gambar ditampilkan dengan cermat dalam urutan kronologis pada garis panjang bejana penguburan.  Saat aku membaca masing-masing stoples secara bergantian, PangZi menjadi tidak sabar dan berkata, "Apakah sesulit itu memilih stoples?
Berhentilah bersikap pilih-pilih.  Dapatkan saja yang sesuai dengan tanganmu."

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang