"Apa yang kamu bicarakan?" tanyaku, tapi dia mengabaikanku dan berlari menuruni tangga. Jika aku menginginkan jawaban, aku tahu aku tidak boleh kehilangan jejaknya dan mengikuti dari belakang melewati penghalang kabut tebal. PangZi berlari melewatiku, cahaya senternya menjadi mercusuar di kegelapan berkabut. Dan kemudian dia dan Menyouping menghilang.
Terselubung kabut, penglihatanku sama buruknya dengan orang tua yang menderita katarak; Aku hanya dapat melihat satu kaki di depan atau di belakangku. Itu hampir lebih buruk daripada menjadi buta total. Aku lega mendengar PangZi berteriak, "Aku di sini, di bawah. Kamu di dekat sini. Ayo turun!"Aku bisa mendengar suara langkah kakinya dan berlari ke tempat asal suara itu. Kakiku tiba-tiba terasa lumpuh karena kedinginan dan sedetik kemudian aku sudah berdiri di air yang mencapai separuh kakiku. Aku telah mencapai dasar kolam yang tidak dikeringkan sepenuhnya, dikelilingi kabut.
Sambil memegangi dinding di dekatnya, aku berjalan ke tempat yang kupikir PangZi berada dan kemudian mendengar suaranya. "Hati-hati dengan lubang drainase. Lubangnya besar."Dia benar. Ada ceruk seperti mangkuk di permukaan lantai, dan aku melangkah hati-hati agar pergelangan kakiku tidak patah. Sebuah cahaya bersinar ke arahku dan ada PangZi serta senternya, membimbingku ke tempat yang aman.
Bentuk-bentuk muncul dari awan uap dan aku berhenti dengan hati-hati, atau bahkan takut. "Jangan berlama-lama, sialan. Kemarilah," gerutu PangZi. Dia berdiri di dekat apa yang sekarang kulihat, empat patung batu kera, masing-masing berukuran setengah manusia. Mereka berjongkok di atas alas, masing-masing berputar ke arah kompas yang berbeda. Mereka semua berdiri berdoa dan aku tahu mereka adalah Monyet Penenang Laut yang ditempatkan di dasar kolam untuk mengusir roh jahat air.
Patung monyet tersebut ditempatkan di sekeliling tablet vertikal besar, tingginya sekitar enam kaki. Ada Menyouping berdiri di sampingnya, mengamatinya dengan konsentrasi yang dalam.
Sambil berjalan mendekat, kubertanya, "Ada apa? Apa yang kamu ingat?"Dia menunjuk dan aku melihat sesuatu tertulis di bagian depan tablet dengan huruf kecil.
PangZi berlarian, bertanya, "Ada apa di sana?"
"Beberapa kalimat yang mengatakan bahwa pemilik makam ini membangun istana surgawi dan pintu menuju ke sana ada di tablet ini. Bagi orang-orang yang memiliki ketertarikan yang sama dengan tempat ini, pintunya akan terbuka dan akan membawa mereka ke surga."
PangZi mendengus. "Dan di mana sebenarnya pintu itu?""Ini kemungkinan besar merupakan teks Zen, yang dapat ditafsirkan berbeda-beda oleh setiap orang yang membacanya," jelasku. "Itu mungkin tidak berarti pintu secara harafiah, hanya saja pesan di sini akan membawa kita ke sebuah pintu masuk."
"Astaga," umpat si Gendut. "Di mana kata-kata yang kamu bicarakan? Aku tidak bisa melihat apa pun di tablet itu."
Aku melihat lagi dan sekarang tablet itu tidak ada ukiran sama sekali, hanya sangat halus seperti sepotong batu giok. "Tentu saja tidak ada apa-apa di sana sekarang. Dikatakan bahwa itu hanya ada bagi mereka yang memiliki kesamaan dengannya. Kedekatan apa yang mungkin ada antara kamu dan surga?"
PangZi meludah, membungkuk, dan mulai meraba-raba di dalam air. "Aku tidak peduli jika ada kedekatan antara aku dan surga, asalkan ada kedekatan antara aku dan harta karun. Jika ada sesuatu di sini, aku akan menemukannya."
Aku menoleh untuk melihat Menyouping yang pucat dan berkeringat. "Apakah kamu baik-baik saja?" Aku bertanya padanya, tapi dia diam-diam menatap tablet itu seolah-olah ada sesuatu yang ingin kukatakan padanya, meski sejauh yang bisa kulihat, tidak ada apa-apa lagi di tablet itu.
PangZi mengeluarkan suara teriakan. "Lihat apa yang kutemukan!" Tangannya yang basah kuyup memegang sepasang kacamata selam. "Pasti ada seseorang di sini sebelum kita datang."
"Saat Sanshu keluar dari makam ini setelah perjalanan pertamanya, dia tidak mengenakan perlengkapan menyelam. Mungkin itu miliknya. Apakah ada benda lain di sana?"
Sebagai balasannya, PangZi mengeluarkan tangki oksigen. Dia mengujinya, tetapi tidak berfungsi lagi dan dia melemparkannya kembali ke dalam air. "Semua yang ada di sini sepertinya sudah usang dan tidak berguna. Sungguh menyebalkan jika kita turun ke sini, mempertaruhkan nyawa kita, dan tidak menemukan apa pun. Menurutku, ayo kita keluar dari sini sekarang. Air bisa dengan mudah membanjiri kolam lagi dan kita akan tenggelam." menjadi kacau bahkan jika kita tiba-tiba bisa terbang."
"Akhirnya kau masuk akal, wahai Pria Gendut," kataku dan berbalik untuk meraih Menyouping. Dia telah menghilang dan ketika saya menelepon, tidak ada jawaban.
"Sialan orang ini—dia seperti hantu, menghilang dan muncul kembali, menyebalkan," kata PangZi, dan untuk kali ini aku tidak punya keinginan untuk berdebat dengannya. Kami mencari dan meskipun area tempat kami dikurung kecil, kabutnya tebal. Butuh beberapa waktu sebelum akhirnya kami menemukannya, sedang berjongkok di pojok.
Seluruh tubuhnya menjerit putus asa dan matanya tampak seperti mata orang mati.Saat aku menghampirinya, dia menatapku dan bergumam seolah tenggorokannya sakit saat berbicara. "Apa yang terjadi dua puluh tahun lalu. Aku dapat mengingatnya sekarang.
Dengarkan dan aku akan menceritakan semuanya padamu..."
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2
ActionKita lanjutkan petualangan bersama Wu Xie di dasar laut. Apakah kali ini dia akan bertemu si Muka Datar aka Menyouping lagi? Lalu bagaimanakah sebenarnya kisah cinta tragis Wu Sanxing dan WenJin? Apakah akan ada monster lagi yg akan mengejar Wu Xi...