29. Tablet

12 1 0
                                    

Gelembung-gelembung meletus dan kemudian kembali ke bentuknya saat kami menatap air.  Sepertinya ada sesuatu atau seseorang yang sangat besar sedang bernapas di bawah permukaan kolam dan kami segera bersiaga penuh, senjata siap, punggung menempel ke dinding.  Air tampak seperti mendidih selama sekitar lima menit dan kemudian berhenti ketika suara misterius muncul dari dalam kolam.

Ketinggian air mulai surut dan selusin pusaran air kecil muncul di permukaan, dengan air memercik ke tepi kolam seolah-olah selusin toilet disiram secara bersamaan.  Peti mati itu berputar di tengah seperti gasing yang berputar dan dalam beberapa menit kolam itu menjadi dua atau tiga kaki lebih rendah dari ketinggian aslinya.

Aku mengarahkan sinar senterku ke dalam air dan melihat di dinding bagian dalam kolam ada sebuah tangga, berputar ke bawah menuju dasar.
Dengan suara mendesing, air mengalir ke dalam kegelapan dan kami dapat melihat bahwa dinding kolam berbentuk mangkuk, lebar di atas, sempit di bawah, dan kedalaman dua puluh kaki.  Kabut berputar-putar dalam awan yang menyerupai uap di atas dasar dan mustahil untuk melihat apa yang ada di bawah kami.

Kami masih membawa lampu sorot bawah air yang mungkin bisa menembus kabut, aku menyadarinya, dan kami semua memfokuskan sinar kami ke tirai uap.  Samar-samar kami dapat melihat bahwa dasar kolam merupakan permukaan datar melingkar yang ditutupi ukiran relief dan lubang-lubang besar, seperti saluran air, di lantai.  Kami menatap melalui bayangan kabut yang berkelap-kelip dan PangZi berteriak, "Hei, lihat! Apa itu tablet yang ada di tengah dasar kolam?"

"Matamu seperti asam baterai—matamu membakar segalanya. Aku hampir tidak bisa memahami apa yang kamu bicarakan," jawabku.

"Siapa yang tahu ke mana arah tangga ini? Mari kita lihat—mungkin masih ada terowongan lagi," teriak PangZi dan berlari ke dasar kolam, sambil berseru balik, "Jangan khawatir. Aku hanya akan melihat-lihat."  dan jika tidak ada yang sepadan dengan waktu kita, aku akan segera kembali."
Aku tahu dia terlalu keras kepala untuk berhenti;  yang bisa kulakukan hanyalah melihatnya pergi dan berharap yang terbaik.  Dia berjalan berkeliling dan kemudian membungkuk seolah sedang memeriksa sesuatu.  Sambil menegakkan tubuh kembali, dia berteriak kepada kami, "Persetan, ada sesuatu yang tertulis dalam bahasa Inggris di sini!"

"Apa yang kamu bicarakan?"  aku balas berteriak.  "Bagaimana bisa ada tulisan berbahasa Inggris di makam kuno? Apakah kamu yakin tidak sedang melihat ukiran bunga, bajingan bodoh?"
PangZi tampak kesal.  "Jadi bagaimana kalau aku bukan sarjana brilian sepertimu?
Mungkin aku tidak bisa membaca bahasa Inggris tapi aku tahu alfabet.  Berhentilah menjelek-jelekkanku dan turunlah dan lihat sendiri apakah kamu tidak percaya padaku—jika kamu berani, kamu pengecut."

"Bacakan untukku," ejekku dan dia meraung, "Jika aku bisa membaca, kenapa aku harus membiarkan bangkaimu yang tidak berguna itu berkeliaran? Turun ke sini, sialan."

Sambil menghela nafas, dengan enggan aku menuruni tangga yang basah dan licin.

Untungnya mereka kuat, diukir dari granit, jadi aku tidak takut mereka akan roboh di bawah kakiku.  Dengan Menyouping di belakangku, aku mendekati tempat dimana PangZi menunggu, sambil menunjuk ke dinding.
"Lihat ini dan beri tahu aku jika aku tidak benar. Jika ini bukan bahasa Inggris, aku akan menggendongmu keluar dari makam di punggungku, di setiap langkah."

Aku melihat huruf-huruf yang dipahat di dinding batu.  Mustahil untuk mengetahui kapan tulisan itu dibuat, seribu tahun yang lalu, atau bulan lalu.  Tiba-tiba aku teringat pada murid-murid yang datang bersama pamanku dua puluh tahun yang lalu.  Mungkinkah mereka menulis kata-kata ini di sini saat Sanshu tidur?
Mungkinkah hilangnya mereka ada hubungannya dengan kolam aneh ini?
Karena kesal karena diamnya aku, si Gendut memukul punggungku dan berteriak, "Ayolah, akui saja, aku benar, bukan?"
"Ya, aku minta maaf. Ini bahasa Inggris."

Senang dengan dirinya sendiri, PangZi membual, "Aku tahu ini adalah situasi yang kacau.
Bagaimana kita bisa menghabiskan begitu banyak waktu di sini tanpa menemukan harta karun apa pun?  Tamu-tamu Asing kitalah yang menghajar kita hingga habis dan merampas segalanya, seperti yang telah mereka lakukan sejak Pemberontakan Boxer. Bajingan-bajingan itu tidak pernah meninggalkan apa pun bagi kami yang merupakan warga Tiongkok dan benar-benar pantas mendapatkan penghargaan dari sejarah kami sendiri."

Aku berpikir sejenak dan mengatakan kepadanya, "Kau tidak tahu pasti apakah orang asing ada di sini; kami orang Tionghoa juga bisa membaca dan menulis bahasa Inggris dan lebih efisien digunakan saat mengukir batu—lebih cepat menulis daripada bahasa kami sendiri  . Begini, surat-surat ini adalah inisial dan menurutku itu semacam pesan yang ditulis dengan tergesa-gesa. Mungkin saat darurat dan seseorang ingin meninggalkan informasi untuk temannya yang akan datang nanti."

"Kamu mungkin benar," PangZi mengakui.  Menurutmu apa yang mereka lakukan di sini? Menurutmu apakah masih ada barang berharga yang bisa kita temukan?

Aku tahu betul ke mana arah pikirannya dan mengabaikannya, tapi dia terus mengoceh.  "Yang kita punya sekarang adalah waktu. Mari kita lihat. Mungkin kita akan menemukan beberapa benda yang terbuat dari perunggu atau tembaga yang bisa kita gunakan untuk menggali jalan keluar, serta benda-benda lain yang membuat hidup kita lebih baik setelah kita menemukannya.  jalan kembali ke lahan kering."

Saat aku hendak memberitahu PangZi bahwa aku tidak peduli mencari harta karun untuk membuat masa depanku bahagia jika itu berarti aku akan menyerahkan hidupku untuk membayarnya, Menyouping berbicara.
"Sepertinya aku pernah ke tempat ini sebelumnya."

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang