12. Pamanku, Sang Penipu

16 2 0
                                    

Apa sih, pikirku, mungkinkah ini buku Sanshu?  Kenapa ada di kapal ini?

Misalkan sebelum kapal ini tenggelam, ada dua orang di dalamnya yang kebetulan bernama Wu Sanxing dan Chen Wen-Jin.  Dan anggap saja kedua orang ini juga datang ke terumbu karang Xisha dalam ekspedisi arkeologi dua puluh tahun yang lalu—dan kebetulan mereka memiliki nama yang sama dengan Sanshu dan cintanya yang telah lama hilang.  Kemungkinan terjadinya kebetulan-kebetulan ini sangat kecil sehingga sama saja dengan jika aku memenangkan lotre lima juta yuan tiga kali berturut-turut.

Betapapun kerasnya aku berpikir, tidak ada penjelasan lain yang valid mengenai buku catatan ini—buku catatan itu pasti ditinggalkan oleh pamanku dan kelompoknya.  Prasasti itu memberi tahuku bahwa Sanshu telah memberikan buku itu kepada Wen-Jin sebagai hadiah dan dia menggunakannya untuk mencatat catatan harian ekspedisi mereka.

Jelas sekali perahu berhantu ini adalah bagian dari petualangan naas Sanshu;  mungkin perahu nelayan yang lebih besar lah yang membawa rekan mereka yang mati ke pantai dan tidak kembali tepat waktu untuk menyelamatkan mereka dari tsunami.

Begitu banyak pertanyaan datang bersama buku catatan ini sehingga kepalaku mulai pusing.
Hanya ada sedikit orang yang bisa memberikan jawaban atas apa yang menggangguku—yang kumiliki hanyalah bayang-bayang kebenaran dan tidak ada bukti kuat yang bisa menghubungkan teori-teoriku.  Seandainya saja paman tua brengsek itu menceritakan kepadaku keseluruhan kisahnya, aku mungkin sudah memiliki kunci seluruh misterinya sekarang.

Mungkin buku catatan ini mempunyai petunjuk yang kuperlukan; Aku membukanya dan mulai membacanya.

Wen-Jin adalah pencatat yang rajin—dia menulis dengan gaya yang sama setiap hari, dengan rapi dan jelas.  Buku ini dimulai dengan hari mereka memulai ekspedisi—15 Juli. Dia mencatat nama semua orang dan bajingan Wu Sanxing, alias Sanshu, benar-benar pemimpinnya.

Apa panggilan untuk si Muka Datar?  Samar-samar aku ingat Sanshu memberitahuku bahwa nama belakangnya adalah Zhang—jadi aku memeriksanya dari atas ke bawah, dan benar saja ada seseorang bernama Zhang Qiling.  Aku ingat tato qilin yang kulihat di punggung si Muka Datar yang berlumuran darah di gua zombie dan berpikir sial, mungkinkah itu dia?

Aku membalik halamannya lagi.  Bagian pertama dari catatan Wen-Jin menggambarkan bagaimana kelompok tersebut menemukan dan mengidentifikasi makam bawah laut.  Ini adalah laporan yang jauh lebih rinci daripada yang aku terima dari pamanku.  Wen-Jin dengan cermat mencatat semuanya, sampai ke jenis tali yang mereka gunakan.  Dia adalah kebalikan dari Sanshu yang tidak berpendidikan dan bodoh, dan aku tidak tahu bagaimana mereka berdua bisa tertarik satu sama lain.

Karena ingin mengetahui apa yang menimpa kelompok tersebut, aku membuka halaman terakhir buku catatan itu—dan kemudian aku berharap tidak melakukannya.

Yang perlu kubaca hanyalah beberapa baris kisah Wen-Jin yang membuatku benar-benar ngeri—pamanku adalah bajingan yang diperbesar hingga pangkat seratus.
"21 Juli," tulisnya dalam naskahnya yang hati-hati, "Pertama kali masuk ke makam bawah laut. Kru: Wu Sanxing. Kemajuan: Membersihkan ruang telinga kiri dan koridor. Bersiap untuk membersihkan ruang belakang. Pekerjaan: Mengubah ventilasi makam dengan  penggunaan pompa udara. Mempersiapkan pembersihan yang lebih lama. Relik yang diperoleh: Peti mati kayu emas yang diukir dengan burung phoenix ganda dan elang (peti mati bayi). Catatan: Peristiwa darurat, catatan rinci akan diselesaikan nanti."

Lalu hanya ada satu entri lagi: "23 Juli, Kedua kalinya ke makam bawah laut. Kru: Semua anggota. Kemajuan: Tidak ada. Pekerjaan: Untuk menghindari badai monsun. Relik yang diperoleh: Tidak ada. Catatan: Tidak ada."

Jadi Sanshu telah memasuki makam itu satu kali sebelum mereka semua masuk bersama-sama.
Dengan bakatnya dalam menjarah dan menjarah, dia pasti mengambil kesempatan untuk mengambil bagiannya dan banyak lagi.  Wen-Jin hanya menulis di sini bahwa dia telah melakukan pembersihan ruang telinga dan koridor.  Tapi siapa yang bisa mengetahui apakah dia telah memasuki ruang belakang atau tidak?  Dia mungkin sudah mengambil harta karun di peti mati.

Dengan cepat kubaca jurnal itu;  Ada banyak detail berguna dalam catatan itu, tapi itu tidak cukup penting sehingga aku perlu membacanya dengan cermat sekarang.  Aku mengembalikan buku catatanku ke dalam tas tahan air dan memandang ke arah A Ning, yang tidak memperhatikanku atau penemuanku.
Sebaliknya dia berusaha sekuat tenaga untuk menghilangkan lapisan karat laut di dinding yang membentuk sekat di kamar kapten.

Dia bergerak cepat, seolah-olah dia tidak hanya mencoba mengupas lapisan itu tetapi juga menghancurkannya hingga berkeping-keping.  Dia telah membersihkan separuh dinding, dan aku dapat melihat karat di bawah laut adalah baja.  Dia melanjutkan pengupasan hingga titik di mana lambung kapal dan sekatnya menyatu, dan kami dapat melihat bahwa keempat sisi dinding ini dilas ke lambung baja.  Pintu pada partisi tersebut juga terbuat dari baja, dengan kunci pengaman berputar yang terlihat seperti setir mobil.

Saat dia mengikis, A Ning bergumam, "Jangan takut. Jangan takut. Aku akan segera mengeluarkanmu."

Apakah wanita ini sudah keluar dari situ atau apa?  Aku mengawasinya dengan agak waspada saat dia dengan rapi mengikis semua karat laut dan menemukan lapisan karet yang ditempatkan di antara pintu dan kusen untuk membuat segel kedap udara. A Ning mulai berusaha dengan tekun untuk memutar roda yang mengunci pintu tetapi kekuatannya tidak cukup.

Bukan hanya rodanya yang berat dan sulit untuk diputar, namun kuncinya juga sudah sangat berkarat sehingga hanya seorang pelaut berotot yang mampu membukanya.

"Biarkan saja ini." Aku mencoba menghentikan A Ning.  "Kita tidak tahu apa yang ada di balik pintu itu dan kita tidak punya senjata untuk digunakan kalau-kalau ada monster yang mengintai di sana. Aku tidak ingin mati, kalau kamu?"

A Ning terus bergulat dengan kemudi tanpa menjawab, dan aku mulai menyesal telah datang menyelamatkannya.  Aku melipat tanganku dan marah pada kekeraskepalaannya, melihatnya menyia-nyiakan tenaga dan waktu kami.  Ketika dia menoleh ke arahku, aku yakin dia sudah siap untuk menyerah dan meninggalkan tempat ini tetapi dia malah bersandar ke belakang sambil berteriak.

Kedua tangan mengerikan itu muncul dari balik rambutnya dan mencengkeram roda kunci.  Dari balik pintu terdengar suara bongkahan besar besi berkarat yang jatuh ke lantai geladak.

Jadi di situlah tangan-tangan sialan itu bersembunyi.  Aku bergidik dalam diam dan bertanya-tanya siapa yang menggumamkan "Aku akan membiarkanmu keluar" semenit yang lalu: wanita ini atau hantu?

Kunci terbuka dan tangan-tangan mengerikan itu menarik-narik pintu.  Kemudian dengan suara keras, gempuran air menyapu pintu dan membukanya lebar-lebar, menghantam punggung Ning.  Dia terbang mundur ke arahku dan kami berdua terjatuh di geladak.  Sebelum aku sempat bangun, ombak menerjang kami, menghantam kepalaku dan mendorong kami semakin mundur.  Mendongak, aku melihat wajah raksasa, ditutupi sisik ikan, menatap kami dari pintu yang terbuka.

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang