17. Wajah-Wajah Batu

17 1 0
                                    

Hanya butuh beberapa menit untuk mencapai gua tersebut.  Seseorang baru-baru ini menggunakan dinamit untuk meledakkan lubang besar di dasar laut, dan di dasarnya terdapat lubang menuju gua.  Bagiku, itu jelas terlihat seperti karya Sanshu.

Beberapa jangkar batu tergeletak berserakan, tetapi mustahil mengetahui apakah jangkar itu sama dengan yang diceritakan pamanku.  Garis besar makam yang disurvei Sanshu masih terlihat jelas.  Kami menyelidiki bukaan gua untuk memastikan kestabilannya tidak terganggu akibat ledakan, tapi kelihatannya baik-baik saja—tampaknya keterampilan Sanshu masih sempurna.

Si Gendut melambai kepadaku sebagai tanda untuk memasuki terowongan gua.  A Ning melirik arlojinya dan mengangguk setuju.  Kami semua mengikuti si Gendut saat dia menghilang ke dalam lubang dan dalam hitungan detik kami sudah berada di bawah dasar laut.

Struktur terowongannya sangat tidak beraturan, terkadang lebar, terkadang sangat sempit.  Tampaknya makam itu digali oleh seekor anjing untuk menyembunyikan tulangnya, bukan hasil kerja perampok makam yang hati-hati dan teratur.

Kami berenang melampaui jangkauan cahaya yang masuk melalui bukaan gua.  Tiba-tiba, arah terowongan berubah menjadi vertikal tajam, dan kami berhenti untuk istirahat sejenak.  Si Gendut memberi isyarat agar kami berhati-hati dan kemudian dia berenang sendirian.  Dia memberi isyarat bahwa keadaan aman untuk diikuti dan satu demi satu, kami terjun kembali ke dalam terowongan.

Ada dinding makam, dengan lubang besar di dalamnya.  Aku melihatnya dengan bingung.  Berbeda dengan proses hati-hati yang dilakukan para perampok makam dengan membongkar tembok bata demi bata, bentuk lubang ini tidak beraturan, banyak batu bata yang retak parah.  Sambil menunjuk batu bata yang rusak, si  meniru gerakan monyet dan aku mengerti.  Lubang ini mungkin bukan awal dari terowongan perampok;  bisa jadi itu ulah monyet laut.
Mengangguk, aku menunjuk speargun di punggungnya.  Dia mengambilnya dari sarungnya, mengokangnya, dan berenang menuju lubang.

Ini adalah kedua kalinya aku memasuki makam kuno.  Meskipun aku bersemangat, aku mengingat pengalaman terakhirku dan merasa sedikit tidak nyaman.  Kami berada di dasar laut yang tekanan airnya membuat kami sulit bergerak.
Jika ada bahaya, saya khawatir kami tidak dapat melarikan diri secepat di darat.

Terowongan kuburan itu jauh lebih luas dari yang kubayangkan.  Aku menyalakan senter tahan air dan mengikuti pantat si Gendut.  Kami membawa banyak cahaya, sehingga terowongan kuburan mendapat penerangan yang baik.  Aku melihat ke dinding makam dan benar saja, dinding itu diukir dengan wajah manusia yang digambarkan oleh Sanshu.  Semuanya dirancang dengan halus dan indah dengan ukiran binatang aneh di setiap wajahnya, binatang buas yang merupakan penjaga kuburan tradisional.  Tak satu pun dari mereka memiliki ukiran mata di kepala mereka, yang membuat mereka tampak menakutkan.

Tiba-tiba aku melihat di salah satu wajah manusia terukir sesuatu yang tampak seperti tiga Ikan Perunggu dengan Alis Ular.  Jantungku terasa sesak di dadaku, dan aku buru-buru menarik si Gendut untuk berhenti sementara aku berenang untuk memeriksa wajahnya.

Karena tidak tahu apa yang kutemukan, si Gendut dengan tidak sabar memberi isyarat agar aku terus berjalan tetapi aku mengabaikannya.  Ketiga ikan itu dihubungkan dari ujung ke ujung dalam sebuah cincin.  Dua seperti yang ada di tasku sementara yang ketiga memiliki tiga mata.  Wajah yang diukir pada ikan itu adalah wajah perempuan dengan ciri-ciri yang lembut dan halus.  Aku ingin memeriksanya lebih dekat, tapi A Ning mendesakku untuk segera bergerak sehingga aku tidak punya pilihan selain terus berenang.

Untungnya, wajah yang sama muncul kembali saat aku berenang dan aku masih bisa mengintipnya.  Entah bagaimana hal itu membuat terowongan itu terasa tidak menyenangkan dan aku mengetahui alasannya ketika terowongan itu muncul di dinding untuk kelima kalinya.

Wajah pertama yang kulihat, matanya tertutup.  Yang ada di dinding kedua sepertinya membuka matanya sedikit.  Pada wajah ketiga dan keempat, mata terbuka semakin lebar.  Sekarang, pada yang kelima, mataku hampir ternganga.

Aku menghentikan si Gendut, mengeluarkan papan gambar bawah air, dan menulis, "Mata dari wajah-wajah yang diukir di dinding ini perlahan-lahan terbuka. Itu pertanda buruk—perhatikan!"

Si Gendut menggelengkan kepalanya dan menulis, "Apa masalahnya? Ini hanya pahatan batu, bukan makhluk hidup—kamu terlalu banyak berpikir. Kamu selalu melakukannya."

Aku menggelengkan kepalaku dan menyuruhnya mengeluarkan tombaknya.  Sesaat kemudian, aku melihat ukiran yang sama lagi.  Saat ini si Gendut sedikit terguncang oleh apa yang kukatakan padanya.  Dia berhenti dan mengarahkan lampu sorotnya ke ukiran itu.  Mata di wajah itu terbuka sepenuhnya, menatap ke depan.  Si Gendut menggerakkan cahayanya maju mundur, mengumpulkan keberaniannya, dan menyentuh ukiran itu.  Dia memberi isyarat kepadaku seolah mengatakan tidak ada yang salah.

Aku berenang.  Benar saja, itu hanyalah sebongkah batu—tidak ada yang istimewa darinya.  Aku menyodok mata itu dengan jariku, tapi mata itu tetap tidak bergerak.  Aku merasa bodoh;  ini pasti tipuan yang dibuat oleh perancang makam untuk menakut-nakuti perampok yang mungkin memasuki terowongan.  Hal itu tentu saja membuatku kehilangan muka.

Kami terus berenang ke depan.  Aku ingat Sanshu memberitahuku bahwa dia telah terkena semacam jebakan sebelum dibawa ke ruangan misterius itu.
Namun semua dinding makam ini tampak persis sama.  Bagaimana aku bisa menemukan yang dia tabrak?

Pikiranku berpacu seperti hamster yang dikurung.  Berenang ke depan secara membabi buta bukanlah jawabannya.  Kami tidak tahu ke mana terowongan ini akan membawa kami;  itu bisa saja berbentuk lingkaran dan jika kami tersesat di sini, kami akan dikutuk.

Pada saat ini, si Gendut berhenti tiba-tiba dan aku berlari ke pantatnya. Aku pikir pasti ada masalah, membuat sarafku tegang, dan menjulurkan kepala untuk melihatnya.  Kami tidak bisa melangkah lebih jauh.  Sebuah panel batu besar menghalangi jalan.

Panelnya polos tanpa tulisan atau ukiran di atasnya.  Aku meraba-raba sebentar tetapi tidak menemukan jebakan.  A Ning memberiku sebuah catatan: "Bagaimana kita bisa melewati jalan buntu ini?"

Aku menjawab, "Pasti ada perangkat tersembunyi di dekat sini yang dapat membuka panel. Lihatlah ke sekeliling dinding."

Si Gendut mulai mengetuk sana-sini di dinding dan dengan cermat memeriksa wajah manusia yang terukir di atasnya. Aku berusaha keras untuk mengingat petunjuk yang disebutkan dalam buku catatan Wen-Jin dan menusukkan pisauku ke setiap celah di tepi batu bata, tetapi tidak berhasil.  Panel tidak bergeming.

Karena putus asa, aku berbalik untuk melihat apakah si Gendut menemukan sesuatu dan menemukan bahwa dia sedang berdiri dalam keadaan kesurupan.  Aku menepuk punggungnya dan menulis, "Ada apa?"

Dengan ekspresi bingung di wajahnya, dia bertanya, "Apakah monyet laut itu berambut panjang?"

Aku tidak tahu apa yang dia bicarakan;  Aku sebenarnya tidak terlalu memperhatikan rambut monyet laut.  Kalau dipikir-pikir, aku seperti melihat kepala botak bersisik.  "Mengapa?"  Aku bertanya.

Si Gendut menunjuk ke celah di dinding.  Mataku mengikuti arah jarinya, dan segera aku melihat sehelai rambut hitam panjang melayang di antara panel batu tulis dan terowongan.

Dari apa ini?  Aku bertanya-tanya.  Mungkinkah ada orang yang bersandar di sisi lain panel?

Berani seperti biasa, si Gendut mengulurkan tangan untuk menarik untaian itu tetapi untaian itu kembali masuk ke dalam celah.  Dia menatapku dan menulis, "Ada hantu di balik panel itu."

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang