4. Hantu Laut

35 4 0
                                    

Sanshu merasa ngeri.  Dia bisa mengerti jika satu atau dua orang hilang.  Bahkan masuk akal jika semua orang menghilang.  Tapi kehadiran orang tambahan yang muncul begitu saja sungguh sulit dipercaya.  Mungkin Wen-Jin telah melakukan kesalahan, pikirnya, dan berbalik untuk menghitung kelompoknya.  Dia mulai dengan dirinya sendiri yang pertama, Wen-Jin yang kedua, dan dia melanjutkan secara berurutan, yang ketiga, yang keempat, yang kelima, yang keenam, yang ketujuh, yang kedelapan adalah Li Sidi, dan...

Tiba-tiba dia tersedak.  Dia bisa melihat orang kesembilan bersembunyi di belakang kelompok, tampak buram dan tidak jelas;  dia mulai berkeringat.  Pamanku tidak takut pada hantu atau zombie, tapi dia tidak tahu apa yang tersembunyi di bawah permukaan laut.  Apakah zombie tahu cara berenang?  Apakah ada yang namanya zombie laut?

Dia menggelengkan kepalanya dan mulai menyalahkan Li Sidi karena begitu ceroboh, lamban, dan tidak menyadari ada sesuatu yang mengikutinya dari belakang.  Dia tidak bisa mengandalkan siapa pun kecuali dirinya sendiri.  Menemukan pisau di tas perkakasnya, dia menyembunyikannya di bawah lengannya dan berenang ke arah pria kesembilan, yang berdiri tak bergerak.

Li Sidi melihat Sanshu menyerbu ke arahnya dan menyadari ada sesuatu di belakangnya.  Dia menoleh untuk melihat, tetapi saat dia bergerak, orang kesembilan juga bergerak, seolah meniru.  Karena khawatir, Li Sidi mundur beberapa langkah.  Orang kesembilan juga mundur beberapa langkah.

Ini bukan hanya aneh, tapi juga menggelikan, pamanku memutuskan dan mengarahkan senternya ke orang kesembilan.  Terkejut oleh cahaya, orang asing itu bergegas mundur untuk melarikan diri, dan pamanku melihat wajah buas dan mengerikan yang dipenuhi sisik.

Dengan panik Li Sidi menatap Sanshu, mulutnya terentang dalam jeritan yang hening di balik helmnya.  Sadar dia histeris, pamanku melepas helmnya dan menamparnya.  Li Sidi terjatuh kembali ke dinding terowongan dan terowongan itu tertekuk karena bebannya.  Air mengalir melaluinya seperti sungai yang banjir dan Sanshu serta teman-temannya tersedot melalui dinding seperti kecoak di toilet.

Pamanku tidak tahu berapa kali dia diputar-putar.
Dia merasa seolah-olah jantung, paru-paru, dan hatinya telah didorong ke sisi kiri tubuhnya.  Kepalanya membentur sesuatu tetapi helmnya melindunginya.
Melihat ke atas, dia melihat dia berada di sebuah ruangan, tidak lagi berada di dalam air, dan teman-temannya ada bersamanya.  Dia memeluk Wen-Jin dengan erat, dan kemudian melihat sekeliling mereka.  Mereka berada di dalam makam.

Sanshu merogoh saku ritsleting pakaian selamnya dan mengeluarkan korek api tahan air.  Koreknya menyala, yang membuktikan ruangan itu memiliki oksigen.  Dia melepas helmnya dan teman-temannya mengikuti teladannya.  Ada aroma menyenangkan di dalam ruangan, aroma ringan yang sangat menyegarkan.
"Dari mana datangnya aroma itu?"  Wen-Jin bertanya dan pamanku mengangkat bahu, "Aku sudah berada di banyak kuburan yang berbau busuk tapi tidak pernah menemukan satu pun yang berbau harum ini, seandainya kalau aku tahu."

Dia menyapu ruangan dengan senter kecil yang disimpan dengan aman di dalam sakunya.  Ruangan itu, dia menyimpulkan, pasti merupakan salah satu ruang telinga, karena tidak ada peti mati di dalamnya.  Tumpukan porselen tergeletak di lantai, mungkin digunakan oleh penghuni makam sebelum dia meninggal.  Di tengah ruangan ada bukaan melingkar yang sepertinya mengarah ke luar.

Di dinding, telah dilukis mural yang telah rusak selama berabad-abad;  sosok-sosok bayangan yang tergambar di dalamnya berbentuk manusia—tinggi, pendek, gemuk, berjalan, menari.  Masing-masing digambar secara realistis seolah-olah difotokopi—dengan satu ciri yang aneh.  Perut mereka semua sangat besar, seolah-olah semua sosok itu sedang hamil.

Meskipun Wen-Jin pernah mempelajari seni mural kuno, dia sama bingungnya dengan sosok-sosok ini seperti halnya pamanku, namun Li Sidi mulai menjerit.  "Hantu laut— ini kuburan hantu laut!"

Sanshu teringat monster yang baru saja mereka temui beberapa waktu lalu.
Mungkinkah itu hantu laut?  Dia tahu itu hanya akan menimbulkan kepanikan jika dia mengungkapkan kemungkinan itu, jadi dia memutuskan untuk menyimpan pemikiran ini untuk dirinya sendiri.

Melihat ke arah kelompok itu, dia melihat beberapa dari mereka sudah mulai berjalan menuju pintu ruang telinga.  "Berhenti," dia memperingatkan mereka.  “Kita tidak memiliki peralatan penggalian atau perlengkapan pertolongan pertama. Tunggu di sini, kalian semua. Kita tidak tahu apakah ada jebakan di makam ini. Kita sedang mencari perlindungan, jadi semua orang harus bersyukur dan bersabar."

Meski enggan menurut, para siswa mulai mengamati porselen penguburan.  Sekilas Sanshu tahu bahwa ini berasal dari awal Dinasti Ming.  Sial, dia bertanya-tanya, mungkinkah ini benar-benar tempat pemakaman putra Shen Manzo?

Tapi dia telah melihat banyak barang antik dalam karyanya dan tidak tertarik padanya.  Saat ini, dia lebih khawatir apakah ada cukup udara untuk semua orang di ruangan ini.  Dia memeriksa lagi jumlah orangnya;  sekali lagi hanya ada delapan orang dan ketika dia membiarkan dirinya merasa lega, dia menyadari betapa lelahnya dia.  Dia mulai menguap;  aroma harum di udara sepertinya memiliki efek menenangkan.  Tiba-tiba dia merasa tidak mampu menahan kelopak matanya agar tidak terkulai dan berkata pada Wen-Jin, "Aku akan tidur sebentar. Bangunkan aku sekitar satu jam lagi."

Samar-samar dia bertanya-tanya apakah aroma yang memenuhi lubang hidungnya berasal dari sesuatu di dalam kubur atau dari manisnya rambut Wen-Jin, tapi sebelum dia bisa memutuskan, dia sudah tertidur lelap.

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang