Pangzi terbatuk dan meludah beberapa kali lagi. "Jangan biarkan aku menggantung—katakan padaku, sialan," kataku, dan dia memelototiku.
"Setidaknya kamu bisa bernapas sedikit saat kamu tergantung. Beri aku waktu sebentar.
Ini terjadi begitu cepat sehingga aku tidak bisa menceritakan semuanya sekaligus. Biarkan aku menyatukan pikiranku di sini."Wajahnya abu-abu dan suaranya mencicit seolah-olah masih ada air di paru-parunya. Aku memukul punggungnya dengan keras, dan dia membungkuk, memuntahkan cairan hitam.
"Oke, baiklah, cukup," dia tercekat. "Aku akan mati jika kamu terus memukulku seperti itu.""Cepat ceritakan padaku apa yang terjadi pada kalian."
Dia membuang ingus dan memberiku penjelasan singkat tentang apa yang telah mereka alami. Ceritanya agak tidak koheren tapi dia memberiku gambaran umum dan itu lebih dari cukup membuatku merasa tidak nyaman.
Saat aku menatap kosong ke arah bejana porselen di ruangan di ujung koridor, PangZi memanggilku beberapa kali, mendesakku untuk bergegas, tapi aku sibuk dan tidak mendengarkannya. Kurangnya responsku dan tidak diragukan lagi obsesinya terhadap batu giok dan gading berharga di ruangan lain membuatnya memutuskan untuk lari kembali sendirian. Dia beralasan bahwa aku akan kembali sendiri setelah memilih mangkukku. Lagi pula, kedua ruangan itu hanya berjarak lima atau enam langkah satu sama lain—apa yang salah?
Apa yang terjadi selanjutnya mengalihkan perhatiannya sehingga dia lupa bahwa aku ada.
PangZi kembali ke peti mati dan dia serta Menyouping mulai menyendok air. Segera mayat itu melayang di atas permukaan air dan PangZi hampir muntah ketika dia melihatnya dengan baik. Tumor yang sebelumnya dia duga adalah kepala sebenarnya adalah payudara wanita yang sangat besar dan gemuk, begitu menjuntai hingga menggantung di batang tubuh yang bengkok. PangZi terkesima; dia tidak pernah mengira kalau mayat itu mungkin seorang wanita.Karena ada dua belas lengan, seharusnya ada dua belas payudara tetapi di bagian depan badan hanya ada lima. Mungkinkah yang lain ada di belakang? Dia dan Menyouping memikirkan hal ini ketika mereka mencoba mencari cara untuk mengangkat tubuh itu keluar dari peti mati.
Dalam upaya pertama mereka untuk mengangkat mayat tersebut, PangZi menggunakan speargunnya sebagai pengait untuk memegang tubuh tersebut. Namun dagingnya terlalu lembut, hampir seluruhnya tertutup lilin, dan sangat halus sehingga tidak ada noda yang bisa digenggam.
Mereka mengenakan sarung tangan dan mencoba menggenggamnya, namun hal ini bahkan lebih mustahil lagi.
Tubuhnya licin seperti sabun dan ketika disentuh mengeluarkan minyak yang sangat menjijikkan.Akhirnya, Menyouping memberikan solusi. Mereka melepas bajunya, melilitkan satu di sekitar kepala tubuh dan yang lainnya di sekitar kaki. Dengan pistol sebagai tiang pembawa, mereka mengangkat mayat itu dan membaringkan wanita yang meninggal itu di tanah.
Di bawah cahaya terang lampu, mereka dapat melihat mayat dengan cepat menjadi hitam dan kering, sehingga mereka dapat memeriksanya lebih dekat. Payudaranya yang lain telah terpotong, meninggalkan beberapa bekas luka sebesar mangkuk di kedua sisi tubuhnya, yang tidak terpelintir seperti yang mereka duga tetapi terdistorsi oleh gundukan timbunan lemak yang sangat besar.
Pada mulanya mereka menganggap perut raksasa mayat tersebut disebabkan oleh banyaknya lemak tubuh yang dimilikinya, namun kini mereka dapat dengan jelas melihat bahwa pada saat kematiannya, ia sedang mengandung seorang anak—perutnya mengandung alam semesta lain di dalam gulungan dagingnya.Setelah jenazah diangkat dari peti mati, mereka bisa melihat loh batu itu dengan jelas. Menyouping mengidentifikasinya sebagai peti mati yang berat, diletakkan di sana agar peti mati tersebut tidak mengapung ke permukaan air jika segel kedap udara makam tersebut rusak.
Di permukaannya yang kasar terukir sebaris teks panjang dan ketika Fats tidak bisa menguraikannya, dia akhirnya mengingatku. Saat itulah kedua temanku menyadari bahwa pintu yang akan membawa mereka ke koridor telah menghilang.
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2
ActionKita lanjutkan petualangan bersama Wu Xie di dasar laut. Apakah kali ini dia akan bertemu si Muka Datar aka Menyouping lagi? Lalu bagaimanakah sebenarnya kisah cinta tragis Wu Sanxing dan WenJin? Apakah akan ada monster lagi yg akan mengejar Wu Xi...