Deknya, yang terkorosi oleh karat selama bertahun-tahun, mengerang karena bebanku, tetapi aku tidak punya waktu untuk khawatir tentang cacat struktural apa pun. A Ning sudah setengah jalan masuk ke dalam kabin yang gelap. Akupun meraih kakinya, menariknya ke arahku dengan seluruh energi yang tersisa. Dia lemas dalam bobot mati dan sulit untuk digenggam karena pakaian selamnya yang licin. Inci demi inci, dia masih ditarik menuruni tangga sempit menuju kabin.
Aku melemparkan diriku ke atas tubuhnya, menempel di pinggangnya saat aku menariknya.
Kini setelah berat badanku digabungkan dengan berat badannya, aku yakin tangan lemah seperti tongkat itu tidak akan mampu mempertahankan genggamannya.Namun saat aku melemparkan bebanku pada A Ning, dek itu runtuh di bawah kami, menjatuhkan kami berdua ke dalam kabin di bawah. Kami mendarat dengan sentakan keras dan aku duduk dengan gemetar. A Ning, yang tersadar saat terjatuh, berteriak padaku, "Bangunlah - kamu meremukkanku sampai mati!"
Aku menyadari bahwa aku sedang bertengger di pantatnya dan buru-buru melepaskan diri, sambil berpikir ini tidak terlalu buruk. Biasanya dalam film horor, wanita selalu berada di atas, tetapi aku tidak keberatan sedikit pun dengan penyimpangan dari adegan konvensional. Saat A Ning berjuang untuk duduk, aku tidak bisa lagi melihat tangan yang menempel di bahunya dan bertanya, "Kemana perginya tangan sialan itu?"
Dia menyentuh bahunya dengan ekspresi bingung dan lega. "Aku tidak tahu," jawabnya. "Setelah kita terjatuh, aku begitu linglung dan pusing hingga aku tidak menyadari apa pun kecuali kau meremukkanku hingga rata."
Aku menggelengkan kepalaku. "Tangan-tangan yang menyeretmu ke dalam kabin bukanlah khayalan kita, tangan-tangan itu nyata dan mustahil mereka akan lenyap. Proses jatuh kita pasti telah menyentaknya dari bahumu, lihat, dan lihat apakah kamu sedang berbaring di atas mereka."
A Ning tampak sakit dan segera bangkit untuk melihat apa yang mungkin ada di bawahnya. Tidak ada apa-apa. "Mungkin mereka tergelincir saat kita terjatuh; aku perhatikan mereka tergantung di tangga menuju kabin sebelum deknya roboh."
Kami berdua melihat sekeliling kabin; cahaya mengalir melalui lubang yang kami buat dengan menabrak dek. Dinding bagian dalam terbungkus lapisan karat putih, menutupi semua yang ada di dalamnya. Kami menembus lapisan karat yang menyelubungi objek tak dikenal dan menemukan instrumen navigasi, sangat busuk sehingga mungkin akan pecah jika kami menyentuhnya.
Dilihat dari tampilan dan luas kabinnya, aku memperkirakan perahu nelayan berlambung besi ini dibuat tiga puluh atau empat puluh tahun yang lalu. Ruangan itu dipisahkan oleh dinding menjadi tempat yang tampak seperti ruang tunggu kru, tempat tinggal kapten, dan ruang kargo, yang mungkin merupakan tempat kami berdiri. Kami tidak melihat apa pun yang menunjukkan bagaimana perahu itu sampai pada kondisi menyedihkan seperti sekarang.
A Ning menggelengkan kepalanya dan berkata, "Aku tahu sedikit tentang perahu tapi yang satu ini membingungkan semua akal sehat. Kapal itu sangat berkarat sehingga menurutku kapal itu pasti sudah berada di bawah laut selama lebih dari satu dekade."
Aku bertanya, "Mungkinkah badai membawanya kembali ke permukaan air?"
"Aku meragukannya," jawabnya. "Apa pun yang berada di dasar laut selama sepuluh tahun atau lebih akan terkubur seluruhnya di dalam pasir sekarang. Akan sulit untuk bangkit kembali bahkan dengan alat berat untuk mengangkatnya. Selain itu, lambung kapal ini sudah rapuh pada saat ini dan akan terjadi. akan hancur berkeping-keping jika tidak ditangani dengan hati-hati."
Belum ada jawaban langsung mengapa kapal yang tenggelam bisa mengapung kembali, tapi setidaknya tangan-tangan itu sudah hilang sehingga aku bisa sedikit tenang. Aku berdiri dan memberi isyarat agar A Ning bergabung denganki melihat sekeliling kabin. Dinding pembatasnya sudah tua dan lapuk, dan aku menggerakkan kakiku ke belakang untuk menendangnya dengan baik. A Ning meraih lenganku dan memperingatkan, "Ini adalah dinding pendukung yang terhubung ke geladak. Jika kamu menendangnya, aku khawatir seluruh dek akan runtuh."
Di tengah tembok ada pintu tertutup; Aku menariknya beberapa kali dan benda itu hancur berkeping-keping, memperlihatkan sebuah ruangan yang berisi rangka tempat tidur besi besar dengan lemari logam di dekatnya. Terkunci tetapi sangat terkorosi sehingga aku dapat membukanya tanpa kesulitan dan menemukan tas tahan air yang sudah tua.
Aku membukanya dan keluarlah buku catatan yang compang-camping dan hancur. Di sampulnya tertulis Catatan Arkeologi Terumbu Karang Xisha.
Aku membuka halaman judul dan melihat, tertulis dengan tulisan tangan yang anggun dan elegan: "Juli 1984-Untuk Chen Wen-Jin, dari Wu Sanxing."
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2
AcciónKita lanjutkan petualangan bersama Wu Xie di dasar laut. Apakah kali ini dia akan bertemu si Muka Datar aka Menyouping lagi? Lalu bagaimanakah sebenarnya kisah cinta tragis Wu Sanxing dan WenJin? Apakah akan ada monster lagi yg akan mengejar Wu Xi...