6. Wanita Terlarang

37 5 0
                                    

"Apa sih yang kamu lakukan?"  Aku berteriak, tapi yang kudengar hanyalah kata "lift" saat pamanku berlari menyusuri lorong.  Dia hampir bertabrakan dengan manajer hotel yang sedang mendekati kamar kami, dengan tagihan di tangan.

"Jadi pamanmu meninggalkanmu untuk mengurus pijat kakinya, bukan? Dia pelanggan yang cukup setia."  Manajer itu tersenyum.  Aku melakukan yang terbaik untuk menyamai humornya yang baik, namun senyumanku berubah menjadi seringai ketika aku melihat bahwa tagihan yang dia berikan kepadaku berjumlah lebih dari empat ribu yuan.

Aku kesal.  Sanshu sering menyatakan bahwa dia terlalu kuno untuk menggunakan kartu kredit saat bepergian.  Dia kehabisan uang tunai setelah kami membawa Panzi ke rumah sakit dan terus menggunakan uangku sejak saat itu, meyakinkanku bahwa dia akan mengganti uangku ketika perusahaannya mengiriminya lebih banyak dana.  Aku bertanya-tanya apakah tagihan pijat yang sangat besar ini adalah alasan dia melarikan diri dari tempat kejadian.
Aku merasa sangat pahit, dan kemudian ketika aku mengeluarkan dompetku, aku merasa mual hingga muntah.  Aku terlalu sibuk membayar uang untuk memperhatikan apa yang tersisa.  Jumlahnya tidak terlalu banyak.

Panzi masih koma, sendirian dan tak berdaya, tanpa seorang pun kecuali aku yang menjaganya.  Meskipun dokternya mengatakan tidak ada masalah serius pada dirinya dan bahwa tubuhnya hanya membutuhkan waktu untuk pulih, aku tahu mungkin perlu seminggu lagi sebelum dia kembali ke dunia, dan sementara itu tagihan rumah sakitnya mencapai seribu  yuan sehari.  Jumlah uang tunai yang sangat sedikit di dompetku tidak akan cukup baginya, apalagi uang yang dikumpulkan pamanku dari gadis-gadis pijat di hotel.

Aku berhasil menunjukkan senyuman yang sakit-sakitan.  "Aku tidak mempunyai cukup uang tunai saat ini. Butuh satu atau dua menit bagiku untuk membayar hutangku padamu."
Karena manajer telah menyadari betapa borosnya aku dan pamanku dalam membelanjakan uang kami akhir-akhir ini, dia meyakinkanku, "Tidak apa-apa—jangan khawatir. Lakukan apa yang perlu kamu lakukan. Kamu bisa menyelesaikannya besok."

Begitu dia pergi, aku mulai panik.  Bagaimana caranya aku bisa mendapatkan uang ini?  Pamanku entah di mana dan aku pasti tidak bisa bertanya kepada ayahku.  Aku bisa membayangkan dengan jelas apa yang akan dia katakan: "Pertama-tama, biarkan bisnismu menjadi kacau, lalu tinggalkan segalanya demi mengikuti pamanmu yang suka merampok makam—lupakan saja. Aku tidak akan memberimu satu yuan pun."

Saat aku memandang dengan mata liar ke sekeliling kamar hotel, di sudut aku melihat satu-satunya harta karun yang kami bawa keluar dari makam Penguasa Prajurit Mati, penutup peti mati dari batu giok yang dengan sangat hati-hati dibawa oleh pamanku dalam keadaan utuh.
Sanshu dan aku telah membicarakan tentang apa yang bisa kami dapatkan dari harta karun ini;  dia mengatakan bahwa uang itu bernilai satu juta yuan dan dia tidak akan pernah melepaskannya dengan harga kurang dari delapan ratus ribu.  Kedengarannya bagus bagiku.  Sudah waktunya untuk menemukan pasar barang antik setempat dan mendapatkan uang tunai.

"Bawa aku ke pasar yang memiliki pedagang barang antik paling banyak," kataku kepada seorang sopir taksi dan begitu aku tiba, aku mulai mencari toko terbesar karena toko tersebut mempunyai pelanggan lama.  Aku baru mengambil beberapa langkah ketika aku melihat di etalase toko sebuah pembakar dupa perunggu yang diukir dengan gambar perut buncit yang sama seperti yang pernah dilihat Sanshu di mural makam bawah laut.  Aku membungkuk untuk melihat lebih dekat ketika pemilik toko keluar dan berkata, "Anda adalah orang yang bisa membedakan mana yang baik dan mana yang buruk; itulah satu-satunya barang berharga di tokoku."

Aku dapat mengetahui dari aksennya bahwa pria ini berasal dari Beijing dan mungkin lebih tajam dibandingkan sebagian besar pesaingnya, jadi aku berpura-pura bodoh.  "Apa yang terukir di sana? Aneh sekali. Itu bukan dari Hainan, kan?"

Dia meraih lengan bajuku dan menarikku ke dalam tokonya.  "Akhirnya, seorang ahli!
Aku sudah memiliki karya ini selama bertahun-tahun dan kamu adalah orang pertama yang menyadarinya.  Ya, ini dari pantai, dari Hainan."

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang