Begitu tutup peti mati dibuka, bau busuk seperti ikan busuk memenuhi ruangan.
Sambil menahan napas, aku mendekat dan melihat ke bawah. Peti mati itu penuh dengan air hitam dengan kabut beruap melingkarinya. Di dalam, samar-samar aku bisa melihat begitu banyak anggota badan yang saling bertautan sehingga sulit untuk menentukan berapa banyak mayat yang ada di sana. Lengan dan kakinya ditutupi dengan lilin dan direkatkan membentuk satu mayat yang besar dan mengerikan. Dalam waktu kurang dari satu menit, aku menghitung dua belas jarum.Menyouping mengerutkan kening saat melihatnya, tapi ekspresinya sudah lebih santai dibandingkan beberapa saat yang lalu. Senjatanya tergantung di sisinya jadi aku tahu betapa mengerikannya benda ini, senjata itu jadi tampak tidak berbahaya. Aku bertanya-tanya, mengapa dia begitu gugup ketika memasuki ruangan ini?
Paku emas telah dipalu secara berjajar dari atas ke bawah peti mati setiap beberapa kaki; benda-benda itu berada di bawah air sehingga tidak mungkin untuk mengetahui apakah itu emas murni atau hanya berlapis. Sebuah benda terlihat di bawah mayat; PangZi mengarahkan senternya ke sana inci demi inci. Tampaknya itu adalah tablet batu yang diukir dengan teks.
Di tangan yang mati dan tergeletak di sekitar lengan dan kaki terdapat benda-benda yang terbuat dari batu giok dan gading, semuanya sangat berharga dan sangat mudah dibawa. Aku tahu PangZi sangat ingin mengambil sebanyak mungkin mayat itu, tetapi mayat-mayat itu terlalu menjijikkan untuk didekatinya. Selain itu, sangatlah salah jika seorang perampok makam merogoh peti mati yang berisi lapisan minyak manusia, bahkan untuk orang yang kasar dan bejat seperti PangZi. Dia merenung sebentar, tidak menemukan solusi, dan malah mengalihkan perhatiannya ke mayat itu. "Ini sungguh menyedihkan. Siapa pun pemilik makam ini adalah bajingan biadab—bagaimana dia bisa begitu jahat hingga memasukkan orang-orang ini ke sini? Dia pantas meminta kita menjarah kuburannya."
Isi peti mati membuatku bingung dan membuatku gelisah; Aku tidak bisa melihat lagi. "Kenapa peti mati ini begitu menjijikkan?"
PangZi menertawakanku. "Kawan muda, apakah kamu sudah gila? Apakah kamu tahu seseorang yang akan mengubur diri mereka sendiri seperti adonan goreng? Ini jelas merupakan penguburan hidup-hidup. Orang-orang ini ditumpuk bersama-sama, kemudian mereka mati lemas ketika obat cair dituangkan ke dalam peti mati. Ini disebut peti mati inkubator mayat."
Saat aku mendengar dia mengatakan adonan goreng, tenggorokanku tiba-tiba terasa sesak. Aku sangat lapar tetapi ketika PangZi menggambarkan mayat itu sebagai donat goreng raksasa, aku merasa sangat mual hingga hampir muntah hati dan ginjalku juga. Tapi karena sepertinya dia mengetahui sesuatu tentang orang-orang mati ini dan mengapa mereka ditemukan, aku menenangkan diri dan menanyakan detailnya.
Senang mendapat penonton, PangZi pun bersiap pamer. "Apa! Kamu tidak tahu tentang ini? Kamu seperti anak kecil yang tidak pernah punya ibu! Baiklah, aku akan memberitahumu. Ceritanya panjang. Aku berada di puncak tinggi Gunung Changbai..."
Aku tahu bagaimana dia mengoceh terus-menerus ketika dia memulai omong kosong yang tidak relevan dan langsung menyela, "Berhentilah membohongiku; kita tidak punya waktu untuk itu. Apa hubungannya inkubasi mayat dengan Gunung Changbai? Jika kamu aku tidak tahu apa-apa tentang ini, maka berhentilah memberiku sampah ini!" PangZi tidak tahan diprovokasi. Dia menyipitkan matanya dan berkata, "Siapa bilang aku tidak tahu apa-apa tentang itu? Aku hanya ingin memberimu gambaran yang lebih besar. Jika kamu tidak ingin mendengarnya, lupakan saja. Ini disebut peti mati inkubator mayat . Itu salah satu cabang ilmu Feng Shui. Umumnya ditempatkan di pegunungan. Adanya peti mati ini berarti di dalam makam ini terdapat dua tempat penempatan peti mati yang sangat baik dalam pengertian Feng Shui. Jika peti mati diletakkan di tempat selain dua yang tadi kusebutkan, maka itu akan memperparah dan menarik roh-roh jahat karena aura yang terkumpul di lembah laut, maka di sini ditempatkan inkubator jenazah, dan di dalamnya ditaruh saudara sedarah pemilik kuburan, agar dikuburkan bersama-sama. Peti mati ini pasti merupakan replika persis dari yang ada di ruang utama. Kau mengerti?"
PangZi berbicara seolah-olah dia telah menghafal informasi ini tanpa memahaminya sedikit pun, dan aku hanya memahami setengah dari apa yang dia katakan kepadaku. "Ada begitu banyak orang di sana," aku tergagap. "Apakah mereka semua—"
"Ya, sial," teriak Fats, "itulah yang kumaksud! Orang ini mungkin menjejalkan seluruh keluarganya ke sana. Mengerikan!"
"Pemilihan posisi Feng Shui yang baik adalah demi generasi mendatang. Jika dia menguburkan seluruh keluarganya, mengapa mengkhawatirkan Feng Shui?"
"Jadi sekarang kamu percaya padaku," PangZi menyombongkan diri. "Pernahkah kamu bertemu dengan orang kaya yang sebodoh itu? Dia mungkin menemukan beberapa keponakan miskin dari pihak istrinya untuk dikuburkan bersamanya. Ada banyak benda seperti ini di makam Dinasti Ming. Aku sudah banyak melihatnya, tapi tidak pernah ada yang sebesar ini."
Aku melihat bagian tubuh dan mulai memikirkan adegan ketika peti mati ini dikuburkan. Kakek pernah memberitahuku bahwa di antara semua hal, hati manusialah yang paling tak terduga. Nyawa orang-orang ini tidak berarti apa-apa dan diambil dari mereka karena suatu alasan yang tidak memiliki dasar yang jelas.
Sekarang setelah tutup peti mati terbuka, menurutku tidak mungkin pria gendut itu mengabaikan harta karun di dalamnya. Dia menggelengkan kepalanya dan berkata, "Lihat betapa menyedihkannya orang-orang ini. Mengapa kita tidak kembali ke ruangan lain, mengambil beberapa toples dan mengambil airnya? Sungguh sial jika meninggalkan air di dalam peti mati."
Aku melihat motif yang mendasari niat dermawannya dan berkata, "Lihatlah wajah laparmu. Aku tahu kau hanya ingin mengambil jarahanmu. Mengapa kau tidak tenang dan diam saja? Akan ada banyak hal untukmu, yang bisa diambil nanti di panggung persembahan di makam utama."
PangZi menjadi merah. "Sialan. Apa menurutmu aku tipe pria seperti itu?"
Bosan dengan omong kosongnya, aku berkata, “
"Sekarang bukan waktunya untuk melakukan ini. Jika kita tidak keluar dan mati lemas di sini, kita bahkan tidak akan memiliki peti mati setelah kita mati. Tidak ada yang akan datang dan mengasihani kita."Menyouping sudah lama menatap tumpukan mayat. Tiba-tiba, dia seperti melihat sesuatu yang lain dan menarik napas dalam-dalam. Dia biasanya sangat tenang jadi ketika dia merasa gugup, itulah saatnya untuk khawatir. Aku meraih pistol di ikat pinggangku. Dia menatap peti mati itu, berbalik, dan berkata, "Hanya ada satu mayat di sini."
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2
AcciónKita lanjutkan petualangan bersama Wu Xie di dasar laut. Apakah kali ini dia akan bertemu si Muka Datar aka Menyouping lagi? Lalu bagaimanakah sebenarnya kisah cinta tragis Wu Sanxing dan WenJin? Apakah akan ada monster lagi yg akan mengejar Wu Xi...