18. Rambut Pembunuh

8 0 0
                                    

Aku harus memberi penghargaan pada si Gendut atas keberaniannya, jika bukan otaknya.  Saat aku mundur dari panel batu, bersyukur atas penghalang yang disediakan antara rambut misterius dan aku, dia mendekat untuk melihat lagi, lalu berenang menjauh dengan cepat.  Berbalik untuk menatapku, dia mengayunkan tinjunya ke udara seolah dia ingin memukulku.  Lalu aku sadar dia sedang memberi isyarat untuk segera keluar dari sana.

Tapi tidak terjadi apa-apa, pikirku.  Aku berbalik dan melihat panel itu perlahan-lahan naik dengan gumpalan hitam merembes dari bawahnya.  Oh sial, kataku dalam hati, itu rambut sialan itu!

Si Botak, A Ning, dan aku menatap, tidak bisa bergerak saat kegelapan mendekati kami, sampai si Gendut berenang mundur dan menarik kami menjauh.  Dia menghancurkan kondisi hipnosis kami dan kami mulai menyamai kecepatannya.  Kami berenang sampai mencapai belokan pertama terowongan, di mana si Gendut menghentikan kami dan kami semua melihat kembali ke tempat kami tadi berada.  Seluruh terowongan di belakang kami dipenuhi dengan rambut hitam tebal yang mengambang di air, menuju ke arah kami.

Si Gendut menggumamkan kata-kata kotor, mengangkat speargunnya, dan menembak.  Ketika dia melihat misilnya terlilit sia-sia di rambut, dia tampak seperti akan terserang stroke.

Tapi tombak panah itu menimbulkan beberapa kerusakan.  Rambutnya seakan tersentak saat dipukul dan mulai meronta-ronta seperti ular kesakitan.  Saat ia bergerak, kami dapat melihat sesuatu muncul darinya.  Ia bergerak mundur dan melepaskan sesuatu dari pusatnya—orang mati.

Dia mengenakan pakaian selam yang sama dengan yang kami pakai dan kupikir dia mungkin salah satu orang hilang terbaru di kelompok Sanshu.  Rambut hitam tebal tumbuh dari hidung, mulut, dan bahkan matanya.  Jelas sekali dia meninggal karena mati lemas.

Bahkan gigiku terasa mati rasa saat aku melihat tubuhnya.  Rambut itu juga akan mencekik kita jika kita tidak keluar dari sini.  Aku berbalik untuk mendesak si Gendut untuk memimpin tetapi dia tidak terlihat.  Terkejut ketika aku melihat lagi dan melihatnya di kejauhan, memberi isyarat agar kami mengikutinya.

Saat kami berenang menuju si Gendut, aku merasakan alat pengukur oksigen bergetar di tanganku.  Kami telah berada di bawah air selama lebih dari setengah jam dan kami sudah menggunakan banyak oksigen.  Aku tahu kami harus segera naik ke permukaan, tapi pertama-tama aku ingin menemukan ruang telinga yang diceritakan Sanshu kepadaku.

Tiba-tiba si Botak, yang berada di urutan terakhir, menangkapku dan, seperti kepiting, bergegas maju ke depan.  Mengejar si Gendut, dia menariknya supaya berhenti, memelototinya.  Dia memimpin, berenang dengan kikuk tapi penuh tujuan.  Dia berhenti di dinding makam yang tersembunyi sedikit ke dalam— si Gendut telah mendorong dinding tersebut selama dia mundur dengan cepat dan dinding itu telah runtuh sedikit demi sedikit.

Aku sangat senang.  Tampaknya kami berada di ujung terowongan panjang yang ditemukan Sanshu.  Ini pasti jebakan yang dia ceritakan padaku.  Aku tahu begitu dipicu, air akan mengalir melalui lubang tersebut, membawa kita bersamanya.  Namun pamanku dan kelompoknya semuanya memakai helm selam model lama sehingga mereka selamat.  Kami hanya mengenakan kacamata selam dan jika kami terseret ke dalam pusaran air, aku tidak yakin kepala kami yang tidak terlindungi tidak akan terbuka saat kami meluncur ke dinding.

Aku melihat ke belakang.  Tampaknya rambut itu tidak lagi mengejar kami, dan aku berenang mendekat untuk memberi tahu yang lain, tepat ketika si Botak menekan bagian dinding yang melemah.  Tidak ada waktu untuk memberikan peringatan apa pun ketika gelembung-gelembung air berdesir ke dalam terowongan.  Sebuah kekuatan besar menusuk punggungku dan mendorongku melewati lubang di dinding.

Air membuatku berputar dan aku mengerti apa yang dimaksud pamanku ketika dia mengatakan bahwa semua organ dalamnya telah berpindah ke satu sisi tubuhnya.  Aku merasa seperti mencuci di mesin pengering pakaian yang berputar, dan segera merasa sangat pusing hingga aku pingsan.

Ketika aku sadar, kepalaku terhuyung-huyung di leherku seperti kepala bayi dan setiap tulang di tubuhku terasa seperti hancur.  Aku memfokuskan kembali pandanganku dan melihat si Gendut dan yang lainnya di dekatnya.  Mereka semua tampak sama buruknya denganku, terutama si Gendut, yang masih berputar-putar seperti penari balet yang memakai narkoba.

Dinding yang mengelilingi kami terbuat dari batu giok putih Han, dan karena tempat itu dibangun dengan bahan yang sangat bagus, aku yakin kami telah mencapai bagian dalam makam.  Aku mengayuh kakiku hingga melayang ke atas dan tiba-tiba kepalaku terasa hangat.  Aku akhirnya keluar dari air dan ditelan kegelapan.

Kunyalakan senter dan dengan cermat memeriksa ruangan tempat kami berada. Makam itu berbentuk persegi panjang dengan tepi miring.  Peta lima puluh bintang dijiplak di langit-langit tetapi tidak ada ukiran atap lainnya.  Ruangan itu tampak sederhana dan suci.

Karena tidak ada peti mati atau platform peti mati, aku yakin ini adalah salah satu ruang telinga.  Aku mencari jalan keluar tetapi hanya ada satu pintu di sebelah kiri yang menuju ke koridor luar.

Di lantai makam banyak terdapat benda-benda porselen yang menemani almarhum menuju kematian.  Ada ratusan di antaranya, di antaranya beberapa toples porselen besar yang sangat berharga dengan gambar naga yang terbang menembus awan.  Ada juga jejak kaki basah dan segar di lantai berdebu, yang kuharap bisa menyalahkan Sanshu atasnya.

Kunyalakan korek api tahan air dan api itu berkobar.  Karena terbukti ada udara di dalam ruangan, aku memberi isyarat kepada temanku untuk keluar dari air.  Saat A Ning berjalan mendekat, dia segera melihat jejak kaki itu dan bertanya, "Siapa yang meninggalkan ini?"

Aku mengerutkan kening;  Aku tidak yakin.  Ini adalah kaki mungil yang meninggalkan jejak ini, tampak seolah-olah dibuat oleh anak berusia tiga tahun—dan siapa yang pernah mendengar tentang balita yang merampok kuburan?  Aku memanggil si Gendut untuk melihatnya.

"Siapa yang peduli berapa ukurannya," dia berteriak.  "Benda sialan itu tidak normal. Coba lihat lagi."

Aku melihat lagi dan kali ini melihat cetakannya ditutupi lapisan lilin kuning.  Mengikis beberapa dengan pisauku, aku mengendus dan tersedak.  "Ini lilin mayat. Ini adipocere."

Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang