"Yang aneh adalah," Menyouping melanjutkan, "betapa sederhananya trik ini; dibutuhkan pengalaman untuk mengetahuinya, itulah sebabnya pamanmu baru menyadari apa yang terjadi dua puluh tahun yang lalu, setelah dia tertipu olehnya."
"Katakan saja," sela si Gendut. "Aku sangat ingin tahu hingga ginjalku nyeri.
"Ini contohnya," kata Menyouping kepada kami. "Katakanlah ada sebuah gedung berlantai dua dengan hanya satu ruangan di setiap lantainya. Saat kamu berada di ruangan di lantai dua, aku membangun lantai lain di bawah lantai pertama tanpa sepengetahuanmu. Jadi ketika kamu keluar dari ruang lantai 2, kamu sebenarnya meninggalkan lantai tiga dan lantai pertama telah menjadi lantai dua—tapi kamu masih mengira hanya ada dua lantai."
Si Gendut tampak lebih membingungkan dari sebelumnya, tetapi aku langsung memahaminya; ini benar-benar trik murahan. Aku pernah belajar arsitektur di perguruan tinggi dan merasa terhina karena aku tidak menemukan jawabannya sendiri. Dan setelah aku menjelaskannya dengan cermat kepada si Gendut, dia setuju bahwa itu adalah jawaban yang logis dan masuk akal terhadap misteri tersebut.
Menyouping masih terlihat bingung dan bergumam, "Tetapi ada perbedaan besar antara pengalaman pamanmu dan pengalaman kita. Dia tidur di sebuah kamar dan tidak keluar dari kamar seperti yang kita lakukan. Tidak peduli bagaimana lantainya bergerak, dia harusnya masih berada di tempat yang sama. Terlebih lagi, ruang telinga disebut demikian karena alasan yang baik. Selalu ada dua ruangan yang simetris dan saling berhadapan. Di mana ruang lain yang cocok dengan yang ini?"
Kami berjalan kembali ke koridor dan mengamati dinding di seberang, yang terbuat dari batu giok putih tanpa pintu yang jelas di dalamnya. Menyouping mengusap kedua jarinya yang sangat panjang dan sensitif di atas permukaan marmer dan tidak menemukan apa pun.
Si Gendut menguap. "Lupakan ruangan yang lain. Sekalipun kita berhasil menemukannya, kita tetap akan mati. Kita perlu menemukan tangki oksigen dan juga jalan keluar dari sini."
Dia menyampaikannya secara blak-blakan, seperti biasa. Aku mulai bertanya-tanya bagaimana pamanku bisa keluar dari sini dengan selamat dua kali. Apakah dia berhasil menemukan jalan keluar yang tidak kita ketahui sekarang? Apakah dia entah bagaimana menggali sampai ke dasar laut?
Aku mengobrak-abrik ingatanku tentang prinsip-prinsip arsitektur, mencoba mencari tahu bagaimana makam bawah air ini dirancang dan apa yang mungkin ada di atas langit-langitnya. Karena strukturnya kedap udara, aku berpikir batu bata yang kami lihat disegel dengan semen dan kemudian papan kayu ditempatkan di atasnya dengan lapisan lilin penyegel. Kemudian akan ditutup dengan lebih banyak semen.
Begitu aku sampai pada titik ini, otakku berbinar. "Dengar, aku punya rencana," aku mengumumkan pada si Gendut and Menyouping. "Aku perkirakan kita berada sekitar tiga puluh kaki di bawah dasar laut. Agar trik ini berhasil, makam itu harus sangat tinggi, dengan puncaknya dekat dengan dasar laut. Aku yakin kita bisa menggali hingga ke atas. makam dan keluar melalui sana, terutama jika kita melakukannya saat air surut."
"Dan alat apa yang kita gunakan untuk menembus lapisan batu bata ini," tanya si Gendut sinis, "tangan kita?"
"Kau benar-benar tidak tahu apa-apa, kan, Pangzi. Sebagian besar batu bata yang digunakan dalam makam bawah air berlubang. Yang kita perlukan hanyalah benda logam untuk memukul batu bata itu dan kita akan menemukan celahnya."
(Karena Wu Xie akhirnya menyebut nama "Pangzi", mulai saat ini kita ganti istilah "si Gendut" dengan "Pangzi")
"Baiklah! Ayo kita cari alatnya," seru Pangzi. "Mungkin kita bisa menemukan beberapa benda perunggu besar di suatu tempat di makam utama."
"Mungkin berhasil," gumam Menyouping, "tapi butuh waktu lama sebelum air surut datang dan aku tidak tahu berapa lama lagi kita akan menghabiskan seluruh udara di tempat ini."
"Siapa yang peduli dengan air pasang, air pasang atau surut? Ayo kita cari sesuatu untuk memindahkan batu bata sialan ini," teriak Pangzi. "Aku tidak akan menunggu dan mati lemas, lebih baik aku mencari zombie dan menyuruhnya menikmati makanan."
Aku tidak memberitahunya bahwa jika kami tidak menunggu air pasang surut, air di atas kami akan cukup dalam dan akan mengalir deras ke dalam makam segera setelah kami membuat lubang. Mengapa melemahkan semangatnya?
Kami berjalan kembali ke koridor dan menghentikan langkah kami. Di depan kami ada sebuah pintu terbuka dan melaluinya kami bisa melihat peti mati emas yang terbuat dari kayu nanmu.
KAMU SEDANG MEMBACA
Catatan sang Penjarah Makam (Daomu Biji) Buku 2
AksiKita lanjutkan petualangan bersama Wu Xie di dasar laut. Apakah kali ini dia akan bertemu si Muka Datar aka Menyouping lagi? Lalu bagaimanakah sebenarnya kisah cinta tragis Wu Sanxing dan WenJin? Apakah akan ada monster lagi yg akan mengejar Wu Xi...