ALKAFFA
~}>-----------------------<{~•
•
•45. Korea
*****
"Dia ganteng, tapi dingin. Sampai siapapun yang mendekat pasti memilih pergi karena kedinginan"
- Rania Putri Alex*****
Tak terasa liburan sekolah telah usai. Hubungan tiger geng, diamond geng, kenzo pindah sekolah karena ia mengikuti abangnya. Saat ini kaffa, rain, kenzi, rara dan, rania, serta hellena berada di perpustakaan untuk mengerjakan tugas yang di berikan oleh guru mereka. Rain terlihat sedang mengajari kaffa dan kenzi tentang cara menghitung jurnal akuntansi yang benar. Sementara ara sibuk mencari buku di rak buku.
Kenzi hanya plonga plongo karena dirinya baru mengetahui pelajaran tersebut. "Gilak. Baru tau gue kalo SMA ada jurusan akuntansi" ucap kenzi.
"Sebenernya gak ada, baru dua tahun yang lalu jurusan ini ada. Gue juga salah masuk jurusan anjir" ucap kaffa.
"Kok bisa?" tanya rain.
"Gue cuma ngikut dafa, karena lo tau sendiri dulu gue sama dia tuh deket banget jadi gue ikutin dia. Awalnya gue kira akuntansi tuh gampang, cuma ngitung uang. Gampang pusing, gampang gila, gampang setres gue setelah tau apa itu akuntansi" ujar kaffa membuat rain, hellena, dan rania tertawa pelan.
"Lo sih ngukut mulu. Orang tuh harus punya pendirian masing masing, kalo lo ngikut temen yang ada lo sendiri yang repot" ucap hellena.
"Nah bener tuh, semisal temen lo nyebur sumur, lo juga pengen ikut gitu" kekeh rania.
"Tumben kalian berdua ucapanya bener?" tanya rain.
"Diem rai, gue semalem habis dengerin ceramah soalnya" kekeh hellena.
"Pantes aja, mendadak cosplay jadi mama dede" kekeh kenzi.
"Iya ya, kira kira gue pantes gak ya jadi mama dede?" tanya hellena.
"Jangan jangan, lo gak pantes. Yang ada lo ceramah sesat lagi" kekeh rain.
"Ck, rain mah gitu" gerutu hellena.
"Fakta sih. Gue tau, lo tuh kadang alim kadang sesad" ucapan rain membuat mereka tertawa.
"Udah udah. Kita lanjut lagi" ucap rain seraya membuka buku.
"Sebenernya akuntansi itu mudah kok, kalo lo mau belajar dengan rajin. Gue yakin lo pada bisa beginian, cuma kehalang otak malas kalian" ujar rain.
"Rai, berati debet kalo ketemu debet itu di kurang?" tanya kenzi.
"Nih, gue jelasin khusus lo yang belum paham apa itu kredit dan apa itu debit serta cara menghitungnya" ujar rain.
"debit diartikan sebagai pertambahan uang, sementara kredit diartikan sebagai pengeluaran uang dalam proses transaksi. Jika Debet bertemu Debet maka ditambah. Jika Kredit bertemu Kredit maka ditambah. Jika Debet bertemu Kredit maka dikurang. Dan seterusnya. Paham?"
Kenzi menganggukan kepala.
"Nah, gue bakal ngasih tau lo pada cara bikin neraca saldo" ucap rain.
"neraca saldo adalah rincian saldo debit dan kredit dari buku besar yang menunjukkan rekening aktiva, utang, ekuitas, pendapatan, dan daftar rekening dalam buku besar dengan saldo debit serta kredit" jelas rain.
"Cara membuat neraca saldo yang belum disesuaikan adalah dengan memposting transaksi pada buku besar"
"contoh, PT Manajemen Keuangan Network (MKN), sebuah perusahaan jasa melakukan kegiatan bisnis dalam kurun waktu satu periode akuntansi di bulan Maret 2019. Ini contoh!"
KAMU SEDANG MEMBACA
ALKAFFA
Teen FictionAlkaffa Baskara adalah putra bungsu dari seorang ceo terkenal di jakarta, setelah kepergian mamahnya kehidupanya menjadi berubah menahan rasa sakit adalah hal yang biasa ia rasakan, Kaffa bertemu dengan seorang gadis psikopath yang dulunya pernah me...