9

53 4 0
                                    

Dulu aku seperti kebanyakan anak-anak lain, bangun terlambat atau berbaring di kasur empuk sambil menonton film kartun, tapi ini akan menjadi hari dimana anak sepertiku menjadi budak di rumah besarku.

"Gun. Pergi ke pasar." Mulailah dengan pergi ke pasar.

"Ya." Jawabku pada ibuku. Bangunlah dari tempat tidur, cuci muka dan ganti pakaian yang nyaman dan normal. Mengangkat telepon, lalu berdiri di depan cermin, aku tersenyum sendiri sambil menyisir rambut. Hmm! Dia sangat tampan. Saat dia turun ke lantai satu, ibunya sudah menunggu dengan tangan di pinggul. Wajah ibu tidak terlihat senang ketika aku pulang terlambat. Mata menakutkan itu menyipit, melihat ke arah keranjang yang harus segera kuambil.

"Mau beli apa?" Ibu menunjuk ke kertas di dekatku. Aku mengambilnya dan membuka mataku selebar telur angsa.

"Apakah kamu ingin membuka restoran?" Aku menggoda ibuku. Hari ini, hanya dengan melihat daftar belanjaan, aku sudah bisa menyewa dua becak untuk membawa pulang barang.

"Tidak." Aku juga merasa sedikit tenang.

"Tidak apa-apa membuka panti asuhan."

"Hah?"

"Cuma bercanda."

Ibu tertawa melihat keterkejutanku. Aku hanya memutar mataku.

Sesampainya di sana, ibuku menurunkanku di depan pasar untuk membeli beberapa barang terlebih dahulu. Mobil diparkir di belakang pasar. Pertama, Kamu harus membeli daging, disusul sayuran. Aku menunggu dan bermain di telepon.

"Gun, kemarilah." Misi telah dimulai.

"Berapa harganya?" Ibu masuk ke toko buah dan sayur dan meminta "15 Baht" untuk mulai menegosiasikan diskon. Ibu terlihat kecewa karena tidak bisa menawar harga. Dia menghela nafas dan berbalik untuk meninggalkan toko namun ditahan oleh penjual karena akhirnya mereka setuju untuk menurunkan harga menjadi 10 Baht. Aku sangat setuju dengannya. Pergi ke toko daging babi. Ibu mulai menggunakan strategi itu sampai dia bisa mendapatkan tenderloin dan daging paha sebanyak orang lain. Hanya saja harga belinya lebih murah dari aslinya. Penjualnya taruh di keranjang, aku juga bantu. Aku khawatir penjualnya membawa pisau.

Selanjutnya beli permen dan makanan penutup. Dimulai dengan makanan penutup Thailand. Paman Yib, Paman Yod, Paman Muan memiliki toko makanan penutup Thailand yang sangat terkenal.

"Ada apa, Nak?" Ibu bertanya dengan ekspresi khawatir di wajahnya. Aku ingin menggelengkan wajahku tapi tidak bisa.

"Beri aku dua pangsit." Itulah yang didiktekan oleh hatiku. Tapi seseorang yang membaca pikiranku mengatakannya terlebih dahulu dan orang itu berdiri di belakangku.

"Kamu Tinn."

"Halo bibi." Laki-laki tampan itu melambai ke arah ibuku yang belum pernah melihat wajah Tin. Ibuku mengangkat alisnya dengan curiga dan menyapanya, jadi aku harus menjelaskan siapa pria kulit putih tampan itu.

"Ini Tin, Bu."

"Siapa, Nak?" Ibu masih terlihat bingung, jadi aku harus menambahkan beberapa kalimat agar lebih jelas.

"Oh man"

"Oh si jenius di sekolah itu." Berbalik dan sentuh tubuh tinggi itu seolah menyentuh sesuatu yang sakral. Aku hanya tertawa aneh.

"Apakah kamu di sini untuk membeli makanan?" Ibu berubah menjadi pegawai Biro Investigasi Pusat.

"Iya" jawab pria tampan itu sambil tersenyum.

"Kamu tinggal disini?"

"Apartemen di gang kedua"

"Sendiri?"

"Ya sendiri."

"Sudah sarapan belum?" Orang-orang yang mendengar perkataan ibuku mulai merasa aneh. Itu pasti akan melakukan sesuatu yang aku tidak senangi.

"Belum"

"Ayo makan di rumah." Itu salah satu keanehan Bu Ratchanee Wongwittaya, dia akan membuat pernyataan tanpa perlu jawaban, hal ini dianggap paksaan, sehingga tidak mungkin orang di depannya bisa menolak.

"Ya" jawab sosok jangkung itu. Lalu sudut mulutnya menghadap ke arahku.
Licik sekali, Ai Tin, apa menurutmu kamu bisa mencuri cintanya dariku?

"Tin ingin pangsit daging, kan?" ibuku bertanya. Pria tampan itu mengangguk dan ibunya mengeluarkan hampir selusin kantong pangsit untuknya.

"Bagaimana dengan aku?". Aku harus menuntut keadilan, setidaknya tak kalah dengan pria tampan yang punya belasan kantong siomay.

"Ayo makan camilan di rumah dulu." Tapi dimana aku bisa mendapatkan makanan ringanku? Pria tampan itu berdiri menatapku sambil tersenyum. Aku membentaknya.

"Ambil ini." Aku memberikan keranjang dan sekantong sayur-sayuran dan daging kepada ibuku dan berjalan di belakangnya menuju tempat parkir. Kemudian aku membuka pintu mobil dan tamu yang tidak diinginkan itu duduk di belakang.

"Gun, duduklah bersama teman-temanmu."

"Tetapi..."

"Tidak ada tapi." Tatapan mematikan itu membuatku mengerutkan kening. Aku membuka pintu, keluar dari mobil dan duduk di samping pria tampan itu.

"Apa yang kamu lihat?" Aku berteriak padanya dengan arogan.

"Tidak" Ucap laki-laki tampan itu dengan senyuman licik yang terlihat seperti sedang mengejek. Aku ingin memukulnya tetapi melakukan hal itu akan dimarahi oleh ibu aku. Jadi aku mengambil sekantong pangsit dari pria tampan itu dan melemparkannya padanya sebagai balas dendam kecil.

My school president - buku 1Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang