Pada pagi hari di minggu baru, aku tiba di sekolah dalam keadaan lelah dan lelah karena aktivitas fisik yang berat di hari libur, termasuk lari mini-maraton keliling Kanchanaburi, dan satu hal lagi yang harus dilakukan adalah berkelahi dengan pria tampan itu.
"Nih nih." Panggilan Po dari jauh terdengar seperti melodi orang jahat di serial TV. Yang lain menoleh ke arahku, ada yang bersiul, ada yang bertepuk tangan.
Apakah aku berteman dengan burung, orangutan atau apa? Mereka semakin aneh setiap hari.
"Ada apa dengan kalian?" Aku berdiri dan bertanya dengan suara serak ketika aku sampai di meja bersama. Tentu saja mereka tidak menjawab, malah tersenyum lebar.
Aku marah ketika melihat mereka.
"Terkutuk!"
"Kenapa kamu marah? Kantaphol berkelahi dengan anjing." Kata Pat sambil meletakkan tangannya di daguku. Aku segera mengabaikannya.
"Ha ha ha!" Sisanya tertawa bahagia.
"Anjing apa?" Aku mengerutkan kening dan melihat semua orang di sekitar. Win membalasnya dengan menunjukkan padaku layar ponsel di tangannya.
"Ini dia." Aku mengambil ponsel Win untuk melihat lebih dekat. Ada foto aku menggonggong anjing saat jogging di Kanchanaburi Sabtu lalu.
"Ya Tuhan."
"Dimana kamu mendapatkan ini?" Aku berteriak meminta jawaban dari semua orang di sini.
"Mereka membagikannya di sekitar sekolah."
"Hah?" Po memberiku teleponnya. Aku menggulir dan menemukan banyak orang membagikan foto ini.
Oh, Gila!
"Terkutuk!" Aku meletakkan tanganku di kepalaku sampai aku membuat kesalahan. Apa yang terjadi dengan hidupku?
"Apakah ini sungguh menyenangkan?"
"Sangat menyenangkan, sayang sekali!" Kataku pada Yo yang berusaha untuk tidak tertawa.
"Hahaha, aku tertawa." Pat masih di sana, memperbesar fotoku dan menunjukkannya kepada semua orang.
"Sial, diamlah!" Aku sudah memperingatkan. Jika kamu tidak berhenti berbicara, tertawa atau bercanda, aku akan membuat gigimu tanggal. Tunggu dan lihat saja.
"Ya Tuhan!" Aku duduk di antara Po dan Win. Melihat layar ponsel, banyak yang suka, posting, dan bagikan. Sangat banyak. Bagaimana mereka mendapatkannya? Aku berpikir dalam hati.
"Kawan, foto ini lebih seru lagi." Dari keheningan yang disebabkan oleh ancamanku, Pat tiba-tiba angkat bicara, membingungkan yang lain. Termasuk aku, tapi pura-pura tidak peduli.
"Hei, mari kita lihat."
Dan kemudian mereka berbondong-bondong menuju layar ponsel Pat.
"Oh, itu seorang istri dengan suami lain." kata Yo.
"Hatiku." Selanjutnya Win meletakkan tangannya di dada kirinya dan seolah terjatuh ke atas meja.
"Aku terlalu lemah." Po bertingkah seperti ular melata yang tidur di punggung Win.
Hah, kerja sama yang bagus, kawan!
"Khususnya?" Segalanya seolah memberi tekanan untuk merangsang rasa penasaranku hingga aku angkat bicara dan melihat foto itu. Aku menempelkan mataku ke layar, secara refleks membuka mataku lebar-lebar karena terkejut.
"Siapa yang mengambil gambar?"
Pria tampan dan aku berdiri di sana berbicara. Aku ingat hal itu mengganggu aku dan aku membentaknya. Namun, kenapa foto tersebut terlihat seperti pasangan yang serasi?