Sampai saat ini aku sendiri masih belum bisa menemukan jawabannya kenapa aku benci melihat lelaki tampan itu makan bersama gadis cantik yang memberinya bunga kemarin. Apakah aku cemburu? Atau aku iri karena dia berkencan dengan adik kelas yang cantik? Ya, itulah alasanku cemburu. Aku segera menjelaskan pemikiranku, meskipun jauh di lubuk hatiku aku tahu itu tidak benar.
Aku pergi ke meja lima bersaudara. Aku duduk di antara Yo dan Pat. Cepat ambil roti yang sering dibuat ibuku untuk sarapan. Sayangnya, tadi malam film Korea berakhir sehingga menyebabkan Bu Ratchanee begadang dan tidak punya waktu untuk memasak.
"Wajahmu terlihat kusam." kata Po. Aku berhenti mengunyah dan yang lain mengangguk setuju.
"Benar." Win menambahkan.
"Masalah?" Itu berkata. Aku menyalakan kamera depan ponsel. Melihat kondisi wajahku, sangat lusuh dan kuyu.
Hei... kehancuran! Aku sendiri kaget.
"Pasti tidak nyaman." kata Yo.
"Apakah karena Suara?" Pat tersenyum kecut.
"Aku tidak tahu, aku harus bertanya padanya." Po mengangkat bahu dan menoleh ke arahku.
"Ada apa, kawan?" Yo mengangkat alisnya dua kali, tersenyum padaku
"Jangan repot-repot!" Aku mengangkat jari tengahku sebagai jawaban. Yo, aku harus menutup mulutnya. Setelah itu, semuanya menjadi tenang. Mereka saling berbisik pelan, tidak berani meninggikan suara. Mungkin takut aku akan membunuhnya.
Lalu kami membicarakan hal-hal sepele. Ada pula yang membahas soal akademik, menjelang Olimpiade Akademik. Mungkin sekitar dua bulan setelah ujian akhir selesai.
"Di mana kamu mengikuti ujian?" tanyaku pada Po.
"Aku mengikuti ujian di Korea"
"Oh..." aku mengangguk.
"Berita ujian di Amerika."
"Mengapa memberitahuku?" Aku memperhatikan Po dengan seksama. Dia tertawa dan kemudian dengan cepat menutup mulutnya karena penampilanku.
"Kupikir kamu ingin tahu."
"Tidak."
Bukankah itu sudah jelas?
"Ujian akan berlangsung dalam tiga minggu selama liburan semester." Po terus memberikan informasi yang sebenarnya aku tidak keberatan. Ia berbicara seolah-olah ia hanya berbicara kepada aku.
"Terus?" Aku mengangkat alisku.
"Tapi aku takut jarak itu akan memisahkan kita...*" sela Yo sebelum Po menjawab.
Dengan lirik.
"Mulutmu masih ingin bisa makan kan?"
"Aw..." Wajah Yo menjadi pucat. Cepat bicara pada Pat. Sementara Po berbicara dengan Win. Aku seperti anjing busuk.
Saat aku melihat sekeliling, pada keindahan yang lewat, mataku tanpa sadar menatap ke angkasa. Siluet seperti itu, hanya ada satu orang yang menemani temannya.
"Aku ke kamar mandi dulu. Sampai jumpa di kelas ya?" Aku memberi tahu semua orang sebelum pergi, tetapi dengan arah yang berbeda. Beginilah aku tidak menjumpainya karena hatiku belum siap. Apakah aku menghindari orang tampan?
*
Kelas matematika Nona Poona hari ini. Dia membawakan soal-soal ujian masuk universitas untuk kami coba kerjakan. Ada coretan di kertas itu tapi aku masih agak bingung dengan beberapa pertanyaan. Beberapa bisa aku lakukan.
[GARIS]
Hmm?
Aku mengerutkan kening saat aku mengeluarkan ponselku dari saku.