Prilly menyandarkan bahunya pada sang Mama saat ia tengah mengikuti kajian di masjid komplek. Pembahasan tentang rumah tangga itu sukses membuat Prilly senyum - senyum sendiri.
Vakum dari dunia hiburan itu merupakan pilihan yang tepat bagi Prilly, karena dengan itu akhirnya dia bisa mengikuti kajian - kajian seperti ini. Memperbaiki diri dan mendekatkan dirinya pada sang pencipta.
Muhasabah yang bertujuan memperbaiki hubungan dengan Allah SWT (habluminallah), hubungan kepada sesama manusia (habluminannas), dan hubungan dengan diri kita sendiri (habluminannafsi). Itulah yang sedang Prilly kerjakan sekarang, dia ingin menjadi lebih baik untuk mendapatkan ketenangan hidup.
Karena nyatanya ketenangan hidup itu tidak berasal dari harta yang melimpah, ataupun dari banyak keliling dunia untuk liburan. Tapi dengan mendekatkan diri pada pencipta adalah sebaik - baiknya jalan keluar untuk mendapatkan ketenangan.
Allah SWT berfirman dalam Alquran Surah Al-Hasyr (59): 18 yang Artinya: "Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan hendaklah setiap diri memperhatikan apa yang telah diperbuatnya untuk hari esok (akhirat); dan bertakwalah kepada Allah, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan."
Prilly melihat kearah seorang wanita yang mengangkat tangannya untuk bertanya, " Ustadzah mau bertanya, saya kan baru menikah ya. Terus belum terlalu paham juga masalah agama. Yang mau saya tanyakan ini, boleh gak sih kita sebagai seorang istri menolak keinginan suami untuk berhubungan hehe .. soalnya kan cape ya, baru pulang kerja di mintain ituan "
Semua jamaah tertawa begitupun Prilly, " ituan tuh apaan ? "
" iya ituan Ustadzah, anuan gitu ", tawa jamaah pun pecah karena jawaban orang yang bertanya tadi.
Abu Hurairah berkata, Rasulullah SAW bersabda, "jika seorang suami mengajak istrinya berhubungan, akan tetapi ia (istri) tidak memenuhi ajakan suami, hingga malam itu suaminya marah, maka ia (istri) akan mendapatkan laknat para malaikat sampai subuh." (HR Muslim).
Dalam Islam seorang istri boleh menolak ajakan suami untuk bercinta dengan ketentuan istri sedang Haid, sedang hamil, sedang lelah, atau sedang sakit.
" jadi ada baiknya kita bicarakan dulu sama suami, bilang aja boleh gak anuannya nanti subuh aja, saya capek. Dengan nada yang lembut, biar suami pun mengerti. Kalo kita nolak dengan kata - kata gak baik, bahkan sampai si suami marah ya sudah tamatlah kita "
Sebagaimana Al-Imam Ath-Thabrani meriwayatkan dari Jabir bin Abdillah ra. Nabi Muhammad SAW. bersabda :
“Ada tiga orang yang shalatnya tidak akan diterima, dan kebaikan mereka tidak akan naik kepada Allah. Orang yang mabuk hingga dia sadar, seorang wanita yang dibenci suaminya, dan seorang hamba sahaya yang lari hingga dia kembali dan meletakkan tangannya ditangan tuannya."
Prilly mengangguk - anggukan kepalanya, mendengarkan setiap penuturan dari ustadzah. Setiap pertanyaan tentang rumah tangga itu sangat bermanfaat bagi Prilly, dia menjadi paham bagaimana dia harus bersikap pada seorang suami.
Lalu bagaimana cara agar rumah tangga tetap utuh, dijauhkan dari perkara - perkara yang nantinya menjatuhkan sebuah perceraian, dan Prilly tidak ingin itu sampai terjadi padanya, makanya dia mewanti - wantinya dari sekarang.
***
" Ali udah siap belum ?"
" masih sholat di atas "
KAMU SEDANG MEMBACA
NOTHING LIKE US [ PDF ]
Fanfiction[ HARAP FOLLOW SEBELUM BACA, SELALU TINGGALKAN JEJAK KOMEN ATAU LIKE ] •Cover mentahan by Pinterest• Find me on Instagram : Msy.susan Twitter : @msysusan_ Copyright msysusan_