Sebagai reader aku cuma mau kasih pendapatku disini. Orang bijak itu menerima segala kritikan, saya tidak bermaksud menyudutkan siapapun disini. Saya senang membaca. Apa lagi kalau karya itu berkualitas,membangun dan bisa membuat saya belajar dari apa yang saya baca.
Saya sudah banyak membaca karya-karya disini. Tapi sayangnya banyak sekali karya yang tidak bermanfaat. Maksud saya hanya memberi unsur negatif. Padahal cerita akan semakin bagus bila cerita itu mengandung pesan moralnya.
Karena ini dunia kepenulisan saya akan mengambil contoh novel kesukaanku. Yang umum orang tau aja yaa...
Mengejar Pelangi penulis Andrea hirata.
Siapa yang nggak tau novel ini yaa... Aku jamin semua uda pada tau. Tau kenapa novel ini bisa sampai difilmkan? Itu karena cerita ini banyak mengandung pesan moral.
Pesan moral yang saya dapat saat membaca cerita ini adalah agar kita sebagai pemudah tidak pantang menyerah dalam memperjuangkan cita-cita kita. Tak perduli seberapa besar dan sulitnya perjuangan kita pendidikan tetap nomor satu.
Kembali ke dunia Orange. Entah itu cerita kalian tentang cinta,persahabatan, atau bahkan tentang xxx, usahakan pembaca bisa mengambil hikma dari apa yang kalian tulis. Saya amat sangat percaya dengan istilah ada sebab ada akibat atau siapa yang menuai dia yang memetik hasilnya.
Saya ambil contoh dari cerita yang kebanyakan ditulis disini. Ceritanya seorang gadis berinisial A berkeliaran dijalan tengah malam,alhasil dia dicegat laki-laki hidung belang lalu si gadis A ini diperkaos (diperkosa maksudnya),si gadis bukannya membela diri malah memberikannya dengan suka rela????, seharusnya si gadis melakukan perlawanan doong. Sekalipun si gadis uda ngasih perlawanan (brutal) tapi hasilnya dia masih diperkosa juga, logikanya harusnya si cewek depresi. Yaa namanya juga diperkosa harusnya si cewek trauma dong??? Tapi yang terjadi si cewek malah jatuh cinta sama si pemerkosa????? Dan si gadis kembali berkeliaran tengah malam????. Diperkosa (lagi) dianiaya dengan laki-laki hidung belang yang sama dan anehnya si cewek malah jatuh cinta sama si pemerkosa????? La terus pesan moralnya dimana coba??? Nggak ada. Saya sebagai pembaca jadi bingun kok bisa??? kalau didunia nyata harusnya dia melapor kepolisi atau orang tuanya, atau kalau nggak punya ortu lapor ke Komnas Perlindungan Perempuan biar si pemerkosa mendapat hukuman yang setimpal.
Pemerkosa tidak berhak mendapatkan cinta. Asal kalian tau yaaa dilapak itu pemerkosa dianggap perbuatan paling hina dari pembunuh. Napi yang berlatar belakang pemerkosa 98% yang paling banyak dibully sama Napi lain. Aku nggak mengada-ada ini beneran kalau nggak percaya silahkan tanya dilapak-lapak terdekat. Ini saya bicara tentang realitanya yaaa.... Indonesia sudah cukup kotor dengan sinetron yang nyampah jadi pliss jangan bikin novel yang nyampah juga.
Padahal kalian bisakan bikin Si A sadar seorang gadis berkeliaran ditengah malam itu nggak bener. Baik atau tidak tujuan kalian,seorang anak gadis berkeliaran ditengah malam pasti penilaiannya negatif. Atau kalian bisa bikin cerita si pemerkosa sadar dengan kesalahan yang dia perbuat atau bagaimana terserah kalian yang jelas pemerkosa harus tau apa yang dia lakukan itu adalah perbuatan bejat yang tidak pantas dilakukan. Harus ada balasan dari apa yang dia lakukan. Lah kalo ginikan cerita bisa lebih diterima otak.hehe
Dan satu hal lagi, Hidup itu penuh lika-liku. Jujur saja saya nggak suka cerita yang menceritakan tentang betapa lemahnya yang namanya perempuan itu. Diapa-apain mau,dianiaya diem aja,dibully cuma bisa nunduk dan takut trus nangis. Ini zaman revormasi jangan bikin cerita yang lemah kaya gitu. Dunia itu keras bro.
YOU ARE READING
Pena Dan Wattpad Berbicara
RandomPerasaanku selama aku mengenal Wattpad. Wattpad agenda.