9.Terinspirasi Vs plagiat

1.6K 21 7
                                    

Masih kelanjutan dari part sebelumnya, sebenarnya masih buaaanyak lagi karya anak bangsa yang membanggakan. Aku hanya menyebutkan tiga diantara berjuta-juta, pasti yang hobby berburu Novel sependapat dengan ku, kalau Industri cetak khususnya tulis-menulis dinegri kita tercinta mengalami perkembangan yang sangat pesat dan membanggakan. yaa sebut saja Andrea Hirata, Raditia Dika,Mira W, dll.yang hampir semua karya-karya mereka bast saller.

Dari novel-novel yang aku baca inilah aku terinpirasi menciptakan karya baru yang berbeda dengan tema yang sama. Disini aku bukan mengajari plagiatisme yaa. To Heaven. Ini ceritaku tentang laki-laki buta yang pandai bernyanyi. Cerita ini terinspirasi karena aku mengingat Novelnya mbak Mira W itu,dan mendengar lagunya Chen EXO yang berjudul sama yang nyanyiannya sungguh sendu- sedan jadi lahirlah cerita ini.

Ada juga "Perfect girl evolusion Emil Zie" judul terinspirasi dari komik manga Jepang berjudul hampir sama hanya beda tidak menyantumkan nama saja. Ceritanya juga menceritakan revolusi seorang gadis. Bedanya kalo dikomik, Sunako yang gadis buruk rupa ingin menjelma menjadi gadis cantik yang sempurnah, tapi emil zie gadis remaja polos yang dengan berbagai permasalahan remajanya beranjak menjadi gadis yang dewasa dan bijak dalam mengambil keputusan. Latar Cerita ini terinspirasi dari cerita "Rayya" yang dengan begitu berani mengambil set Suroboyoan disaat dunia orange digemparkan dengan kebule-bulean. Jadi aku juga ambil set  Malangan. Dengan genre teenfiction.

Jadi Terinspirasi itu serupa tapi tak sama, prosesnya, disaat asik membaca atau menikamati sesuatu - imaginasi datang - lalu muncul ide cerita baru yang berbeda.

Sedangkan plagiat itu sama TOTAL. Prosesnya, disaat membaca atau menikmati sesuatu - berfikir - klik C ctrl. Sangat berbeda, bukan.

So, apa tujuanku membahas hal ini, ini karena banyak orang yang mengatas namakan terinspirasi padahal yang terlihat justru sama Total. Ini banyak terjadi diIndonesia looh kalau kalian teliti.

Buat yang suka Grup band dari Jepang L'Arc~en~Ciel (ラルク アン シエル )Raruku An. Yang suka band Jepang pasti tau yaa.

Indonesia juga punya yang sama persis dengan LnC ini. Hehe pasti uda pada tebak band yang aku maksud *****.awalnya aku suka sekali dengan band yang satu ini, Waktu personil *****  ini diwawancarai dan dituding melakukan plagiat, awalnya aku nggak percaya karena aku suka hampir semua lagu ***** dijamanku waktu itu. tapi begitu tau grup band LnC + lagu-lagunya yang nada dan gayanya sama banget, aku jadi ilfill sama *****. aku jadi males dengerin lagu-lagunya ******. Aku bukan heaters yaa hanya kecewa aja kalau ngakunya terinspirasi kenapa lagu, konsep bahkan MV nya hampir semua sama. Mereka sih sudah mengkonfirmasi kalau itu cuma terinspirasi dan cuma kebetulan dan yang dipikiranku adalah kok bisa ada kebetulan yang seperti itu -_-". Dari pada makin kemana-mana kita lupakan saja tentang band indo yang satu ini hehe. Kembali ke topik utama.

Lalu apa hubungannya dengan kepenulisan didunia orange.  Disini banyak banget cerita yang diplagiat. Brrr mirisnya. Kenapa sih harus plagiat? Jalan pikiran dan nurani kalian dimana waktu melakukan kejahatan itu? Asal kalian tau yaa membuat cerita gak gampang butuh resert,butuh pemahaman butuh ketelitian,butuh imaginasi yang liar bahkan untuk membuat satu part saja kita bisa sampai tidur sambil dihantui cerita-cerita kami yang bergentayangan. Belum lagi kalau ilham muncul waktu sedang ditoilet. Itu repotnya setengah mati. Karena pasti kalau tidak segerah dituai dalam bentuk tulisan takut ilham lenyap tak berbekas. Jadi untuk buat satu part saja bisa sesulit itu. Belum lagi kalau si penulis uda laku keras banyak yang suka,banyak yang baca, banyak yang minta segera melanjutkan ceritanya itu rasanya seperti nggak kebelet pup tapi dipaksa keluar pup.  Jadi pliss. Tolong jangan memplagiat karya orang. Itu curang. Tidak berprikemanusiaan. Kalau kalian benar-benar penulis sejati pasti tidak akan melakukan hal ini karena didunia kepenulisan plagiat itu hukumnya NAJIS. Heran,jadi orang usil banget,kalau nggak bakat nulis,ya nggak usah nulis cukup baca dan simak. Kalau pingin nulis ya mikir pake otak,jangan pake dengkul. Jangan gunakan Hati nurani pas mau pilkada aja gunakan hati nuranimu disetiap apa yang kamu lakukan. Agar tidak merugikan orang lain. Dan hiduplah menjadi orang yang lebih bermanfaat jangan nyampah.udah part ini segini aja.

Pena Dan Wattpad BerbicaraWhere stories live. Discover now