Pemanasan

182 30 6
                                    

Yasmin P.O.V

Pelajaran pertama seakan membuat jantung para murid meledak, siapa lagi kalo bukan karna gurunya. Tapi guru selalu benar! Katanya.

Nambah satu lagi guru mainstream disekolah ini, sekarang gurunya laki-laki namanya Pa Agus, guru sejarah. Pa Agus punya semboyan hidup tersendiri yaitu "Tiada bicara tanpa pantun" Setiap Pa Agus ngomong pasti pake pantun, terdiri dari 4 baris dan ada juga yang 2 baris pokoknya ujung-ujung katanya pasti sama.

Ke antimainsreamnya Pa Agus ini bukan satu aja tapi bercabang-cabang kayak suka nyuruh murid ngerangkum sebuku bayangin sebuku! Udah tau murid-murid disini itu pada males yang namanya nulis, ditambah tulisannya kayak ceker kepanasan, satu lembar aja udah gak kuat, apalagi sebuku, bengkak tangan vroh! Tapi ujung-ujungnya gak dinilai juga. Ee'

Pak Agus juga orangnya pelupa, nyariin kacamata sampe meriksa setiap tas murid-murid padahal kacamatanya dipake diatas kepala. Maklum udah tua. Sampe sekarang juga ada kata-kata yang gak bisa aku cerna dari kata-kata Pak Agus ini.

"Bapak mau ngabsen, siapa yang gak hadir angkat tangannya?"

Sumpah, aku gak ngerti sama omongannya, suer tak kewer-kewer! Masa iya yang gak hadir disuruh angkat tangan, ya mana ada orangnya pak? Yang sama-sama bingung angkat tanggannya!

Ada baju bersih ada cucian
Ada yang nyuci ada yang makan
Selamat mengerjakan ujian
Semoga hasilnya tak mengecewakan

Pa Agus ini juga suka ngadain ulangan ngedadak kayak sekarang. Gak ada topan gak ada tornado tsunamipun jadi, gak belajar gak nyontek ulanganpun terjadi.

Persis saat kata-kata itu dilontarkan petir menyambar, kilat bermunculan, langit seakan gelap, awan hitam datang, kebahagiaan sirna dan terjadilah kiamat.

Saat ulangan dilaksanakan dikira di kls bakalan tenang bak kuburan tapi ternyata oh ternyata rame kayak pasar malem minggu. Banyak penjual yang ngepromosiin jualannya. Dipilih! Dipilih! Dipilih!

"Woi no 3 apaan?!"
"Gue A Dim!"
"Gun no 3 apaan?
"Jagan pura-pura buged deh lo!"
"Gue B Dim!
"Kalo lo?"
"Gue C!"
"Gue mah D!"
"Ini yang bener yang mana woyy!!!"
"Lang jangan pelit dong, kita lagi butuh lo nih!"
"Jadi lo dateng cuman ada butuhnya doang hah?"

Seperti itulah dialognya. Tapi kita berempat Gilang, Ivan, Sarah sama aku punya kode-kode tersendiri, gak perlu teriak-teriak sampe urat nadi putus cukup melakukan gerakan-gerakan tertentu saja yang hanya kami berempat yang tau.

Makanya hanya orang-orang yang peka sajalah yang dapat merenspon kode-kode ini, termasuk aku.

Biasalah kalo lagi gini, pasti ada aja orang yang suka pura-pura budeg, dipanggilin gak nyaut-nyaut padahal tuh suara lengket sampe gendang telinga.

Waktu tinggal sepuluh menit lagi. Sialan, panik malah mengambil alih tubuhku, keringatpun bercucuran kek abis mandi, yang palih riweuh lagi ingus gue mulai melorot, dengan terpaksa gue sedot lagi ingusnya. Arghh...!!! Demi kelancaran ulangan! Dari pada gue susut tuh ingus pake tangan terus tangan gue basah kena sama kertas jawaban kan bahaya, bisa-bisa lengket gimana gituh.

Tapi aku harus jaga image, aku harus tetep kalem, tenang, anggun, ayu, kaya Hinata. Hidup Hokage!

Sehabis ulangan Pak Agus juga paling gak suka ngeliat sampah terlantarkan dan sesuatu yang berantakan, sampai-sampai muka temankupun dibersihkan olehnya. Canda deng...

Tampah-tampah penyet-penyet
Yang suka nyampah mirip monyet.

"Bukan pak!" Ucap Gilang sambil ngebls pantunnya.

Fly High [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang