14 Kerja bakti

26.8K 2.5K 207
                                    

"Mas Ical pokonya harus pake baju dari Bali"
Teriak Jefri.

"Aku gak mau"
Tolak Ical.

"Mas Ramaaaaaa"
Rengek Jefri

"Pake aja sih Cal"
Kata Rama.

Mereka harusnya udah pergi buat kerja bakti di hari minggu yang cerah ini. Tapi gara-gara Jefri yang lagi ngmuk di kosan, jadi mereka ngaret perginya.

"Mas jangan ngebelain dia mentang-mentang dia pacar mas"
Sewot Ical kesal.

"Mas gak ngebelain Jefri Cal, tapi tuh liat dia guling-guling gitu di lantai"
Tunjuk Rama ke Jefri yang lagi guling-guling sambil teriak-teriak.

"Tapi mas aku malu pake baju itu"
Ucap Ical.

"Itu baju aku bawa dari Bali langsung mas, harganya juga lumayan mahal."
Teriak Jefri.

"Udah turutin aja Cal, kamu mau kita di jemput paksa sama pak RT?"
Arga menepuk pundak Ical. Mau gak mau Ical harus nurutin kemauan Jefri. Dari pada nanti mereka di jemput secara paksa sama pak RT, kan bikin malu.

"Aku tuh gak bisa di giniin"
Ucap Ical sambil berlalu pergi ke kamarnya.

Ical menatap horor baju yang di kasih sebagai oleh-oleh semalam. Ical heran kok Jefri bisa dapet kaos bergambar Leak, setau Ical oleh-oleh kaos yang wajar itu yang ada tulisan I Love Balinya, bukannya kaos gambar Leak. Ical udah mabok sama Leak gara-gara bocah bernama Jefri.

Ical keluar, dia tarik nafas pasrah, pas liat dandanan Rama, Arga juga Jefri. Mereka itu mau kerja bakti apa mau mejeng. Segala pake topi pantai sama kacamata hitam.

Mereka itu mau kerja bakti, kerjanya nyabutin rumput sama sapu-sapu, jadi Topi sama kaca mata gak berguna sama sekali. Harusnya tuh mereka bawa sapu lidi sama arit.

"Kita itu mau kerja bakti bukannya mau mejeng"
Kata Ical.

"Biar gak item toh mas, di luar itu panas, cukup mas Ical aja yang item di antara kita"
Rama dan Arga mengangguk setuju mengaminin apa yang dikatakan sama Jefri. Cukup Ical aja yang item dan yang buluk. Mereka kan cowok-cowok kece.

"Terserah kalian terserah"
Ical mengacak Rambutnya, lama-lama dia jadi stres sama ketiga orang itu. Terutama sama Jefri biang dari semua biang orang terlaknat yang Ical kenal.

"Ngomong-ngomong mas Ical cocok pake baju itu, Leaknya mirip sama mas"
Jefri memberi tiga jempol, satunya lagi jempol kaki.

Kalau nyantet itu legal, mungkin Ical udah pergi ke mbah Jambrong buat minta jampe-jampe untuk nyantet Jefri.

"Sakarep mu"

Ical ngambek, dia pergi duluan untuk kerja bakti, lama-lama di sana kepalanya bisa meledak.

Setelah mendengar ceramah dari pak RT, akhirnya acara kerja baktipun di mulai, bagian cowok nyabutin rumput sedangkan yang cewek tugasnya nyapu.

Tapi beda lagi sama Jefri, di saat yang lain sibuk nyabutin rumput sama nyapu, dia malah sibuk nyariin cacing. Di bawah-bawah pohon pisang. Lumayan bisa di jual ke pak Endang buat mancing mania. Uangnya kan bisa buat jajan sabun sirih di Indomart.

Matahari udah di atas, Rama yang  cape mau istirahat dulu di pos ronda, sekalian minum juga. Kebetulan di sana ada Arum yang lagi ngisi sirup ke gelas-gelas untuk di bagiin.

"Mas Rama aus?, ini buat mas"
Arum menyerahkan segelas sirup dingin ke Rama.

"Makasih Rum"
Ucap Rama mengambil gelas yang di sodorkan Arum.

Jefri yang gak sengaja liat itu, langsung lari ke pos ronda, sinyal bahaya di otaknya berbunyi. Mas Ramanya lagi di goda oleh Arum. Jefri gak suka, gak Arum gak mbak-mbak skertaris Rama, hobinya mereka ngegoda mas Ramanya aja.

BALADA ANAK KOSAN [END]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang