Chapter 29

40 10 2
                                    

"Kita ngapain disini?" tanya Syifa bingung melihat keadaan di sekitarnya.

Ya, setelah sarapan tadi mereka langsung pergi ke sebuah rumah kecil di belakang villa. Tidak jauh, hanya sekitar 20 menit berjalan kaki ke sana.

"Kita masuk aja dulu." ajak Anesh sambil menarik pelan tangan Syifa.

Syifa tercengang, dia pun hanya mengikuti saja.

Ceklek.

Syifa adalah orang pertama yang memasuki rumah itu hari ini dan diikuti oleh para sahabatnya.

"Foto kita?" ucap Syifa lirih dan dengan perlahan meneteskan air matanya.

Sebuah rumah kecil dengan ruangan yang ditata rapi. Di ruang itu terdapat foto Syifa dan para sahabatnya. Foto-foto itu tertempel rapi memenuhi dinding sekelilingnya tanpa ada celah sedikitpun.

Puas melihat foto itu, pandangan Syifa tertuju pada sebuah meja kecil di tengah ruangan tersebut. Syifa pun menghampiri meja tersebut dan menduduki kursinya. Matanya tertuju pada lembaran kertas di atas meja itu.

"Lo boleh baca itu." ucap Anesh.

"Apa ini?" tanya Syifa bingung.

"Itu semua dari Githa, Devan, Delvin, dan Darra sebelum mereka meninggal." sahut Jeje.

Sedangkan Deylin sudah menangis melihat semua foto kenangan mereka itu. Key dan Helen berusaha menenangkannya.

Syifa pun membaca lembaran kertas itu satu per satu.

Dear, Syifa

Maafin gue Syif. Gara-gara gue, lo dapat tuduhan merebut Delvin dari gue. Gue ngga bisa lagi nyebutkan kesalahan gue di surat ini, waktu gue udah ngga banyak. Gue takut saat gue nyebutkan semuanya, gue ngga tahan dan malah nangis. Gue nangis pun percuma, Tuhan ngga bakal maafin gue.

Syif, emang bukan gue yang nulis surat. Gue minta sepupu gue buat nulis ini. Gue ngga ada keberanian buat nulis sendiri. Tapi percayalah, ini semua tulus dari hati kecil gue. Gue mohon maafin gue. Gue bakal tenang di alam sana kalo lo udah mau maafin gue.

Darra Patricia R.

Setelah membaca lembaran kertas pertama yakni dari Darra, Syifa tak bisa menahan air matanya. Dia merindukan Darra. Dia tidak pernah sekalipum ingin membenci Darra atas kejadian itu. Dia hanya kecewa.

Syifa berlanjut mengambil lembaran kertas berikutnya.

Hai, Syifa

Gue tau gue ngga bisa nulis surat kek gini. Gue bukan ahli bahasa. Tapi yang jelas, gue mau minta maaf sama lo. Gue udah banyak jahat sama lo. Meskipun ada kesalahan yang ngga gue sadar, tapi gue yakin gue pernah bikin lo sakit hati. Itu pasti. Maafin gue ya, gara-gara umur gue ngga banyak lagi, lo nanti bakal sendiri tanpa gue. Ngga sendiri, cuma gue ngga bakal ada lagi buat lo. Bahkan gue rasa, roh gue ngga bakal berani liat lo lagi. Gue merasa terlalu bersalah. Maafim gue. Gue sayang sama lo, bahkan gue udah cinta sama lo. Tapi gue telat buat sadar. Dan saat lo baca surat ini, gue yakin lo udah ada kebahagiaan lo sendiri. Gue ikut bahagia karna lo ngga terus-terusan mikirin gue yang pernah bikin lo bahagia meskipun sedikit. Jangan lupain gue ya. Gue sayamg lo, mantan.

Delvin Reynand Pranaja P.

Lagi-lagi Syifa meneteskan air matanya. Air matanya sungguh tak bisa ditahan lagi. Syifa sama sekali tidak benci, hanya kecewa.

Syifa menghapus air matanya dan berusaha untuk tersenyum. Para sahabatnya hanya memandang sedih ke arah Syifa.

Syifa berlanjut mengambil lembaran kertas ketiga dan dia menarik napas dalam untuk bisa tabah.

Dear, Syifa

Gue sahabat lo. Gue rasa kalimat itu udah ngga pantas lagi. Gue udah terlalu jahat sama lo. Gue bukan sahabat lo lagi. Gue ngga tau, lo bisa maafin gue atau ngga.

Gue udah tau dari Darra. Sebelum gue nulis surat ini dan waktu terakhir tiba, gue baca surat dari Darra. Dia udah bilang semuanya di surat itu. Gue yang salah paham disini. Gue terlalu emosi sampai gue ngga bisa mencerna perkataan Darra saat itu. Waktu itu, dia curhat sama gue soal hubungannya dengan Delvin dan tentunya kehadiran lo. Gue ngga mau dengerin apa yang ingin Darra bilang, gue cuma diem dan berpura-pura denger. Pikiran gue udah nyalahin lo, saat itu gue mau balasin dendam Darra ke lo. Tapi yang sebenernya, Darra ngga punya dendam apapun.

Gue jahat banget ya Syif, sampai mau bikin lo ngga ada lagi di dunia ini. Tapi apa? Gue udah dapat karma dari Tuhan, waktu gue yang udah ngga banyak lagi. Gue bersyukur lah, gue ngga harus ketemu lo lagi. Gue ngga bayangin kalo ketemu lo, mungkin gue akan sujud ke lo. Atau ngga, gue bakal lari dari lo. Gue takut, nulis surat buat lo aja gue takut. Gue terlalu pengecut sampai ngga bisa ketemu lo sebelum waktunya gue dijemput Tuhan.

Maafin gue, Syif. Maafin gue, sekali lagi maafin gue. Mungkin ngga cukup kata maaf, tapi karna gue persahabatan kita ternodai. Gue udah minta maaf sama yang lain, cuma sisa lo yang belum. Gue rasa saat gue minta maaf sama yang lain, gue ngga bakal bisa ngadepin lo. Makanya gue titip surat ke mereka. Dan sebenernya, surat Darra dan Delvin juga ada di gue dan itu udah lama. Tapi gue yang ngga peduli buat ngasih ke lo. Maafin gue. Maafin gue, biar gue tenang di alam sana.

Love, Githa.

Syifa semakin terisak setelah membaca surat dari Githa. Hatinya sakit. Sesak. Dia tidak menyangka, persahabatannya akan seperti ini. Hal seperti ini tidak seharusnya terjadi pada mereka. Tapi, ini sudah menjadi takdir dan tidak bisa diubah. Syifa tidak ingin menyalahkan takdir. Ini semua hanya akibat dari salah memilih pilihan yang diberikan Tuhan.

Halo, Syifa

Mungkin saat lo baca surat gue, lo bakal ngerasa apa yang gue pikirin. Gue salah. Gue ngga tau kenapa gue bisa sejahat ini sama lo. Gue cowok apaan! Gue ngga ngerti sama otak gue. Gue ngga sanggup nulis surat ini panjang-panjang. Gue cuma mau nyampaikan maaf gue. Gue minta maaf. Maafin gue. Gue mohon.

Devan Arsenio Y.

Setelah membaca semuanya, Syifa benar-benar terisak. Namun, kali ini dia terisak di dalam pelukan Jeje yang berusaha menenangkannya.

"Udahlah, Syif. Gue tau ini berat. Tapi kita harus bisa nerima semuanya." ucap Jeje sambil sesekali menepuk bahu Syifa dan matanya pun berkaca-kaca.

"Aku kangen mereka." lirih Syifa di sela-sela tangisnya.

Mereka semua pun menangis. Terlebih lagi saat mengingat semua kenangan manis dan pahit yang telah mereka lalui bersama. Memang sekejap, tapi cukup berkesan untuk dikenang.






Heyhoo. Males ah cuap-cuap, langsung aja deh. Maaf karena sempat ga update, itu karena sedang ulangan. Sebagai gantinya, mau update minggu lalu. Tapi ternyata ada kendala lagi, maafin. Akhirnya, inilah gantinya. Bentar lagi sih maunya ending, tapi ga tau sih bakal di chapter berapa selesainya. Dan buat chapter ini, moga feelnya kerasa greget. See you :)

-Silva

Don't Fall But Fly [Completed]Tempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang