❬ 1 ❭ Tahu Perbedaan Ini?

885 101 21
                                    

Halooo!!!
Apa kabar teman-teman??
Semoga baik-baik aja ya 😊😊

Oke, Admin mau nanya, nih. Bolehkan? Ehehe...

Nah, pernah dengar tentang Roman, Novel, Novelet, Cerpen, dan Cerbung ?

Gimana? Pasti pernah kan, ya? Masa anak Wattpad nggak pernah dengar? Setidaknya kalian tahu salah satunya.
Mustahil kalau nggak pernah!
Bohong itu, mah!!

Oke, sekarang aku mau bahas tentang mereka.

Mereka itu termasuk dalam karya sastra. Nah, apa itu karya sastra?

Karya sastra merupakan ciptaan yang di sampaikan dengan komunikatif yang mengandung imajinasi dan kreativitas pengarang yang disampaikan lewat tulisan.

Tulisan-tulisan tersebut disusun berdasarkan kaidah-kaidah kesusastraan yang ada, ya 😊

Beberapa kaidah-kaidah penyusunan tersebut yaitu roman, novel, novelet, cerpen, dan cerbung.

Masing-masing karya sastra tersebut memiliki ciri dan kaidah penyusunan tersendiri. Namun sering kali dianggap sama.

Jadi, kali ini aku akan membahas pengertian dan perbedaan masing-masing karya sastra tersebut ya manteman 😄😄 biar kalian ngggak menganggap mereka itu sama.

👇👇👇

1. Roman📒

Roman adalah karya sastra berbentuk cerita epik panjang. Ditulis menggunakan alur yang panjang, latar yang terpusat, penokohan sangat mendetail, juga penggunaan latar waktu yang perlahan dengan adegan-adegan yang bertahap.

Roman mempunyai ciri sebagai berikut :

📝 Roman biasanya menggambarkan cerita si tokoh dari lahir sampai meninggal.

📝 Panjang cerita per seri sekitar 40.000-80.000 kata. Ada juga beberapa yang sampai 100.000 kata.

📝 Jumlah halaman rata-rata 60-100 halaman.

📝 Waktu baca per satu cerbung rata-rata 1,5-2 jam atau lebih.

📝 Pengisahan dan adegan-adegannya dikisahkan secara subjektif berdasarkan pandangan pengarang.

📝 Roman menitikberatkan pada dunia khayalan ciptaan sang pengarang.

Jenis - jenis roman :

A. Berdasarkan penggambaran utama dalam cerita

a) Figurenroman (Roman Tokoh),

b) Raumroman (Roman Dunia),

c) Handlungsroman (Roman Tindakan)

B. Berdasarkan penitikberatan cerita

a) Roman kriminal dan detektif (Krim-und Detektivroman)

b) Roman petualangan (Abenteuerroman)

c) Roman pisikologi (Psychologischer Roman)

d) Roman Percintaan (Liebesroman)

e) Roman Hiburan (Unterhaltungsroman)

F) Roman Anak dan Remaja (Kinder- und Jugendroman)

g) Roman Pendidikan (Bildungsroman)

2. Novel 📖

Novel adalah karya sastra yang ditulis menggunakan alur yang kompleks, latar yang luas, penokohan yang detail, juga waktu yang lama.

Novel mempunyai ciri sebagai berikut :

📝 Novel ditulis menggunakan gaya, narasi dan deskripsi.

📝 Panjang cerita lebih dari 40.000-100.000 kata. Bahkan ada juga yang sampai 250.000 kata.

📝 Jumlah halaman rata-rata 150-300 halaman.

📝 Waktu baca per satu novel rata-rata 2 jam atau lebih.

📝 Pengisahan dan adegan-adegannya ditampilkan secara pelan dan bertahap.

3. Novelet 📓

Novelet adalah karya sastra dalam bentuk novel mini. Ceritanya ditulis menggunakan alur yang panjang tapi tidak terlalu kompleks. Latar yang sedikit luas, penokohan yang detail, juga waktu dengan tempo sedang.

Novelet mempunyai ciri sebagai berikut :

📝 Novelet lebih panjang dari cerpen dan lebih pendek dari novel.

📝 Panjang cerita biasanya 17.500-40.000 kata.

📝 Jumlah halaman rata-rata 60-150 halaman.

📝 Waktu baca per satu novelet rata-rata 1-1,5 jam atau lebih.

📝 Pengisahan dan adegan-adegannya ditampilkan dalam tempo sedang, bertahap dan sedikit melompat.

Ada yang masih bingung tentang novelet? Kalau masih ada yang bingung, aku kasih contohnya, nih.

Contoh novelet yang terkenal di Indonesia yaitu karya Mira. W yang berjudul "Sematkan Rinduku Di Dadamu". Karya tersebut merupakan kumpulan novelet yang berhasil di terbitkan pada Juli 2017. Buku tersebut memiliki 272 halaman.

4. Cerpen 📒

Cerpen adalah karya sastra dalam bentuk cerita padat. Ditulis menggunakan alur yang padat, latar yang terbatas, penokohan yang hanya sekilas pandang, juga penggunaan latar waktu yang sangat cepat.

Cerpen mempunyai ciri sebagai berikut :

📝 Cerpen berasal dari anekdot yang merupakan cerita pendek situasi.

📝 Panjang cerita biasanya 3.000-5.000 kata.

📝 Jumlah halaman rata-rata 5-10 halaman.

📝 Waktu baca per satu novelet rata-rata 20-30 menit atau lebih.

📝 Pengisahan dan adegan-adegannya ditampilkan secara singkat, padat dan latar yang melompat-lompat.

5. Cerbung 📜

Cerbung adalah karya sastra dalam bentuk cerpen yang bersambung. Ditulis menggunakan alur yang sedikit lebih panjang, latar yang cukup luas, penokohan yang biasanya sedikit lebih detail, juga penggunaan latar waktu yang bertahap.

Cerbung mempunyai ciri sebagai berikut :

📝 Cerbung biasanya disebut serial cerpen atau cerpen berseri.

📝 Panjang cerita per seri sekitar 3.000-5.000 kata. Sedangkan satu cerbung bisa 15.000-25.000 kata.

📝 Jumlah halaman rata-rata 30-50 halaman.

📝 Waktu baca per satu cerbung rata-rata 1-1,5 jam atau lebih.

📝 Pengisahan dan adegan-adegannya ditampilkan lebih luas dari cerpen. Namun secara garis besar hampir sama dengan cerpen.

Sumber : Dari beberapa blog

Oke, sekian ilmu yang dapat Admin sampaikan 😁
Semoga bermanfaat untuk kalian semua 😀

Jika ada kesalahan mohon dimaafkan yooo, soalnya Admin itu manusia, dan manusia tempatnya salah. Yang benar itu hanya Tuhan YME.
Kita sama - sama belajar di sini, jadi kalian yang ada di sini juga saling berbagi ya 😄 karena berbagi itu indah manteman 👍

Oke, sekian 😘😘
Bye - bye... 👋👋

Terus tunggu notifikasi dari CreaWiLi setiap malam sabtu untuk mendapatkan materi lainnya. Terima kasih~

Salam cinta 💖
Admin Lylyn and all admin 😘😘


Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang