❬ 24 ❭ 7 Tips Agar Kamu Bisa Nerbitin Buku Perdana

127 29 0
                                    

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Selamat Malam Creamembers 😀!

Seperti biasa, malam ini kita belajar bersama dan kali ini tentunya mau memberi materi spesial buat kalian.

Malam ini aku mau kasih tips agar kalian yang kepengen karya kalian jadi buku bisa menerbitkan buku! Walaupun kalian merasa kalian masih awam lah, pemula lah atau merasa nggak PEDE tapi kalian harus mencoba menerapkan 7 tips dari aku ini.

1. Buatlah Judul dengan Menarik dan Berbagai Pilihan

Hal pertama yang bisa kalian lakukan adalah membuat judul buku kalian lebih dari 1 pilihan dan usahakan judulnya menarik.

Contohnya : Daun Yang Jatuh Tak Pernah Membenci Angin karya Tereliye.

2. Sinopsis Naskah Buku

Buatlah sinopsis naskah buku kalian yang yang intinya menyampaikan pesan yang positif yang didapatkan oleh para pembaca setelah membaca buku kalian.

Contohnya :

IPA 1 cuma kelas biasa. Identik serius dan nggak menarik sama sekali. Murid kelas lain, khususnya golongan IPS, selalu menganggap IPA 1 adalah manusia-manusia purba yang serius dan kaku. IPA 1 seakan classy, punya tingkat yang berbeda dengan yang lain. 11 IPA 1 bukan tipe kelas yang biasa. 11 IPA 1 seakan pinggiran martabak dibanding mereka. Nggak ada yang terkenal secara spesial di sini. Orang-orang memandang kami sama rata. Tapi... tahukah kalian kalau orang genius sebenarnya lebih tidak normal dibanding manusia biasa? Di sinilah gue. Alea Maynanda. Dan, ini cerita gue sama kelas yang orang luar juluki 'Kelas Einstein'.

-Einstein by Yourkiddle

3. Personal Branding

Setelah kalian membuat sinopsis naskah buku kalian, langkah selanjutnya adalah Personal Branding.

Personal Branding penting dilakukan agar penerbit mengetahui bahwa kalian memiliki karya yang membanggakan dan nama kaliam sudah dikenal oleh masyarakat.

Sebagai contoh, bila kalian seorang blogger maka berikan situs Blog kalian, pesan dalam setiap tulisan kalian, dan jumlah pembacanya.

Bila kalian Youtuber , informasikan channel Youtube, pesan dari video yang kalian buat, dan jumlah pengikut channel kalian ( subscriber ).

Sedangkan bila kalian suka menulis di Wattpad, maka informasikan nama pena dan judul tulisan kalian. Selain itu, kalian bisa melampirkan pengalaman memenangkan kompetisi, misalnya menulis cerita pendek (cerpen), puisi, atau novel skala nasional.

4. Alasan Naskah Layak Terbit

Jelaskan alasan yang logis dan rasional mengapa naskahmu layak diterbitkan oleh penerbit dan sasaran kelompok pembaca yang dituju.

5. Buku yang menjadi Pesaing dan Keunggulan Naskah

Kalian harus pastikan bahwa naskah yang diajukan ke penerbit adalah hasil orisinal ide dan tulisan kalian sendiri. Karena itu, cari tahu apakah naskah tulisan kalian itu sama yang diterbitkan oleh orang lain. Kalian bisa mencarinya di Google dan toko buku untuk memastikannya.

Kalaupun ada penulis lain ada yang tema tulisannya sama dengan kalian, maka tulislah judul buku dan nama penulisnya. Lalu, jelaskan apa keunggulan naskah buku kalian dibandingkan naskah dari buku penulis itu.

6. Prolog, Epilog, dan Testimoni

Agar naskah buku kalian terlihat semakin bernilai lebih dan menjual di mata penerbit, usahakan kalian mendapatkan Prolog, Epilog, dan Testimoni dari seorang ahli atau tokoh ternama. Proses ini cukup sulit karena kita meminta kesediaan waktu beliau untuk membaca naskah dan bersedia memberikan sesuatu yang kita harapkan.

Tidak ada yang tidak mungkin di dunia ini bila proses yang benar telah kita jalani maka hasil yang baik akan kita raih. Caranya, kalian bisa mengambil simpati untuk mendapatkan Prolog, Epilog, dan Testimoni dari ahli atau tokoh yang sudah kamu kenal.

7. Promosi Buku dan Sasaran Pembaca

Sebagai seorang penulis pemula, tentunya karya pertama kita belum dikenal oleh masyarakat. Karena itu, kita sebagai penulis juga harus aktif mempromosikan buku.

Selain melakukan promosi buku, kalian juga harus mengetahui sasaran pembaca buku kalian.

Dengan mengetahui sasaran pembaca, kalian akan lebih mudah mempromosikan buku kalian sehingga cepat terjual dan siapa tahu menjadi best seller.

Oke, itulah 7 tips dari aku agar karya kalian dapat diterbitkan. Jangan merasa malu ataupun pesimis kalau karya kalian nggak bakal dilirik. Terapkan tips di atas, insyallah kalian bisa jadi penulis ternama.

Wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh! Selamat Malam

April

Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang