❬ 2 ❭ Pernah Dengar Anekdot?

336 47 1
                                    

Hai, Wattpaders.

CreaWiLi balik lagi nih dengan materi barunya. Kali ini, materi akan disampaikan oleh M.

Oke, jadi sekarang M mau bahas tentang anekdot. Ada yang tau apa itu anekdot? M yakin yang udah SMA pasti tahu karena M dapat materi anekdot pertama kali pas duduk di bangku SMA.

It's okay kalau belum tahu, ini anggap aja persiapan buat belajar anekdot nanti pas udah masuk SMA.

Nggak perlu basa-basi lagi, kita masuk sekarang ke materi.

Apa sih itu anekdot?

Jadi, anekdot adalah cerita singkat dan lucu atau menarik, yang mungkin ngegambarin kejadian atau orang sebenarnya. Anekdot itu bisa aja sesingkat pengaturan atau provokasi dari sebuah kelakar. Anekdot juga selalu disajikan berdasarkan kejadian nyata kayak melibatkan orang yang sebenarnya, apakah terkenal atau nggak, biasanya di suatu tempat yang dapat diidentifikasi. Namun, seiring waktu, modifikasi pada saat penceritaan kembali dapat ngubah sebuah anekdot tertentu menjadi sebuah fiksi, sesuatu yang diceritain lagi, tapi "terlalu bagus untuk nyata".

Terkadang ngehibur, anekdot bukan lelucon, ya, karena tujuan utamanya adalah nggak hanya untuk ngebangkitin tawa, tapi untuk ngungkapin suatu kebenaran yang lebih umum daripada kisah singkat itu sendiri, atau untuk ngelukis suatu sifat karakter dengan ringan sehingga ia ngehentak dalam kilasan pemahaman yang langsung ke intinya.

Anekdot terkadang bersifat sindiran alami. Di bawah rezim otoriter di Uni Soviet, berbagai macam anekdot politik tersebar di masyarakat sebagai satu-satunya cara untuk ngebuka dan mencela kejahatan dari sistem politik dan pemimpinnya.

Nah, gitu deh kira-kira definisi tentang anekdot. Kalau simpelnya bisa dibilang cerita pendek humor yang gunanya untuk mengungkapkan sesuatu yang sedang terjadi di masyarakat sekarang ini. Seperti yang dikatakan di kalimat sebelumnya, anekdot itu lebih cenderung ke sindiran.

Mungkin cuma itu aja yang bisa M sampaikan tentang anekdot. Kalau ada kesalahan atau apa pun itu tolong dikasih tahu biar bisa M perbaiki.

Terus tunggu notifikasi dari CreaWiLi setiap malam Sabtu untuk mendapatkan materi lainnya. Terima kasih.

Salam kreativitas tanpa batas,
MaaLjs dan semua admin.

sumber: wikipedia

Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang