❬ 23 ❭ Mari Berkenalan dengan Plot Twist

130 32 0
                                    

Buat para penulis, pasti mau dong ceritanya bisa bikin pembaca capek menebak-nebak tiap bab. Terus gak disangka-sangka ada bom di tengah/akhir cerita. Nah, bisa nih pake plot twist.

Untuk itu Kita perlu tahu dulu apa itu plot twist.

Plot twist sendiri adalah perubahan mendadak nan tajam pada alur cerita. Tentu saja digunakan agar pembaca lebih tertarik dan penasaran dengan kelanjutan cerita. Sudah pasti plot twist disamarkan atau disembunyikan, dan akan diungkapkan di saat yang sudah ditentukan.

Berikut beberapa jenis plot twist yang umum digunakan :

🖍️Anagnorisis/pengungkapan

↪️ Satu tokoh mengungkapkan sesuatu yang belum diketahui atau bahkan gak pernah terpikirkan oleh pembaca. Dan biasanya untuk jenis ini, si tokoh akan terdorong untuk melakukan sesuatu.

Misal, si tokoh mengungkapkan bahwa 'dia' adalah kakaknya, ayahnya, atau mantannya.

🖍️Unreliable narrator

↪️ Narator/penulis melakukan manipulasi terhadap cerita. Sengaja menyesatkan pembaca, membuat mereka terus menebak-nebak dan akhirnya terdorong untuk terus membaca.

🖍️Deux ex Machina

↪️ Berupa kemunculan tokoh lain, alat, atau sesuatu yang baru untuk menyelesaikan sebuah masalah dengan cara yang gak terduga.

Misal, seorang wanita sandraan kabur dan berakhir di tepi jurang. Saat si penyandra semakin mendekat, tiba-tiba terdengar sirine dan beberapa polisi berhamburan mendekat.

🖍️Chekhov's gun

↪️ Di sini, tokoh yang terlihat gak berguna di awal ternyata adalah bagian penting dari cerita.

🖍️Non-linear narrative

↪️ Untuk jenis ini, plot diungkap perlahan secara tidak berurutan. Membuat pembaca harus menyatukan potongan-potongan cerita agar bisa mengerti. Biasanya sedikit demi sedikit sudah diungkap di awal, hanya saja pembaca kurang sadar.

Nah, itulah beberapa jenis plot twist yang umum digunakan para penulis. Dan berikut beberapa tips merancang plot twist :

🌟Susun plot twist dengan baik, pertimbangkan secara matang. Jangan sampai plot twist yang digunakan terlalu berlebihan.

🌟Harus pandai menyamarkan plot twist. Jadi saat nanti diungkapkan akan masuk akal dan pastinya gak disangka-sangka oleh pembaca.

🌟Plot harus berfungsi untuk cerita. Bukan hanya untuk mengejutkan pembaca.

🌟Harus menarik pembaca agar penasaran. Jika pembaca sudah bisa menebak, buat plot twist agar tetap menarik.

🌟Jangan sampai melupakan unsur cerita lain cuma karena terlalu fokus sama plot twist.

Ingat, dalam membuat plot twist jangan sampai berlebihan yang akhirnya terkesan gak masuk akal. Harus sesuai takaran, sehingga akan tetap menarik dan selalu melekat di benak pembaca.

Ok, sekian materi dari aku, yang kalo sebelahan sama Jennie Blackpink sulit dibedain. Mana yang asli mana yang palsu. Abis sebelas dua belas banget 'sih. Hehe.

Semoga bermanfaat✨

Bettafour.

Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang