Haiii Creambers ✨
Dengan admin April dan Regi di sini.Kali ini, Creawili mau bawain materi tentang cerita fantasi? Udah ada yang pernah buat belum?
Menulis cerita fantasi itu gampang-gampang susah. Gampang, karena cerita berdasarkan imajinasi pengarang, jadi suka-suka pengarang mau dibikin gimana.
Susahnya, pengarang harus pandai-pandai untuk membuat pembaca ikut memasuki dunia menakjubkan. Endingnya, dibuat tokoh sang utama berakhir bahagia dengan sang pangeran. Kedengarannya cukup mudah, lantas mengapa susah?
Tentu saja susah, karena akan ada lika-liku kehidupan yang harus dipecahkan oleh si pengarang. Di samping itu, menulis cerita fantasi lebih sulit dibanding dengan tema lainnya, meskipun kedengaranya mudah, tapi juga mempunyai sisi sulit yaitu sang pengarang harus berusaha untuk membuat ceritanya tidak membosankan. Hal ini berati pengarang harus memeras otak untuk malalui proses kreatif demi menghindari kebuntuan ide.
Penasaran nggak apa aja tips-tips menulis cerita fantasi? Yuk kita bahas!
1. Buat Motif Dulu.
Misalnya ada sesuatu yang diperebutkan. Atau ada kutukan yang harus dimusnahkan. Dalam seri Harry Potter pertama, yang diperebutkan adalah batu bertuah. Kemudian, buatlah alasan kenapa benda itu diperebutkan. Misalnya, karena batu itu membuat sang penemu menjadi sakti atau dapat mengobati penyakit tertentu.
2. Buatlah Karakter Dengan Motivasi Yang Kuat.
Misalnya, ingin mengangkat derajat sukunya yang selalu diremehkan suku lain. Beri karaktermu sifat pantang menyerah, selalu berpihak pada kebaikan, dan sederet sifat baik lainya. Namun, jangan terlalu sempurna, beri juga sifat jelek lainya, semisal ceroboh atau sering bertindak bodoh. Mengapa hal ini penting? Tentu saja agar ceritanya tidak selesai dengan mudah. Seperti dalam kenyataan hidup, tak ada yang namanya kebetulan. Maka, buatlah karakter itu tidak sendiri. Dia harus mempunyai teman yang akan menolongnya di saat dia kesulitan atau bertindak bodoh. Teman-temanya harus mempunyai sifat yang akan melengkapi karakter sang tokoh utama.
3. Buatlah Sejarah dan Latar Belakang Yang Jelas.
Hal ini yang akan berpengaruh pada jalan cerita. Di samping itu, poin ini juga yang menarik perhatian pembaca. Jika cerita fantasinya pendek, latar dalam cerita dapat disesuaikan dengan motif dan karakter. Latar dunia fantasi harus detail dan jangan sampai terjadi tumpang-tindih ketika membuat aturan. Ya, aturan dalam dunia fantasi sangat penting. Buatlah sebuah dunia dengan aturan sendiri.
4. Cerita Fantasi Selalu Dibumbui Petualangan dan Aksi.
Buatlah petualangan karakter utama dan teman-temannya di mana mereka mencari karakter jahat untuk membalas dendam. Atau buat saja semacam perlombaan memperebutkan sesuatu. Tambahkan aksi perkelahian dengan sihir sihir ajaib atau jurus-jurus tertentu.
5. Ending.
Ending cerita yang memuaskan pembaca di mana-mana hampir sama. Sang pemeran utama berakhir dengan bahagia dengan sang pangerannya. Jika ingin lebih greget, buat saja kenyataan pahit yang terungkap di akhir cerita. Hal ini sangat berhubungan dengan motif utama cerita, jadi berhati-hatilah ketika membuat ending.
Membuat dunia ajaib nan fantastis memang selalu menyenangkan layaknya bertualang di daerah yang belum pernah didatangi. Menulis cerita fantasi dapat menjadi petualangan tersendiri bagi pengarang. Jadi, mau mencobanya?
Sumber: Google
Materi ini dari juniardaraa ✨
Salam admin April, Regi ft admin lainnya 💙
KAMU SEDANG MEMBACA
Recette de CreaWiLi
Non-FictionSelamat datang di Perpustakaan CreaWiLi! Sekedar informasi, Perpustakaan CreaWiLi tidak memiliki batasan waktu untuk 'para tamu' berkunjung. Jadi ..., silahkan datang kapan saja ketika kalian sedang butuh asupan. Di sini, kami menyediakan menu beru...