❬ 33 ❭ Kenal Lebih Dekat Sama Cerpen, Yuk!

99 29 0
                                    

Kita pasti pernah membuat sebuah cerpen, bukan? Nah, sebenarnya apa sih cerpen itu? Yuk! Kupas tuntas mengenai cerpen bersama CreaWiLi. 👍

🎡 Cerpen

Merupakan kependekan dari cerita pendek yang berarti sebuah karangan fiktif yang berisi mengenai kehidupan seseorang yang diceritakan secara ringkas dan berfokus pada suatu tokoh saja.

🎡 Ciri Khas Cerpen

⠀⠀1. Jumlah kata tidak lebih dari 10.000 kata.
⠀⠀2. Biasanya, isi cerpen berasal dari kejadian sehari-hari.
⠀⠀3. Tidak menggambarkan cerita secara detail.
⠀⠀4. Kata yang dipakai mudah dipahami.
⠀⠀5. Biasanya terdapat satu konflik saja.
⠀⠀6. Tokoh-tokohnya tidak banyak.
⠀⠀7. Memiliki alur tunggal.

🎡 Unsur Intrinsik Cerpen


1. Tema

Tema yaitu gagasan pokok yang mendasari sebuah cerita.

2. Alur

Alur yaitu jalan sebuah cerita.

3. Setting

Setting berkaitan dengan waktu, tempat, dan suasana.

4. Tokoh

Tokoh merupakan sang pelaku atau sesuatu yang diceritakan dalam cerpen.

5. Penokohan

Penokohan yaitu sifat pada tokoh.

6. Sudut pandang

Sudut pandang dibedakan menjadi tiga, yaitu :

➡️ Orang pertama pelaku utama.

Pada cerita ini, tokoh 'aku' yang menjadi pusat cerita.

➡️ Orang pertama pelaku sampingan.

pada cerita ini, tokoh 'aku' menceritakan tentang orang lain.

➡️ Orang ketiga serba tahu.

Biasanya, pengarang menceritakan tentang seseorang. Pengarang serba tahu semua hal yang berkaitan dengan orang itu. Biasanya pakai nama, gais.

🎡 Unsur Ekstrinsik Cerpen

Merupakan unsur yang membentuk sebuah cerpen.

1. Latar belakang masyarakat.

Hal ini mempengaruhi jalan cerita cerpen kamu.

2. Latar belakang pengarang.

Hal ini meliputi faktor-faktor pendukung seorang pengarang untuk membuat cerpen.

3. Nilai yang terkandung dalam cerpen.

➡️ Nilai Moral

Nilai yang dianggap baik atau buruk oleh masyarakat.

➡️ Nilai Agama

Berkaitan dengan pelajaran agama yang dapat dipetik melalui cerpen itu.

➡️ Nilai Sosial

Pelajaran yang dapat dipetik dari interaksi sosial pada tokoh dalam cerpen.

➡️ Nilai Budaya

Nilai yang berkaitan dengan kebudayaan, kebiasaan, dan tradisi adat istiadat.

🎡 Struktur pada Cerpen


1. Abstrak

Merupakan bagian awal dalam cerpen dan dikembangkan menjadi rangkaian peristiwa.

2. Orientasi

Berkaitan dengan waktu, tempat, suasana, dan alur.

3. Komplikasi

Berisi urutan kejadian yang berhubungan dengan sebab dan akibat. Pada bagian ini mulai diceritakan watak dari para tokoh dan mulai muncul kerumitan.

4. Evaluasi

Konflik sudah mengarah pada puncak atau klimaks. Bagian ini sudah muncul penyelesaiannya.

5. Resolusi

Berisi solusi dari masalah.

6. Koda atau Amanat

Berisi nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

🎡 Hal yang Harus Diperhatikan dalam Menulis Cerpen

1. Ide Cerita

Saat menulis, jangan terpaku pada judul. Catat semua ide yang terlintas di kepala kamu, biarkan mengalir apa adanya.

2. Narasi

Buatlah narasi cerita semenarik mungkin. Ingat! Jangan membuat narasi yang terlalu panjang dan terbelit-belit. Itu akan terlihat membosankan.

3. Deskripsi

Jelaskan tentang tokoh, suasana, tempat, latar, atau apapun itu agar pembaca dapat menyelami cerita kamu.

4. Dialog

Apa jadinya jika cerita kamu tanpa dialog? Pasti membosankan. Dialog berfungsi untuk memberikan gambaran lebih mengenai watak dan sifat tokoh. Selain itu juga dijadikan alat untuk penghayatan pada cerita.

5. Konflik

Pastikan konflik yang kamu gunakan itu telah kamu susun dengan baik. Mulai dari awal sampai penyelesaian konflik. Usahakan konflik yang kalian buat tidak pasaran.

6. EYD

Menulis cerpen dengan EYD yang benar itu sangat dibutuhkan. Karena, dengan EYD yang benar pembaca akan lebih mudah memahami isi cerita.

Materi dari KataGrizel 🌹

Salam,
Dhe dan admin lainnya.

Recette de CreaWiLiTempat cerita menjadi hidup. Temukan sekarang